Menikmati Keindahan Alam Sambil Makan Apel Sepuasnya, Di Coban Waru Lokasinya

Menikmati Keindahan Alam Sambil Makan Apel Sepuasnya, Di Coban Waru Lokasinya


Kabupaten Pasuruan terkenal sebagai daerah perindustrian, pertanian, dan daerah wisata dengan ragam tema wisata yang recommended untuk dikunjungi.

Terdapat sebuah desatinasi wisata, sebuah coban yang sangat indah, yang lahir dari kepedulian pemuda serta masyarakat setempat yang bekerjasama dengan pihak LMDH. Nama coban tersebut adalah Coban Waru.

Lokasi Coban Waru terletak di antara Desa Kayukebek dan Desa wonosari, serta berada dalam lahan milik Perhutani. Untuk melihat pesona keindahan Coban Waru, yuk kita simak ulasan lengkapnya!

Coban Waru Nongkojajar
Coban Waru Nongkojajar. Sumber : travelingyuk.com

Tracking Atau Jalur Menuju Coban Waru

Sebelum masuk ke jalur atau tracking, sebetulnya selama di perjalanan menuju Coban Waru dengan menggunakan kendaraan dari Tutur Nongkojajar kita sudah disuguhkan pemandangan yang memanjakan mata.

Nongkojajar memang sedang dirancang sebagai sebuah kawasan agrowisata. Maka tak heran jika penataan jalannya sudah cukup baik.

Tugu Selamat Datang Nongkojajar
Tugu Selamat Datang Nongkojajar. Sumber : pojokkiripasuruan.com

Meskipun jalannya sedikit berkelok, namun kondisi jalannya sudah bagus. Pemandangan pegunungan, perkebunan kayu, adalah keindahan “pemanasan” sebelum tiba di Coban Waru.

Terdapat sebuah gapura masuk yang berada di samping kiri bertuliskan Coban Waru yang hanya bisa dilalui dengan cara berjalan kaki atau dengan menggunakan motor.

Gerbang Masuk Coban Waru
Gerbang Masuk Coban Waru. Sumber : travel.detik.com

Tracking dari gapura masuk sudah berupa paving block, sehingga pengunjung tinggal menikmati sajian keindahan alam selama menyusuri jalur.

Lokasi Coban Waru berada di samping kiri dali jalur perjalanan tersebut. terdapat sebuah jembatan yang bagus untuk bisa dilalui oleh pengunjung untuk sampai di lokasi air terjun.

Pesona Keindahan Coban Waru

Coban Waru memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan kondisi air yang jernih serta arus turun yang kuat. Nama lain dari Coban Waru adalah Coban Joyo, atau disebut juga Coban Wonosari.

Coban Waru memiliki pesona keindahan bukan hanya sekedar keindahan air ternunnya saja, namun keindahan tersaji dari alam sekitarnya.

Pesona Keindahan Coban Waru
Pesona Keindahan Coban Waru. Sumber : www.youtube.com

Terdapat taman bunga yang indah, spot selfie, serta area untu para pengunjung yang ingin berkemah di samping air terjun.

Udaranya sangat sejuk, rerumputan hijau yang terurus, serta pohon-pohon besar di sekitar air terjun semakin menambah keindahan mata yang menatap.

Coban Waru layaknya sebuah monumen kesadaran manusia dengan alam untuk hidup berdampingan dan membangun keseimbangan.

Ragam Aktivitas Di Coban Waru

Aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung saat berada di Coban Waru adalah sebagai berikut :

1. Bermain Air

Kolam air terjun dari Coban Waru tidak terlalu dalam, sehingga bisa digunakan sebagai spot untuk bermain air ataupun mandi.

2. Petik Apel

Desa Kayukebek adalah desa yang terkenal sebagai penghasil apel, dan dikelola secara optimal oleh petani setempat.

Seiring perkembangan wisata Coban Waru, pemuda setempat mencoba mengkolaborasikan potensi alam dengan destinasi wisata.

Pada akhirnya, bagi para pengunjung bisa melakukan aktivitas memetik apel dan menyantapnya sepuasnya sambil melihat keindahan Coban Waru.

Memetik Apel Sambil Menikmati Air Terjun
Memetik Apel Sambil Menikmati Air Terjun. Sumber : jatimnow.com

Tapi untuk memetik apel, para pengunjung dikenakan tarif yang telah ditentukan oleh pihak pengelola, harganya sangat murah.

3. Camping

Terdapat lokasi camping ground dengan sajian pesona pemandangan alam yang sangat indah serta sejuknya udara di sekitar.

Namun bagi yang hendak camping harus membawa alat-alat sendiri, karena di sana belum tersedia jasa penyewaan alat-alat camping.

4. Hunting Foto

Karena pemandangan di lokasi Coban Waru sangat mempesona, maka menjadi surga bagi mereka yang sangat suka dengan dunia fotografi.

Hunting Foto Di Coban Waru
Hunting Foto Di Coban Waru. Sumber : jatimnow.com

Di waktu – waktu tertentu di Kecamatan Nongkojajar sering diadakan festival dengan tema alam dan hasil bumi yang bisa dinikmati oleh para wisatawan, diantaranya :

1. Fresh Green Season

Acara ini dilaksanakan dari bulan Januari sampai dengan bulan April. Dalam acara ini bagi pengunjung yang suka dengan buah durian, maka bisa menikmati buah tersebut sepuasnya.

2. Summer Sunrise

Acara ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan akhir bulan Agustus. Pada acara ini buah strawberry menjadi pesonanya.

3. Winter Fogs Season

Acara ini dilaksanakan pada bulan September hingga bulan Desember. Dalam acara ini para pengunjung bisa ikut serta memanen, menanam, serta mencicipi kopi khas daerah tersebut.

Dengan demikian, dalam satu tahun dalam kawasan Kecamatan Nongkojajar terdapat berbagai macam ragam wisata yang sangat recommended untuk dikunjungi.

Semoga hal ini dapat dicontoh untuk dilaksanakan di daerah-daerah lain. Wujud keseimbangan manusia dengan alam.

Lokasi Dan Alamat Coban Waru

Lokasi dan alamat Coban Waru berada di tengah-tengah antara Desa Wonosari dan Desa Kayukebek, Kecamatan Tutur Nongkojajar, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

Rute Atau Jalan Menuju Coban Waru

Rute atau jalan menuju Coban Waru dapat diakses melalui rute sebagai berikut :

  • Jarak dari Surabaya menuju Coban Waru sekitar 83 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.
  • Jarak dari Malang menuju Coban Waru sekitar 49 kilometer dengan total waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit.
  • Tujuan pertama menuju Jalan Raya Purwodadi, nanti di sana terdapat baliho besar di sisi barat jalan sebagai tanda penunjuk arah menuju Coban Waru.
  • Setelah itu, arahkan kendaraan anda menuju Kecamatan Nongkojajar.
  • Lurus saja, sampai di gapura selamat datang.
  • Lanjutkan perjanan menuju Coban Waru. Lokasi jalannya nanti ada di samping kiri serta terdapat gapura bertuliskan Coban Waru.
  • Jalur menuju lokasi hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, jika naik motor haruslah yang sudah mahir.
  • Trackingnya sudah bagus, sebagian berbentuk paving block.

Harga Tiket Masuk Coban Waru

Harga tiket masuk Coban Waru adalah sebagai berikut :

  • Harga tiket masuk       : –
  • Paket wisata Desa Kayukebek (Makan Apel Sepuasnya) : Rp. 200.000 / 10 orang
  • Paket wisata Desa Kayukebek (Makan Apel Sepuasnya) : Rp. 125.000 / 5 orang

Jam Operasional Coban Waru

Karena terdapat Camping Ground, maka jam operasional Coban Waru buka selama 24 jam dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Coban Waru

Tidak ada penginapan di Coban Waru, karena pengunjung lebih memilih untuk camping. Namun sekitar 9 kilometer sebelum lokasi Coban Waru, kalian sudah bisa mendapatkan penginapan yang cukup terjangkau harganya.

Tips Wisata Menuju Coban Waru

Bagi kalian yang belum pernah ke lokasi wisata Coban Waru, ada baiknya menyimak tips wisata menuju Coban Waru. Yaitu :

  • Cuaca yang cerah adalah faktor utama untuk dapat menikmati seluruh spot yang ada di Coban Waru. Apalahi jika kalian melakukan aktivitas camping.
  • Bawalah baju ganti jika kaliam hendak nermain air di lokasi wisata Coban Waru.
  • Membawa perlengkapan camping sendiri, karena di sana belum tersedia jasa penyewaan tenda atau alay camping lainnya.
  • Kondisi Coban Waru sudah tertata baik dan indah, maka jangan sampai merusak lingkungan dan membuang sampah sembarangan.

Penutup

Alam telah membuktikan bahwa kehadirannya memberi manfaat yang sangat banyak bagi manusia, terutama yang hidup di sekitarnya.

Seperti halnya di Coban Waru, berjuta manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar dengan kehadiran alam yang ada di sana.

Oleh karena itu, diharapkan kebijaksanaan pengunjung untuk menjaga kelestarian alam yang sudah tercipta, dan jangan membuang sampah sembarangan.

Selamat berlibur…



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *