Pesona Air Terjun Banyumala, Harga Tiket Terbaru Dan Penginapan Terdekat

Pesona Air Terjun Banyumala, Harga Tiket Terbaru Dan Penginapan Terdekat


Di Bali bagian utara memang banyak sekali wisata air terjunnya. Salah satu diantaranya ialah Air Terjun Banyumala, yang sudah dibuka untuk umum sejak bulan Juli tahun 2015. Ternyata di Bali tidak hanya menyimpan keindahan pantai dan sawahnya saja, namun masih banyak keindahan lain yang belum banyak diketahui orang.

Air Terjun Banyumala atau biasa disebut juga Banyumala Twin Waterfall ini memiliki tinggi sekitar 20 meter, dan terbagi menjadi 2 aliran air yang dipisahkan oleh tebing yang dihisasi pepohonan. Itulah alasannya mengapa disebut Twin Waterfall.

Air Terjun Banyumala
Air Terjun Banyumala. Sumber: www.aswindrajaya.com

Aliran air yang dihadirkan sangat indah, kamu dapat melihat aliran air secara bersamaan namun beda tempat dalam satu waktu. Air mengalir melewati tebing yang sedikit berundak-undak, dihiasi pepohonn hijau yang menghiasinya.

Aliran air yang jatuh tampak seperti lukisan yang sempurna. Air Terjun Banyumala terletak di Desa Wanagiri, Buleleng, Bali. Simak lebih jauh ulasan tentang Air Terjun Banyumala berikut, check this out!

Ragam wisata di Air Terjun Banyumala

Berikut ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di Air Terjun Banyumala :

1. Jalur Trekking

Untuk menuju Air Terjun Banyumala kamu harus mengeluarkan tenaga yang lumayan ekstra. Jarak dari pintu loket menuju lokasi air terjun memang dekat, yakni hanya sekitar 100 meter saja, namun jalurnya cukup terjal dan berbahaya.

Kamu akan melalui turunan yang cukup berliku dan terjal, disamping itu jalannya pun masih sangat alami yakni masih berupa tanah. Sehingga jalannya agak sedikit licin, sehingga kamu harus menggunakan alas kaki yang tepat.

Trekking Air Terjun Banyumala
Trekking Air Terjun Banyumala. Sumber: www.mongabay.co.id

Namun, di sepanjang jalan kamu akan disuguhi keindahan alam yang luar biasa. Sesaat ketika Air Terjun Banyuwangi semakin dekat, kamu akan menikmati beberapa air terjun kecil yang keluar melalui tebing yang ditumbuhi banyak tanaman.

Keindahan Air Terjun Banyumala
Keindahan Air Terjun Banyumala. Sumber: travelspromo.com

Jarak pintu loket dengan parkir motor dan mobil sangatlah berbeda. Jika kamu menggunakan mobil kamu akan berjalan lebih jauh dibandingkan dengan yang menggunakan motor.

Namun, ketika pandemi datang banyak tempat wisata yang agak terbengkalai. Seperti halnya Air Terjun Banyumala. Selama pandemi tempat wisata ini tidak dijaga dengan baik oleh pihak pengelola, sehingga siapa saja bisa masuk tanpa harus membeli tiket.

2. Bermain Air

Bermain air merupakan cara yang tepat untuk merasakan kesejukan Air Terjun Banyumala. Kedalaman kolamnya beragam, semakin mendekati aliran air terjun kedalamannya semakin dalam.

Debit air yang diturunkan Air Terjun Banyumala cukup deras dan mengalirkan air yang sangat jernih juga bersih. Kejernihan airnya membuat raga semakin rileks, dan terbayar sudah rasa lelah trekking.

Menikmati Kesejukan Air Terjun Banyumala
Menikmati Kesejukan Air Terjun Banyumala. Sumber: travelspromo.com

Air Terjun Banyumala mempunyai kolam alami yang cukup lebar, semakin indah karena di sekitarnya tumbuh pepohonan yang membuat cantik dan indah.

3. Bersantai dan Relaxing

Jika kamu tidak mau bermain air kamu dapat bersantai dan menikmati deburan suara aliran Air Terjun Banyumala. Suara deburan tersebut dapat membuat jiwa dan raga semakin tenang dan damai.

Bersantai dekat Air Terjun Banyumala sembari memandangi keindahan alamnya yang masih alami. Dan mengamati jatuhnya air terjun yang mengalir tak beraturan, namun indah dipandang.

Bersantai Sejenak Melepas Penat
Bersantai Sejenak Melepas Penat. Sumber: www.kintamani.id

Pas banget jika kamu melakukan olahraga yoga disini, keheningan alam dapat memaksimalkan kegiatan yoga kamu.

4. Berfoto

Dewasa ini manusia selalu mengabadikan setiap momen yang tercipta, dimana dan kapan saja. Maka dari itu hal yang harus kamu lakukan selanjutnya ialah tentu saja mencari spot foto terbaik.

Pesona Keindahan Alam Air Terjun Banyumala
Pesona Keindahan Alam Air Terjun Banyumala. Sumber: www.mongabay.co.id

Spot foto yang dapat kamu ambil diantaranya dengan berlatarkan keindahan Air Terjun Banyumala. Spot foto selanjutnya ialah pada saat menikmati keindahan kolam alaminya. Disamping itu bisa juga kamu berfoto dengan keindahan alam yang dihadirkan.

Spot Foto dengan Latar Terbaik
Spot Foto dengan Latar Terbaik. Sumber: thebalidestiny.com

Lokasi Dan Alamat

Lokasi Air Terjun Banyumala terletak di Pulau Dewata Bali, alamat tepatnya berada di Banjar Asah Panji, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161.

Rute Menuju Air Terjun Banyumala

Rute menuju Air Terjun Banyumala dari arah Denpasar kamu akan melakukan perjalanan sejauh 65 kilometer atau memakan waktu sekitar 2,5 jam. Kamu akan melewati Danau Beratan dan juga Danau Buyan.

Setelah kamu berada di pertigaan Puncak Wanagiri, kamu harus melaju ke utara menuju Danau Tamblingan. Lokasi Air Terjun Banyumala berada di sisi timur, nanti kamu akan melihat plang yang memberitahukan lokasi Air Terjun Banyumala.

Jika kamu tersesat jangan malu untuk bertanya kepada warga sekitar yang kamu temui di sepanjang jalan. Malu bertanya sesat dijalan, ya!

Tiket Masuk Air Terjun Banyumala

Untuk tiket masuk Air Terjun Banyumala cukup dengan membayar:

  • Untuk wisatawan lokal dengan membayar Rp. 20.000,- per orangnya
  • Sedangkan wisatawan mancanegara harus membayar Rp. 30.000,- per orangnya

Semua tiket sudah termasuk mendapatkan sebotol air mineral.

Jam Operasional Air Terjun Banyumala

Jam operasional Air Terjun Banyumala dibuka setiap hari Senin sampai dengan hari Minggu dan selama 24 jam penuh.

Fasilitas Air Terjun Banyumala

Fasilitas dekat Air Terjun Banyumala memang tidak ada, namun untuk kebutuhan makanan dan minuman serta kamar mandi terdapat di depan di area parkir.

Sedangkan di area Air Terjun Banyumala hanya terdapat sebuah gazebo untuk kita beristirahat sembari menikmati keindahan alam yang diberikan.

Penginapan

Di area Air Terjun Banyumala memang belum terdapat penginapan atau homestay, namun jika kamu berencana untuk menikmati malam di Buleleng berikut ada beberapa referensi penginapan untuk kamu, yakni:

  • Waterfall Treehouse Cabins berjarak sekitar 1,8 kilometer dari Air Terjun Banyumala, dengan harga yang ditawarkan permalamnya Rp. 345.000,-
  • Kunang Kunang Villa, berada sejauh 4,8 kilometer dengan kisaran harga Rp. 200.000,- per malamnya.
  • One Homestay, dari Air Terjun Banyumala jaraknya sekitar 7,6 kilometer dengan harga Rp. 120.000,- permalamnya.
  • ECOcamp bedugul yang berada sejauh 9,1 kilometer dari Air Terjun Banyumala dengan kisaran harga Rp. 175.000,- untuk permalamnya.

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata sebagai bahan referensi kamu saat hendak mengunjungi Air Terjun Banyumala, diantaranya:

  • Amati cuaca saat kamu akan pergi, jangan sampai sedang mendung apalagi turun hujan.
  • Pastikan kondisi kamu dalam keadaan prima.
  • Lebih baik menggunakan kendaraan bermotor supaya tidak terlalu jauh berjalan kaki.
  • Bawalah makanan dan minuman secukupnya untuk bekal kamu saat berada di Air Terjun Banyumala.
  • Gunakanlah alas kaki yang nyaman untuk digunakan di jalanan yang menurun dan terjal.
  • Berhati-hatilah saat menuruni tangga, apalagi jika membawa anak kecil.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian lingkungan sekitar Air Terjun Banyumala.

Penutup

Memang banyak tempat wisata yang dihadirkan di Pulau Dewata Bali. Keindahan alam tersebut merupakan hadiah Tuhan untuk warga Bali. Maka sudah seharusnyalah jika kita tetap menjaga dan melestarikannya, supaya kita dapat terus menikmatinya sampai kapan pun.

Air Terjun Banyumala merupakan keindahan air terjun yang tiada duanya, dan nalar kita tak mampu menjelaskannya. Jika kamu hendak berkunjung ke Bali, jangan lewatkan untuk mengunjungi Air Terjun Banyumala ini. Dan siapkan foto terbaikmu, ya!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *