Review Lengkap Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali, Tiket Masuk, Sejarah, Misteri, Dan Keindahan

Review Lengkap Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali, Tiket Masuk, Sejarah, Misteri, Dan Keindahan


Bali, adalah sebuah hamparan keindahan tanpa batas. Sejauh mata memandang, yang tersaji adalah eksotisnya pesona alam, budaya, serta keramahan penduduknya.

Sebagian besar image publik, Bali hanya terbatas di keindahan alam pantainya saja. Namun ternyata itu salah, karena Bali kaya akan destinasi wisata alam.

Salah-satunya wisata air terjun yang berada di Gianyar yang bernama Air Terjun Tegenungan. Lokasi wisata ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal saja, namun wisatawan mancanegara juga datang berkunjung ke Air Terjun Tegenungan.

Air Terjun Tegenungan Ramai Kunjungan Wisatawan
Air Terjun Tegenungan Ramai Kunjungan Wisatawan. Sumber : natantransport.com

Pesona Keindahan Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Terdapat alasan mengapa Air Terjun Tegunungan mempunyai pesona keindahan yang sangat memikat hati dan mata para wisatawan, diantaranya karena :

1. Jalur Menuju Lokasi

Jalur menuju lokasi dari area parkir sampai ke lokasi kolam air terjun semuanya sudah tertata, terawat, serta tersaji berbagai macam keindahan dan kreativitas yang bersifat kekinian, atau instagramable.

Jalurnya sudah berbentuk tangga tembok yang cukup leluasa untuk berjalan kaki, serta dilengkapi dengan pagar pembatas.

Jalur Menuju Lokasi Air Terjun
Jalur Menuju Lokasi Air Terjun. Sumber : annienugraha.com

Selama menyusuri jalur tersebut terdapat banyak sekali spot selfie yang sanagt bagus dan kreatif. Sehingga spot dan latar pemandangannya sangat layak untuk dipublikasikan.

Spot Foto Di Samping Jalur Perjalanan Menuju Lokasi
Spot Foto Di Samping Jalur Perjalanan Menuju Lokasi. Sumber : annienugraha.com

2. Air terjun Tegunungan

Tentu saja yang paling utama adalah pesona air terjunnya. Memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan kolam yang bisa dipakai untuk berenang.

Hanya saja terdapat tali pembatas yang tidak boleh dilewati oleh para pengunjung saat berada di lokasi kolam. Yaitu titik dimana air terjun tepat jatuh ke area kolam.

Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali
Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali. Sumber : natantransport.com

3. Fasilitas Yang Lengkap

Lokasi wisata Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali sangat cocok menjadi destinasi wisata keluarga juga selain sebagai wisata alam.

Hal tersebut dikarenakan terdapat banyak sekali fasilitas yang dapat memanjakan anggota keluarga. seperti ayunan dekat lokasi air terjun, gazebo, spot selfie, kantin, serta penjual cinderamata.

Fasilitas Ayunan
Fasilitas Ayunan. Sumber : mytrip.co.id

Ragam Aktivitas Di Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh para wisatawan saat berada di lokasi air terjun, seperti :

1. Berenang

Jangan takut berenang di lokasi Air Terjun Tegenungan, karena sebagaian besar area kolamnya tidak dalam. Hanya saja jangan sampai melewati batas larangan berupa tali yang sudah dipasang pihak pengelola, serta diusahakan jangan pada saat curah hujan tinggi.

Berenang Di Air Terjun Tegenungan
Berenang Di Air Terjun Tegenungan. Sumber : travel.okezone.com

3. Hunting Foto

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, nahwa seluruh area wisata Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali merupakan keindahan, sehingga cocok sekali untuk melakukan aktivitas hunting foto.

Spot Selfie
Spot Selfie. Sumber : udaindra.blogspot.com

Ditambah dengan kreativitas spot foto, yang berpadu dengan keindahan alam, berbalut dengan suasana kebahagiaan, adalah rangkaian momen yang tidak boleh terlewatkan oleh kamera anda.

Itulah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh para wisatawan saat berada di sana. selain dua hal tadi sebetulnya masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan, seperti :

  • Menjajal keseruan ayunan dekat air terjun
  • Menikmati sajian kelapa muda sambil menikmati keindahan alam di gazebo
  • Bermain air bersama anak di kolam air terjun
  • Edukasi anak tentang alam khususnya air terjun

Maka wajar saja jika lokasi Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal.

Sejarah Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali memiliki sejarah terkait penamaanya. Penamaan Tegenungan muncul sekitar tahun 1998.

Nama Tegenungan muncul pertama kali saat KKN mahasiswa UNUD tahun 1998-1999. Padahal nama pertama untuk lokasi air terjun ini adalah Air Terjun Srongsongan.

Nama Tegenungan lahir dikarenakan lokasi air terjun ini bisa diakses salah-satunya melalui daerah Tegenungan.

Namaun selain nama Tegenungan, lokasi air terjun ini sering disebut juga sebagai Air Terjun Blangsinga. Karena lokasi wisata tersebut bisa diakses melalui daerah Banjar Blangsinga.

Sejarah Nama Air Terjun Tegenungan
Sejarah Nama Air Terjun Tegenungan. Sumber : balifactualnews.com

Misteri Di Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Terdapat sisi misteri yang berkembang dan diyakini oleh masyarakat sekitar di kawasan wisata Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali.

Air Terjun Tegenungan  Gianyar Bali diyakini sebagai Sebuah Griya Niskala yang berarti rumah pedanda gaib. Pedanda adalah salah-satu sebutan pendeta yang ada di Bali.

Pura Beji Tirta Merta yang jaraknya sekitar dari 80 meter dari lokasi air terjun dianggap sebagai bukti bahwa lokasi air terjun adalah sebuah Griya Niskala.

Pura Beji Tirta Merta dikenal juga dengan lima pancuran air bening, serta diyakini sebagai lokasi tirta suci untuk pura kahyangan.

Misteri Griya Niskala
Misteri Griya Niskala. Sumber : www.pegipegi.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Lokasi Air Terjun Tegenungan terletak tidak jauh dari Gianyar, hanya berjarak sekitar 21 kilometer dengan total waktu tempuh sekitar 40 menit perjalanan.

Alamat Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali berada di Jalan Ir. Sutami, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali – Indonesia.

Rute Atau Akses Menuju Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Rute atau akses untuk menuju lokasi wisata Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali sangatlah mudah, hanya saja tidak ada angkutan umum untuk mencapai lokasi wisata ini.

Jadi kalian bisa menggunakan kendaraan prbadi atau rental yang sudaj banyak disediakan oleh warga lokal Bali.

Jarak dari Bandara Udara Internasional Ngurah Rai (DPS) ke Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali hanya berjarak sekitar 32 kilometer dengan total waktu tempuh sekitar 50 menit perjalanan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Pengunjung yang datang ke lokasi Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali hanya dikenakan biaya masuk saja sebesar Rp. 20.000 per orang. Harga tersebut sduah mencakup biaya parkir.

Penginapan Di Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Banyak sekali penginapan yang lokasinya dekat dengan Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali. Jaraknya tidak lebih dari 2 kilometer saja.

Bahkan 250 meter dari kawasan wisata tersebut sudah ada penginapan. Harga penginapan di lokasi yang dekat dengan Air Terjun Tegenungan beragam, tetapi kebanyakan di bawah Rp. 250.000.

Perbedaan harga sangat dipengaruhi oleh tipe penginapan serta jenis fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Jam Operasional Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Jam operasional Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali buka dari jam 06.30 sampai dengan jam 18.30 dari hari Senin sampai hari Minggu.

Tips Wisata Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Bagi kalian yang sudah mempunyai rencana untuk menghabiskan waktu iburan bersama keluarga di lokasi wisata Air Terjun Tegenungan, maka inilah tips wisata nya :

  • Jadwal liburan anda sebaiknya pada saat cuaca sedang cerah, supaya anda bisa menikmati seluruh spot yang tersaji di sana.
  • Waktu yang direkomendasikan sampai di lokasi wisata Air Terjun Tegenungan  Gianyar Bali Pada jam 07.00 – 09.00 pagi hari. Karena ada bonus pemandangan yaitu kabut di sekitar lokasi air terjun.
  • Persiapkan baju ganti, karena kalian akan tergoda untuk bermain air di lokasi tersebut.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan merusak lingkungan sekitar ya, karena lokasi ini menjadi salah-satu wajah Indonesia bagi dunia Internasional.
  • Selalu patuhi protokol keamanan dan kesehatan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola dan pemerintah.

Penutup

Tidak akan pernah ada habisnya jika berbicara tentang pesona keindahan alam dan wisata yang tersaji di Provinsi Bali.

Sepanjang mata memandang semuanya adalah keindahan yang mampu memanjakan mata serta memikat hati para wisatawan.

Selamat berlibur…



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *