Jelajah Keindahan Dan Keperkasaan Coban Sriti Lumajang Jawa Timur

Jelajah Keindahan Dan Keperkasaan Coban Sriti Lumajang Jawa Timur


Pronowijo adalah sebuah kecatamatan yang berada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur yang dikelilingi oleh pegunungan.

Di bagian selatan salah-satunya terdapat Gunung Sriti, dan di sebelah utara terdapat gunung legendaris yaitu Gunung Semeru.

Terdapat juga sungai-sungai yang airnya berasal dari kawasan Gunung Semeru, dan beberapa aliran sungai tersebut mampu menjadi sebuah aliran air terjun, seperti Coban Sriti.

Coban Sriti Lumajang Jawa Timur
Coban Sriti Lumajang Jawa Timur. Sumber : travel.detik.com

Aliran air Sungai Besukbang atau disebut juga Sungai Lengkong adalah sumber air yang menuju Coban Sriti atau disebut juga Coban Wolu.

Coban Sriti Disebut Juga Coban Wolu
Coban Sriti Disebut Juga Coban Wolu. Sumber : agentsurabayatravel.com

Pesona Keindahan Coban Sriti Atau Coban Wolu

Coban Sriti atau disebut juga Coban Welu adalah air terjun yang memiliki ketinggian tidak kurang dari 120 meter, sehingga Coban Sriti adalah salah-satu air terjun tertinggi yang dimiliki oleh Indonesia.

Pesona keindahannya selain karena ketinggian, tetapi dari tebing–tebing batu yang mengelilingi lokasi Coban Srti yang terlihat gagah menjulang ke langit dengan ketinggian sekitar 150 meter.

Coban Sriti Adalah Salah-Satu Air Terjun Yang Sangat Tinggi Di Indonesia
Coban Sriti Adalah Salah-Satu Air Terjun Yang Sangat Tinggi Di Indonesia. Sumber : www.memotimurlumajang.id

Coban Sriti atau disebut juga Coban Welu memiliki air yang sangat jernih. Namun kuatnya aliran air menjadikan lokasi kolamnya terlarang untuk melakukan aktivitas berenang bagi para pengunjung.

Pesona keindahan lainya adalah bebatuan besar yang berada di jalur air, hijaunya pepohonan, udara yang sejuk, serta cipratan air yang terbawa oleh angin adalah kenikmatan saat berada di lokasi Coban Sriti.

Keindahan Tebing Di Coban Sriti
Keindahan Tebing Di Coban Sriti. Sumber : travel.okezone.com

Ke depannya lokasi Coban Sriti akan dijadikan kawasan Agrowisata. Mudah-mudahan segera terealisasi ya… mengingat animo pengunjung yang ingin datang ke Coban Sriti begitu besar.

Jalur Menuju Coban Sriti atau Coban Welu

Jalur menuju Coban Sriti atau disebut juga Coban Welu masih berupa tanah, sehingga para traveler harus ekstra hati-hati saat menapakinya,

Selain itu di sebelah kirinya adaah jurang yang sangat dalam, tetapi sudah terdapat pagar keamanan yang terbuat dari bambu.

Jalur Coban Sriti
Jalur Coban Sriti. Sumber : travel.detik.com

Karena jalurnya sangat miring, maka di sepanjang jalur sudah disediakan juga tali untuk mempermudah traveler mencapai lokasi air terjun,

Dari pintu utama, pemandangan pertama yang tersaji di jalu tersebut adalah deretan pohon salak milik warga sekitar. Biasa… masih level pertama ya, jadi belum menantang jalurnya.

Setelah melewati area kebun Salak, maka tantangan dimulai. Jalan setapak masih beralaskan  tanahm di samping kiri jurang, dan kemiringan yang menuntu para pengunjung untuk selalu berhati-hati.

Di samping kanan terdapat tetesan air yang melalui bebatuan, sehingga terkadang membasahi jalur yang dilewati, hati-hati jangan sapai terpeleset,

Demi keamanan dan kenyamanan pengunjung, di sisi kanan sudah terdapat tali untuk mempermudah perjalanan, dan sisi kiri sudah terdapat pagar pembatas yang terbuat dari bambu.

Setelah itu, jalanan mulai datar kembali namun kali ini melewati sebuah jembatan yang terbuat dari bambu di atas aliran sungai kecil dengan air yang sangat jernih,

Lanjutkan kembali menyusuri jalan setapak setelah di turunan terakhir, tatapan mata kita saat lurus hanya akan melihat bebatuan layaknya di sungai yang dangkal.

Bagi yang pertamakali datang ke lokasi Coban Sriti atau disebut juga Coban Welu pasti akan terkejut, dimana air terjunya? Yang ada hanya bebatuan saja.

Tapi coba tengok ke sebelah kanan, kalian akan melihat pemandangan yang luar biasa dari Coban Sriti yang sangat gagah.

Bebatuan Dan Keindahan Coban Sriti
Bebatuan Dan Keindahan Coban Sriti. Sumber : www.youtube.com

Jika mau mendekat, usahakan membawa baju ganti. Karena percikan airnya bisa membasahi tubuh seklaipun kita tidak berenang,

Dan yang perlu diingat bahwa kolam Coban Sriti terlarang untuk melakukan aktivitas berenang.

Ragam Aktivitas Di Coban Sriti

Ragam aktivitas yang bisa dilakukan saat berada di lokasi Coban Sriti adalah :

1. Menikmati Keindahan Alam

Suasana di lokasi ini sangat menakjubkan. Tebing batu yang melingkar dengan gagah perkasa tegak ke langit sangat memanjakan mata yang memandang.

Saran saya, coba kalian bawa kopi panas untuk diminum dekat lokasi air terjunnya. Huh… begitu nikmatnya secangkir kopi panas diminum di depan Coban Sriti.

Menikmati Keindahan Alam Coban Sriti
Menikmati Keindahan Alam Coban Sriti. Sumber : travel.detik.com

2. Hunting Foto

Selain menikmati keindahan alam, maka lokasi Coban Sriti atau disebut juga Coban Welu dipenuhi pemandangan yang sangat layak untu diposting di media sosial kalian.

Tida sedikit oh yang datang ke sini hanya untuk mencari konten bagi kebutuhan sosial media. Tentu saja karena lokasi ini sangta layak untuk diperlihatkan kepada publik.

Namun jangan sampai hanya demi kebutuhan konten, atau hunting foto, kita mengabaikan sisi keselamatan. Selalu patuhi protokol yang sudah ditetapkan ya…

Hunting Foto Di Coban Sriti
Hunting Foto Di Coban Sriti. Sumber : www.idntimes.com

Lokasi Dan Alamat Coban Sriti

Lokasi dan alamat Coban Sriti berada di Dusun Pronowijo, Desa Pronowijo, Kecamatan Pronowijo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur – Indonesia.

Rute Menuju Lokasi Coban Sriti

Rute untuk menuju lokasi Coban Sriti jika pemberangkatan awal dari pusat kota Lumajang bisa melalui Jalan Nasional Lumajang – Malang, lalu teruslah di jalur tersebut sampai Pronowijo.

Dari pintu masuk utama Coban Sriti menuju lokasi air terjun atau Coban Sriti dibutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan.

Hati-hati saat melewati jalur menuju lokasi utama air terjun ini, karena elevasi kemiringannya cukup tajam dan di sisi kiri masih berupa jurang.

Harga Tiket Masuk Coban Sriti

Para pengunjung yang datang ke Coban Sriti dikenakan harga tiket masuk sebesar :

  • Rp. 10.000 per orangnya, dan
  • Rp. 5.000 untuk biaya parkir.

Jam Operasional Coban Sriti

Jam operasional Coban Sriti masih belum ada keputusan resmi terkait jam buka dan tutupnya. Karena Coban Sriti belum dikelola secara optimal.

Penginapan Di Coban Sriti

Tidak ada penginapan di lokasi Coban Sriti, begitupun dengan area perkemahan tidak ada,

Tips Wisata Menuju Coban Sriti

Bagi kalian yang hendak berwisata ke Coban Sriti, ada baiknya menyimak terlebih dahulu tips wisatanya sebagai berikut :

  • Jangan berkunjung saat di musim penghujan, karena debit air serta arusnya akan sangat kuat dari sungai yang dilalui.
  • Pastikan berkunjung saat cuaca cerah, karena jika di musim hujan jalanannya sangat licin masih berupa tanah. Apaagi jalur perjelanan dari pintu utama menuju lokasi Coban Sriti.
  • Pastikan memakai alas kaki yang tidak akan licin saat berada di hamparan tanah, bebatua, serat turunan.
  • Pastikan juga kondisi tubuh anda dalam kondisi yang sangat prima
  • Jangan berenang tepat di kolam Coban Sriti, karena air yang jatuh begitu deras serta memiliki pusaran air yang sangat kuat.
  • Segera pulang sebelum matahri terbenam.
  • Jangan merusak ingkungan sekitar
  • Jangan membuang sampah sembarangan
  • Dan yang terakhir, selalu mematuhi protokol kesehatan dan keamanan dalam berwisata.

Penutup

Berwisata ke alam terbuka hakikatnya adalah mencari sebuah ketenangan dan kebahagiaan jiwa. Namun terkadang ada sebagian orang yang memiliki tujuan untuk ‘menantang” alam.

Ingatlah, alam memiliki kekuatan dan karakter yang sulit diprediksi. Nikmati saja dan syukuri alam sebagai ciptaan tuhan yang tersaji untuk memberikan keseimbangan kehidupan umat manusia.

Begitupun saat berkunjung ke Coban Sriti, nikmati keindahan alamnya tanpa melanggar batas etika, norma, serta perilaku kebablasan yang dapat beresiko terhadap keselamatan.

Selamat berlibur…



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *