Pentingnya Asuransi Kesehatan Covid 19 Pada Saat Pandemi

Pentingnya Asuransi Kesehatan Covid 19 Pada Saat Pandemi

Semua orang sudah pada tahu bahwa asuransi kesehatan covid 19 sangat penting. Untuk memproteksi diri dan keluarga dari resiko sakit yang memerlukan biaya keuangan yang sangat besar. Apalagi di tengah pandemik covid19 sekarang ini. Yang setiap orang dapat tertular oleh virus corona melalui kontak fisik yang tak disengaja, menghirup bersin orang terkena covid19 dan lain-lain.

Suatu saat nanti wabah pandemik covid19 ini berakhir dan aktifitas berangsur normal. Lihatlah sebagian wilayah di Indonesia mencabut status PSBB dan menerapkan new normal dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam keseharian kehidupan. Misalkan selalu mencuci tangan pakai sabun ketika habis bepergian, menggunakan masker, sarung tangan, tidak makan di tempat umum, tak berjabat tangan dengan orang lain ketika berinteraksi dengan manusia.

Pada berbagai berita di televisi seringkali kita menyaksikan beberapa daerah dan kota di tanah air menerapkan the new normal. Apa itu new normal? New normal adalah sebuah tata kehidupan baru. Sebuah cara hidup dan beraktifitas sehari-hari dengan gaya baru hidup sehat yakni menggunakan masker dan menjaga jarak dengan orang lain terutama di luar rumah.

Orang sering menyebutnya saat ini dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Yang berarti kebiasaan lama yang salah. Seperti tidak memakai masker dan tak menjaga kesehatan mulai ditinggalkan. Dan sekarang mulai berubah ke kebiasaan baru (AKB) yakni selalu memakai masker dan sarung tangan ketika keluar rumah serta menjaga jarak dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Saat The New Normal ini merupakan waktu bagi manusia untuk berdamai dengan covid19. Corona merupakan salah satu virus yang Allah SWT ciptakan dengan tujuan baik. Manusia diajarkan untuk bersikap hidup sehat dan bersih setiap hari. Dengan rajin mencuci tangan dan menghindarkan diri dari orang yang sakit.

Sebelum virus korona mewabah ke seluruh wilayah Indonesia mungkin kita bebas beraktifitas sehari-hari. Tapi sejak kemunculan virus corona yang semakin merajalela di tanah air membuat pergerakan kita semakin dibatasi. Dengan adanya istilah lockdown atau dalam negara Indonesia dikenal dengan nama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Seiring dengan menurunnya kasus positif covid 19 di Indonesia maka negara Indonesia mengambil kebijakan untuk mencabut PSBB dan menerapkan masa new normal. Pada waktu ini, setiap orang memiliki pergerakan yang agak bebas. Namun berjalan waktu kemudian, Indonesia mengalami peningkatan jumlah pasien positif covid19. Dalam satu hari bisa mencatat 3000 orang lebih terkena corona.

Atas peningkatan yang sangat tinggi jumlah kasus covid19 di Indonesia membuat sebagian wilayah di Indonesia seperti DKI Jakarta menerapkan PSBB Transisi kembali. Upaya pencegahan penularan virus corona semakin diperketat. Misalkan penggunaan masker, sarung tangan, mengambil jarak minimal satu meter dalam berinteraksi dengan orang lain dll.

Untuk mengantisipasi efek buruk dari virus corona yang mungkin dapat terjadi pada diri kita, keluarga dan sahabat kita maka diperlukan suatu instrumen proteksi yang namanya asuransi kesehatan. Sehingga ketika seseorang sakit covid19 maka segala biaya perawatan di rumah sakit dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan.

Pentingnya Asuransi Kesehatan Saat Pandemik

Di situasi pandemik wabah covid19 yang terus berlanjut ini membuat sebagian orang lebih memilih mengalokasikan uang mereka untuk perencanaan biaya menanggulangi covid19. Di situasi ini seseorang bisa sakit dan rentan sakit. Dana yang dialokasikan sangat besar. Namun tidak tahu secara pasti besaran dana yang mesti dipersiapkan. Mengingat tidak ada orang yang tahu kapan pandemik virus corona akan berakhir.

Berikut ini beberapa alasan penting bagi seseorang untuk mengambil asuransi kesehatan covid 19 di tengah wabah pandemik covid19, antara lain:

1.Menghemat keuangan

Dengan mengambil asuransi kesehatan berarti anda menghemat keuangan. Sudah tahukah anda berapa biaya pengobatan di rumah sakit jika anda sakit? Biayanya sangat mahal. Sampai ratusan juta rupiah. Apalagi harus diberi tindakan operasi dan terkena covid 19 berkelanjutan.

Untuk membiayai resiko sakit di masa depan, seseorang bisa mengalokasikan uang saat ini dalam jumlah besar. Hal itu bisa mengakibatkan perputaran arus keuangan  sangat terganggu. Dan beda lagi dengan yang kedua. Dimana sebagian orang memilih untuk menggunakan asuransi kesehatan. Premi yang dibayarkan setiap bulan sangat kecil sehingga tak mengganggu arus keuangan keluarga. Namun semua resiko dan biaya kesehatan selalu ditanggung oleh pihak asuransi. Uang kecil menjadi besar. Itulah kelebihan asuransi. Kalau dilihat manakah yang lebih praktis dan mau anda ambil?

2.Ketidakpastian jaman

Saat ini merupakan masa-masa sulit yang perkembangan setiap aspek kehidupan bisa berubah secara cepat tanpa diduga. Begitupula dalam aspek bisnis. Sebuah bisnis yang awalnya berjalan lancar dan menguntungkan dengan omset besar bisa saja tiba-tiba terpuruk dan bangkrut.

Begitupula dalam bidang kesehatan. Anda yang asalnya sehat bisa saja langsung sakit terkena suatu penyakit berbahaya yang tak pernah anda duga sebelumnya. Mungkin anda tertular oleh orang yang menderita suatu penyakit. Seperti yang akhir-akhir ini marak terjadinya penularan virus corona yang jumlah pasien setiap hari bertambah banyak. Untuk mengatasi ketidak pastian dalam bisnis dan kesehatan itu dibutuhkan suatu proteksi bernama asuransi.

Asuransi kesehatan akan mengcover semua biaya rawat inap nasabah di rumah sakit. Pada waktu bisnis sedang lesu dan tidak adanya tulang punggung keluarga maka asuransi bisa memberikan perlindungan terhadap semua biaya kesehatan yang mahal. Premi yang anda bayarkan setiap bulan berubah menjadi uang besar untuk membiayai semua biaya pengobatan yang besar.

Di tengah ketidak pastian ekonomi dan sosial ini menimbulkan suatu kecemasan. Khawatir ia terkena phk di tengah pandemi covid19 yang terus berlangsung.  Ketakutan untuk membuka suatu bisnis sebab takut bisnis bangkrut sedangkan ia mempunyai tanggungan anak dan isteri.

Sebaliknya, bagi anda yang mendapatkan ketenangan pikiran. Beruntung bagi anda yang sudah mendapatkan ketenangan pikiran. Karena anda sudah bisa berpikir jernih. Dan untuk mendapatkan ketenangan pikiran harus dimulai dari segala sesuatu di masa depan sudah terjamin baik termasuk biaya kesehatan. Untuk mengcover biaya kesehatan maka anda bisa mengambil asuransi kesehatan saat ini dengan biaya premi yang terjangkau.

Asuransi kesehatan akan mampu memberikan ketenangan kepada setiap individu dan keluarga. Karena mereka tidak perlu memikirkan kekurangan uang untuk biaya di masa mendatang. Sebab semua resiko kesehatannya sudah menjadi tanggungan pihak perusahaan asuransi. Seperti biaya rawat inap, biaya pengobatan, biaya rawat jalan, biaya operasi dan lain sebagainya.

3.Bukti cinta kepada keluarga

Di saat kondisi wabah Covid19 yang tengah berlangsung dan di masa depan tidak tahu pasti bagaimana perkembangannya maka mengambil asuransi kesehatan merupakan pilihan bijak untuk mengantisipasi masa depan yang tak pasti. Anda bisa mengontrol hidup dengan mengambil asuransi kesehatan yang akan memberikan perlindungan resiko keuangan jika anda sakit.

Dengan mengambil asuransi kesehatan juga menunjukkan bukti cinta anda kepada diri dan keluarga. Jangan sampai keluarga anda kehilangan sumber pendapatan dan mengalami kesulitan sepeninggal anda. Untuk mengungkapkan rasa cinta maka persiapkan keuangan keluarga dengan baik pada saat anda masih hidup. Ambil asuransi kesehatan untuk melindungi seluruh resiko biaya kesehatan semua anggota keluarga.

Dari apa yang penulis sampaikan di atas tampak jelaslah betapa pentingnya asuransi kesehatan covid 19 disaat pandemi yang tak pasti ini. Seseorang bisa mengalami sakit pada tahun pandemik ini. Seperti covid19. Semua itu membutuhkan proteksi asuransi kesehatan untuk mencegah kerugian keuangan di masa anda sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *