Sejarah Dan Mitos Curug Cantel, Keindahan Alam Bumijawa Tegal

Sejarah Dan Mitos Curug Cantel, Keindahan Alam Bumijawa Tegal


Bumijawa merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Tegal Jawa Tengah, serta  berada diketinggian 800 mdpl. Maka tak heran jika memiliki suhu udara yang cukup dingin.

Di Bumijawa tepatnya di perbatasan antara Tegal dengan Brebes terdapat sebuah air terjun yang sangat indah dengan pemandangan alamnya yang menawan.

Curug Cantel
Curug Cantel. Sumber: travelingyuk.com

Air terjun tersebut bernama Curug Cantel, berada diantara tebing yang menjulang tinggi dengan hamparan pepohonan yang masih sangat asri.

Berikut saya bahas lebih jauh mengenai keindahan Curug Cantel, check this out!

Trekking Curug Cantel

Trekking menuju Curug Cantel tidak terlalu melelahkan. Dari lokasi parkir kamu hanya perlu berjalan menyusri sebuah jalanan berbatu namun mudah untuk dilalui. Karena sudah ditata dengan sedemikian rupa untuk memudahkan pengunjung menapakinya.

Trekking Curug Cantel
Trekking Curug Cantel. Sumber: www.youtube.com

Berjalan diantara tebing-tebing yang tinggi dengan lebar hanya sekitar 1 meter, diiringi udara yang sangat sejuk, dan hamparan keindahan yang mengagumkan. Perjalanan yang dilalui akan sangat tidak terasa.

Kurang lebih sekitar 7 menit kamu menyusuri jalanan berbatu, dilanjutkan dengan menyusuri sungai dengan aliran air yang tidak terlalu deras.

Di sungai tersebut kamu harus berjalan diantara bebatuan yang cukup besar, selama kurang lebih 5 menit kamu akan berjalan menyusuri sungai.

Kamu tidak perlu khawatir sepatu basah saat menyusuri sungai, karena bebatuan yang ada dapat kamu gunakan untuk pijakan. Jalurnya seperti menuju Curug Lawe Semarang, namun lebih pendek.

Pesona Keindahan Curug Cantel

Curug Cantel berada diantara perbatasan Tegal dan Brebes, berada diantara dua buah tebing yang menjulang tinggi dihiasi dengan pepohonan yang masih sangat asri.

Keindahan Curug Cantel
Keindahan Curug Cantel. Sumber: jadwaltravel.com

Ketinggian Curug Cantel menurut penjaga disini sekitar 60 meter, maka tak heran jika debit air yang dialirkan memunculkan seperti uap disekitarnya.

Keindahan alam Curug Cantel masih sangat asri dan alami, kamu akan merasakan kesejukan dan ketenangan jiwa saat berada disini.

Landscape Curug Cantel
Landscape Curug Cantel. Sumber: merahputih.com

Pas banget untuk kamu yang ingin menenangkan diri dan merefresh fisik dan psikis kamu. Deburan airnya selalu menjadi pusat perhatian telinga kamu.

Aliran air yang dihasilkan sangat jernih dan bersih, sungguh sangat menyegarkan. Terdapat kolam alami dibawah aliran air terjunnya. Kolamnya tak begitu besar, kamu dapat merasakan segarnya cipratan air terjun disana.

Ragam wisata Curug Cantel

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di Curug Cantel, diantaranya:

1. Bermain Air

Curug Cantel memiliki tinggi 60 meter dengan aliran air yang cukup deras, sehingga para pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang tepat di bawah aliran airnya.

Bermain Air Curug Cantel
Bermain Air Curug Cantel. Sumber: indonesia.tripcanvas.co

Pengunjung hanya boleh berenang atau bermain air di pinggiran kolamnya saja.

Menikmati Curug Cantel
Menikmati Curug Cantel. Sumber: www.kompasiana.com

Namun, untuk kamu yang tidak kuat akan dingin sebaiknya jangan coba-coba untuk berenang disini. Karena berada di bawah lereng gunung, mengakibatkan air nya sangat dingin.

2. Spot Selfi

Keindahan dan kesejukan alam Curug Cantel selau menjadi buruan para pencinta selfie. Tingginya air terjun serta indahnya pemandangan selalu diabadikan oleh para pengunjung.

Mengabadikan Keindahan Curug Cantel
Mengabadikan Keindahan Curug Cantel. Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Sejarah Penamaan Curug Cantel

Curug Cantel sangat indah, aliran airnya sedikit berundak di bagian bawah seperti menempel atau mengikat pada tebing yang ada disampingnya.

Keadaan yang seperti itu disebut warga sekitar dengan nama “cemanthel”. Oleh karena itu curug ini dinamakan Curug Cantel. Karena terlihat seperti menyantel pada tebing batu yang ada disebelahnya.

Lain lagi dengan sejarah penamaan dari sungai yang mengalir didepannya. Sungai tersebut bernama Kalipedes. Curug Cantel berada di lereng gunung sehingga udaranya sangat dingin. Bukan hanya udaranya saja yang dingin, airnya pun ikut menjadi dingin.

Karena suhu airnya yang sangat dingin sehingga terasa sakit dikulit saat menyentuhnya. Dikarenakan hal itulah sungai tersebut diberi nama Kalipedes.

Mitos Curug Cantel

Terdapat sebuah mitos yang berkaitan dengan Curug Cantel. Mitos ini pasti akan membuat para jomblowan jomblowati merasa penasaran dan ingin segera mengunjunginya.

Mitos tersebut ialah dipercaya jika kamu belum mempunyai pasangan lalu kemudian kamu membasuh muka atau berwudhu dengan menggunakan air Curug Cantel, maka dipercaya kamu akan sesegera mungkin menemukan pasangan.

Lain halnya dengan mereka yang berpasangan datang mengunjungi Curug Cantel. Ketika pasangan datang mengunjungi Curug Cantel kemudian mencuci muka mereka atau berwudhu, maka dipercaya pasangan tersebut akan selalu mengikat satu sama lain. Sesuai dengan arti Cantel tadi.

Mitos selalu diidentikkan dengan kekuatan gaib yang dimiliki oleh sebuah tempat. Percaya atau tidak saya kembalikan ke diri pembaca masing-masing. Kamu yang lebih berhak memutuskan hal ini benar atau tidak.

Satu hal yang pasti bahwa keindahan alam Curug Cantel memang sungguh sangat luar biasa, yang sayang untuk kamu lewatkan.

Lokasi Dan Alamat Curug Cantel

Lokasi Curug Cantel berada di perbatasan Bumijawa Tegal dengan Brebes. Dan berada di lereng Gunung Slamet tepatnya di sebelah utara.

Tepatnya berada di Desa Segedong, Kecamatan Bumijaya, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

Rute Menuju Curug Cantel

Rute menuju Curug Cantel jika kamu bergerak dari alun-alun Kota Tegal, akan memakan waktu sekitar 1 jam lamanya.

Untuk menuju Curug Cantel ini bisa ditempuh melalui jalur Kecamatan Bumijawa. Terus lajukan kendaraan kamu hingga sampai di Pertigaan Talang lalu belok kiri untuk menuju ke arah Jalan Wredameta.

Terus lurus sampai pertigaan lagi kemudian belok kiri ke arah Desa Batumirah-Sirampog. Sesampainya di Perempatan Mentik, terus lurus saja hingga menuju Desa Kalipedes.

Baligo Curug Cantel
Baligo Curug Cantel. Sumber: backpackerjakarta.com

Lokasi Curug Cantel tak jauh dari jembatan Kalipedes, maka ketika pelankan laju kendaraanmu ketika akan mendekati jembatan Kalipedes.

Tiket Masuk dan Parkir Curug Cantel

  • Tiket masuk Curug Cantel      : Rp. 8.000,- per orangnya
  • Tiket parkir motor                   : Rp. 2.000,- per unitnya
  • Tiket parkir mobil                    : Rp. 5.000,- per unitnya

Jam Operasional Curug Cantel

Jam operasional Curug Cantel dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.30 s.d pukul 16.00 wib.

Fasilitas Curug Cantel

Fasilitas Curug Cantel sudah lengkap dengan adanya:

  • Area parkir yang luas
  • kamar mandi
  • Mushola
  • Warung-warung makanan

Tips Wisata

Tips wisata yang dapat saya bagikan untuk kamu yang akan mengunjungi Curug Cantel, yakni:

  • Perhatikan keadaan cuaca terlebih dahulu sebelum berangkat. Karena letaknya berada diantara tebing, maka akan sangat berbahaya saat hujan besar.
  • Gunakanlah alas kaki yang nyaman dipakai berjalan diatas bebatuan.
  • Berhati-hatilah saat menyusuri sungai, apalagi saat berjalan diatas bebatuaannya.
  • Selalu waspada dan berhati-hati saat bermain air di sekitar Curug Cantel.
  • Jika kamu ngga kuat udara dingin sebaiknya menggunakan baju hangat.
  • Bawalah obat-obatan yang diperlukan.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Cantel.
  • Ikutilah aturan yang diberlakukan oleh pengelola.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan momen keindahan alam Curug Cantel.

Penutup

Keindahan alam yang diberikan Curug Cantel sungguh mempesona. Ditemani sejuknya udara, meskipun tak terlalu jauh dari jalan raya namun ketenangan tetap dapat kita dapatkan.

Merupakan daerah wisata yang wajib untuk kamu kunjungi, dan rasakanlah indahnya alam yang Tuhan berikan. Hamparan keindahan yang tak tertandingi akan kamu rasakan.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu saat berada di Curug Cantel, ya!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *