Mitos Curug Semirang Atau Air Terjun Semirang, Legenda Kain Jarik Yang Terlepas

Mitos Curug Semirang Atau Air Terjun Semirang, Legenda Kain Jarik Yang Terlepas


Terletak di lereng Gunung Ungaran bagian utara, terdapat sebuah air terjun yang eksotis dengan kolam renang yang berwarna hijau yang dikelilingi popohonan dan kesejukan udara pegunungan.

Nama lokasi tersebut adalah Air Terjun Semirang atau disebut juga Curug Semirang. Dan masyarakat Semarang menyebutnya dengan Curug Semarang.

Karena keindahannya lokasi wisata ini sering dikunjungi oleh para wisatawan pada saat hari-hari biasa, apalagi saat liburan tiba.

Air Terjun Semirang Atau Curug Semirang
Air Terjun Semirang Atau Curug Semirang. Sumber : wisatakita.com

Langsung saja kita lihat bagaimana keindahan lokasi wisata ini.

Pesona Keindahan Air Terjun Semirang

Air terjun Semirang atau Curug Semirang berada di kawasan hutan lindung dengan luas 10 hektar di bawah pengelolaan perum perhutani. Adapun air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter.

Air Terjun Semirang Memiliki Ketinggian 45 Meter
Air Terjun Semirang Memiliki Ketinggian 45 Meter. Sumber : jawasipit.wordpress.com

Jarak lokasi parkiran dengan lokasi air terjun sekitar 500 meter. Dan selama perjalanan, para pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang masih asri dengan kesegaran udara yang sangat sejuk.

Rasa lelah akan ditebus dengan hamparan pesona keindahan air terjun dengan kondisi air yang masih sangat jernih. Dan tidak jauh dari lokasi air terjun terdapat kolam renang yang airnya berwarna hijau.

Kolam Renang Di Lokasi Air Terjun Semirang
Kolam Renang Di Lokasi Air Terjun Semirang. Sumber : www.inews.id

Warna tersebut sebagai sebuah pantulan warna dari pohon-pohon yang berada di sekitarnya. Dan spot ini adalah spot yang cocok untuk anda dan keluarga.

Lokasi Wisata Air Terjun Semirang Cocok Menjadi Wisata Keluarga
Lokasi Wisata Air Terjun Semirang Cocok Menjadi Wisata Keluarga. Sumber : www.qupas.id

Ragam Aktivitas Di Air Terjun Semirang

Selain menikmati keindahan pemandangan, kesejukan udara pegunungan, serta ketenangan, maka para wisatawan dapat melakukan aktivitas lain di lokasi wisata Air Terjun Semirang. Diantaranya :

1. Berenang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat sebuah kolam renang yang terletak di kawasan hutan dengan kondisi air yang masih alami.

Batu muka menjadi penghias kolam, sehingga para pengunjung masih mendapatkan sensasi alaminya, berbeda dengan kolam yang terbuat dari keramik seperti kolam renang yang ada pusat kota.

Rasakan sensasi yang sangat berbeda, ketika anda berenang di kawasan hutan, pepohonan yang memberikan keteduhan, adalah kenikmatan yang luar biasa saat berada di lokasi wisata Air Terjun Semirang.

Spot Berenang
Spot Berenang

2. Spot Foto

Pesona pemandangan alam yang indah menjadikan lokasi wisata Air Terjun Semirang menjadi surganya para fotografer.

Spot foto saat berada di kolam, maupun dilokasi air terjun merupakan foto yang sangat layak untuk anda unggah di media sosial.

Namun jangan sampai melewati koridor keamanan yang sudah ditetapkan hanya karena sebuah konten ya, tetap aman dan tetap nyaman yang paling penting.

Air Terjun Semirang Sangat Instagrammable
Air Terjun Semirang Sangat Instagrammable. Sumber : twitter.com

3. Camping

Terdapat juga lokasi bumi perkemahan yang lokasinya tidak jauh dari lokasi Air Terjun Semirang.

Mitos Curug Semirang Atau Air Terjun Semirang

Mitos, misteri, mapun legenda di sebuah lokasi wisata adalah hal yang sangat menarik untuk disimak. Selalu ada cerita yang menarik perhatian, syarat nilai, serta pesan moral.

Begitupun dengan lokasi wisata ini, mitos Curug Semirang adalah tentang persemedian sepasang suami istri di lereng bukit Ungaran.

Mitos Di Curug Semirang Atau Air Terjun Semirang
Mitos Di Curug Semirang Atau Air Terjun Semirang. Sumber : www.brobali.com

Kisah ini berawal ketika Sraya suami dari Sari harus menunaikan amanat seorang resi untuk mencari Bunga Kalakecika dan Lanceng Putih. Resi tersebut adalah ayah dari Sari.

Singkat cerita, pada saat malam bulan purnama berangkatlah Sraya untuk mencari bunga tersebut meskipun dengan berat hati harus meninggalkan istrinya Sari.

Karena bingung mesti kemana mencari bunga tersebut, Sraya bersemedi di sebuah pincak bukit. Akhirnya mendapatkan jawaban bahwa ke dua bunga berada di lokasi air terjun yang berbeda.

Sementara Sari yang ditinggal sendiri mendapatkan gannguan dari Jin Barok. Sari berusaha meoloskan diri dari jin tersebut, sehingga sampai pada sebuah lereng bukit yang terpisah oleh jurang dengan bukit yang berada dis seberangnya.

Kemudian kendit yang melilit pada tubuh sari dilemparkan sehingga menjadi jembatan yang menghubungkan dua bukit tersebut.

Jin Barok tanpa lelah mengejar Sari, dan saat berlari kain jarik yang dikenakan Sari berhasil diraih Jin Barok sehingga terlepas dari tubuhnya.

Sari berlari dan akhirnya terjerumus ke dalam sebuah jurang yang terdapat air terjun. Dan jin tersebut bisa dikalahkan oleh seorang laki-laki yang datang untuk menolong.

Tanpa disangka laki-laki tersebut adalah suaminya Sraya. Akhirnya suami istri tersebut bersemedi di lokasi air terjun sampai mendapatkan bunga kalacika.

Air Terjun Semirang atau Curug Semirang diambil dari kisah terlepas jarik Sari. Semirang diambil dari kata “wirang” yang berarti malu. Dan kendit Sari dikenal dengan Banjaran Simbar.

Lokasi Dan Alamat Terjun Semirang

Lokasi dan alamat Air Terjun Semirang berada di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah – Indonesia.

Rute Atau Jalan Menuju Air Terjun Semirang

Rute atau jalan menuju lokasi Air Terjun Semirang adaah sebagai berikut :

1. Jika Perjalanan Dimulai Dari Semarang

  • Menuju ke arah Ungaran dan masuk ke Jalan Raya Semarang – Surakarta
  • Selanjutnya, setelah melewati STIKES Ngudi Waluyo Belok Kanan
  • Tetap di jalur tersebut, sampai di lokasi tujuan
  • Jarak dari Simpang Lima Semarang sekitar 22 kilometer, dengan total waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

2. Jika Perjalanan Dimulai Dari Terminal Bawen

  • Masuk ke Jalan Raya Semarang – Surakarta
  • Jarak dari terminal Bawen sekitar 14 kilometer dengan total waktu tempuh sekitar 30 menit.
Loket Masuk Air Terjun Semirang
Loket Masuk Air Terjun Semirang. Sumber : nukinugrahaaa.blogspot.com

Harga Tiket Masuk Air Terjun Semirang

Para wisatawan yang datang ke lokasi wisata Air Terjun Semirang diwajibkan untuk mengeluarkan biaya-biaya dengan rincian sebagai berikut :

  • Harga Tiket Masuk     : Rp. 9.000 per orang
  • Parkir Motor               : Rp. 2.000 per unit
  • Parkir Mobil                : Rp. 5.000 per unit

Jam Operasional Air Terjun Semirang

lokasi wisata Air Terjun Semirang buka dari jan 08.00 sampai dengan pukul 17.00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan  Di Air Terjun Semirang

Tidak ada penginapan di lokasi wisata Air Terjun Semirang. Lokasi penginapan dapat anda temukan di jalan sebelum lokasi wisata Air Terjun Semirang.

Sekitar 3 kilometer sebelum lokasi wisata sudah anda temukan penginapan yang harganya murah sekali. Rata – rata lokasi penginapan tidak jauh dari lokasi Air Terjun Semirang, jarak paling jauh sekitar 7 kilometer saja.

Tips Wisata Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Semirang

Bagi kalian yang mempunyai rencana menghabiskan waktu liburannya di lokasi wisata Air Terjun Semirang, maka inilah tips wisatanya :

  • Ada baiknya kalian berkunjung ke sana saat cuaca cerah, bukan di musim hujan. Karena selain jalananya licin, kalian juga tidak akan optimal menjelajah spot yang tersaji di sana.
  • Persiapkan baju ganti, karena di sana terdapat kolam dan air terjun yang akan menggoda kalian untuk basah-basahan.
  • Selalu mengutamakan faktor kenyaman dan keamanan dalam berwisata. Terutama saat bermain di kolam dan air terjun.
  • Patuhi protokol keamanan dan kesehatan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola dan pemerintah.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, dan jangan sampai merusak lingkungan sekitar ya…
  • Abadikan momen kebahagiaan anda bersama keluarga dengan jepretan kamera

Penutup

Demikian review tentang Air Terjun Semirang yang berada di Kabupaten Semarang Jawa Timur. Semoga bermanfaat menjadi referensi awal bagi kalian yang akan berwisata ke lokasi tersebut.

Selamat berakhir pekan, selamat berlibur, dan tetaplah bersyukur…

 





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *