Review Air Terjun Dlundung, Harga Tiket Masuk, Misteri, Dan Bumi Perkemahan 2020

Review Air Terjun Dlundung, Harga Tiket Masuk, Misteri, Dan Bumi Perkemahan 2020


Review kali ini, kita akan bergeser sedikit mas bos…. Setelah menggali keindahan Kota Malang, sekarang kita menuju Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur.

Hiperbola untuk menggambarkan destinasi wisata yang satu ini kayaknya cocok jika disebut sebagai “Sepotong Surga” di Mojokerto.

Air Terjun Dlundung
Air Terjun Dlundung. Sumber : www.reyneraea.com

Namanya Air Terjun Dlundung. Sebuah air terjun yang elok yang terletak di Gunung Penanggungan dengan hamparan pesona keindahan dari mulai jalur pertama sampai ke lokasi air terjun.

Tanpa basi-basi lagi, kita langsung saja melihat “sepotong surga” di Kabupaten Mojokerto tersebut.

Pesona Keindahan Air Terjun Dlundung

Letaknya di Gunung Penanggungan menjadikan Air Terjun Dlundung dipebuhi ragam keindahan alam yang mampu mengobati seluruh penat para pengunjungnya.

Pesona Pegunungan Di Air Terjun Dlundung Trawas
Pesona Pegunungan Di Air Terjun Dlundung Trawas. Sumber : travelspromo.com

Kecuali mungkin bagi yang jomblo hanya akan menambah kepedihan, karena yang datang ke sana banyak juga yang berpasang-pasangan. Ingat iri hati dapat menyebabkan nangis sambil guling-guling di tanah. Hehehe….

Awal aktivitas di lokasi Air Terjun Dlundung pagi-pagi dibuka dengan pesona kabut yang turun menyelimuti kawasan tersebut.

Begitupun saat sore sebagai penutup aktivitas  ditutup juga dengan pemandangan kabut lagi, udara dan pemandangannya masih sangat natural, jauh berbeda dengan udara kota.

Air Terjun Dlundung memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan air yang sanagt jernih. Bahkan jernihnya air di lokasi ini menjadi bagian dari mitos dan misteri di Air Terjun Dlundung.

Arus Air Terjun Dlundung tidak terlalu kuat, serta kedalaman yang dangkal. Sehingga di lokasi air terjun bisa melakukan keseruan bermain air atau bererenang.

Ketinggian Dan Kolam Air Terjun Dlundung
Ketinggian Dan Kolam Air Terjun Dlundung. Sumber : explorewisata.com

Pesona keindah terhampar dari mulai menapaki jalur menuju Air Terjun Dlundung. Para pengunjung akan disuguhkan jalan setapak yang sudah berbentuk tembok, bebatuan bercampur semen dan pasir, serta di jalur lain dipasangi paving block.

Jalur Menuju Lokasi
Jalur Menuju Lokasi. Sumber : mytrip.co.id

Selain itu, jalur tersebut sudah diberukan sentuhan warna-warni yang kian mempercantik perjalanan. Ada juga sebuah jembatan yang sangat bagus, bahkan sering juga dijadikan spot selfie oleh para wisatawan.

Di samping jalur perjalanan adalah taman yang sudah tertata rapih, serta pepohonan yang menambah keteduhan serta keasrian lokasi wisata ini.

Jalur Yang Dihiasi Taman
Jalur Yang Dihiasi Taman. Simber : seringjalan.com

Dan sebagai tambahan, lokasi wisata Air Terjun Dlundung cocok juga sebagai destinasi wisata keluarga dan edukasi. Namun sedikit kurang cocok bagi mereka yang jomblo, perih mas bos…. hehehe.

Ragam Aktivitas Di Lokasi Air Terjun Dlundung

Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh para traveler saat berkunjung ke lokasi wisata Air Terjun Dlundung, yaitu :

1. Bermain Air

Yang pertama, tentu saja bermain air di lokasi Air Terjun Dlundung. Airnya sangat bersih, dan di titik yang dangkal anak-anak juga dapat merasakan kesegaran air terjun ini.

Bermain Air Di Air Terjun Dlundung
Bermain Air Di Air Terjun Dlundung. Sumber : travelspromo.com

2. Hunting Foto

Jalur perjalanan yang bagus dan warna-warni, hamparan pesona alam, serta keelokan air terjun menjadi latar keindahan adalah surga bagi mereka yang sangat suka dengan dunia fotografi.

Hunting Foto
Hunting Foto. Sumber : www.panjinawangkung.com

3. Camping

Bagi mereka yang ingin menginap, bisa melakukan aktivitas camping di lokasi yang dekat dengan Air Terjun Dlundung. Namun masih belum tersedia tempat penyewaan tenda, sehingga kalian mesti bawa sendiri dari rumah.

Camping Di Area Air Terjun Dlundung
Camping Di Area Air Terjun Dlundung. Sumber : travelspromo.com

4. Bermain Bersama Keluarga Dan Rumah Kelinci

Terdapat hamparan rumput dekat lokasi Air Terjun Dlundung yang cukup luas, sehingga bisa dijadikan aktivitas untuk melepas lelah, bermain bersama keluarga, atau outbond.

Bertambah keseruannya saat anak-anak anda berada di area rumah kelinci. Spot ini bisa menjadi wahana edukasi untuk anak supaya peduli terhadap alam sekitar.

Rumah Kelinci Dlundung
Rumah Kelinci Dlundung. Sumber : pacetadventure.com

Misteri Dan Mitos Di Air Terjun Dlundung

Selain pesona keindahan, kebanyakan dari objek wisat memiliki sisi lain yang menarik perhatian wisatawan juga, yaitu dimensi misteri atau mitos.

Misteri dan mitos di Air Terjun Dlundung yang pertama adalah lokasi Air Terjun Dlundung konon sebagai tempat mandinya para bidadari.

Entah dari mana asalanya, dari sejak kecil cerita tentang air terjun, curug, atau coban selalu dikaitkan dengan cerita mandinya para bidadari. dan pelangi sebagai selendang yang dipakai para bidadari tersebut.

Misteri dan mitos Air Terjun Dlundung yang ke dua adalah terkait pesona airnya yang sangat jernih. Konon karena kejernihan Air Terjun Dlundung, memikat para raja-raja nusantara untuk mandi di lokasi tersebut.

Misteri Dan Mitos Di Air Terjun Dlundung
Misteri Dan Mitos Di Air Terjun Dlundung. Sumber : mytrip.co.id

Hal tersebut diperkuat dengan beberapa kesaksian masyarakat sekitar yang pernah menemukan barang-barang antik khas jaman dahulu, salah-satunya piring emas.

Ingin mandi di tempat raja-raja nusantara? Atau ingin mandi di tempat para bidadari mandi? Ya di objek wisata Air Terjun Dlundung lokasinya.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Dlundung

Lokasi dan alamat Air Terjun Dlundung berada di Dusun Ketapang, desa Kemloko, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur – Indonesia.

Rute Atau Jalan Menuju Air Terjun Dlundung

Rute atau jalan menuju Air Terjun Dlundung bisa dengan dua opsi, yaitu dengan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menggunakan kendaraan umum. Inilah rincian rutenya :

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

  • Jika dari Sidoarjo bisa melalui Pandaan kemudian masuk ke Jalan Raya Trawas, lalu belok ke arah Dlundung. Adapun total waktu tempuhnya sekitar 45 menit perjalanan.
  • Lalu lanjutkan perjalanan di jalur tersebut sampai menemukan papan penunjuk arah menuju Air Terjun Dlundung. Jarak dari jalan raya hingga sampai ke pintu utama objek wisata Air Terjun Dlundung sekitar dua kilometer.
  • Setelah sampai di area parkir, lanjutkan perjalanan menuju Air Terjun Dlundung dengan melewati jalur yang telag disediakan. Jalurnya sangat bagus, cocok juga sebagai spot selfie.

2. Jika menggunakan Kendaraan Umum

  • Rute yang pertamana adalah menuju terminal Pandaan.
  • Setelah itu naik bus jurusan Trawas, kemudian turun di Trawas
  • Lanjutkan perjalanan anda dengan naik ojeg

3. Ongkos Menuju Air Terjun Dlundung

  • Ongkos bus dari terminal Pandaan menuju Trawas adalah Rp. 6.000 per orang
  • Ongkos ojeg dari Trawas ke lokasi wisata adalah Rp. 5.000 per orang

Harga Tiket Masuk Air Terjun Dlundung

  • Harga tiket masuk hari-hari biasa untuk dewasa                    : Rp. 10.000 per orang
  • Harga tiket masuk hari-hari biasa untuk anak-anak               : Rp. 7.500 per orang
  • Harga tiket masuk weekend untuk dewasa                            : Rp. 12.500 per orang
  • Harga tiket masuk weekend untuk anak-anak                       : Rp. 10.000 per orang
  • Harga Tiket Camping                                                             : Rp. 18.000 per orang
  • Asuransi                                                                                 : Rp. 500 per orang
  • Parkir Motor                                                                           : Rp. 2000 per unit
  • Parkir Mobil                                                                            : Rp. 3.000 per unit

Jam Operasional Air Terjun Dlundung

Jam operasional Air Terjun Dlundung buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Air Terjun Dlundung

Lokasi penginapan di Air Terjun Dlundung berjarak sekitar 5 kilometer dari kawasan tersebut dengan harga atau tarif yang berbeda-beda.

Perbedaan harga ditentukan oleh jenis penginpan serta fasilitas yang disajikan.

Tips Wisata

Bagi kalian yang berencana mengisi liburan di sana, maka inilah tips wisatanya :

  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti, serta perlengkapan mandi.
  • Jangan lupakan kamera anda, karena lokasinya sangat instagrammable.
  • Selalu mematuhi protokol kesehatan dan keamanan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan merusak lingkungan.
  • Selalu berpatokan pada kenyamanan dan kemanan dalam berwisata.

Penutup

Itulah review lengkap tentang Air Terjun Dlundung yang ada di Kabupaten Mojokerto, semoga bisa menjadi referensi awal bagi kalian yang belum pernah ke sana.

Selamat berlibur, dan tetap bersyukur ya…



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *