Jelajah Keindahan Coban Nirwana Malang Yang Semakin Hits

Jelajah Keindahan Coban Nirwana Malang Yang Semakin Hits


Malang ternyata menyimpan kekayaan alam berupa air terjun yang dibilang tidak sedikit. Hal tersebut dikarenakan Malang berada di kawasan Pegunungan, maka tak heran apabila banyak terdapat Coban atau Air Terjun.

Kali ini saya akan bahas mengenai Coban Nirwana. Coban Nirwana mempunyai beberapa nama, diantaranya Coban Mbok Karimah dan Coban Tundo Nirwana.

Coban Nirwana memang belum lama ini dikenalkan ke masyarakat, oleh karena itu keadaan alamnya masih sangat alami dan asri. Saat ini masih dikelola swadaya oleh masyarakat sekitar. Coban Nirwana terletak di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Coban Nirwana
Coban Nirwana. Sumber : nahwatour.com

Coban Nirwana memiliki keindahan layaknya nirwana, dengan tebing-tebing yang berbaris dan tertata dengan rapih. Mau tahu keindahan apa saja yang akan kamu dapatkan selama di Coban Nirwana? Check this out!

Pesona Keindahan Dan Ragam Aktivitas Yang Ditawarkan Coban Nirwana

1. Menikmati Keindahan Alam Coban Nirwana

Coban Nirwana terdiri dari dua gundukan air terjun yang saling melengkapi satu sama lain. Aliran airnya sangat tertata dengan baik seakan ada yang menggerakkan. Banyak pengunjung yang datang mengunjungi Coban Nirwana terkesima dengan gundukan batu yang berjejer.

Pesona Air Terjun Dan Gundukan Batu Di Coban Nirwana
Pesona Air Terjun Dan Gundukan Batu Di Coban Nirwana. Sumber : jejakpiknik.com

Bebatuan berbentuk pipih dan sangat besar yang berfungsi untuk kita pijak saat menapaki aliran air Coban Nirwana. Disamping itu pula terdapat tebing tinggi yang tersusun ke atas namun tak simetris.

Tebing tersebut menambah keindahan yang coba dihadirkan Coban Nirwana. Keberadaan tebing ini seakan ingin melindungi Coban Nirwana, dan kolam yang ada disekitarnya.

Tebing Coban Nirwana
Tebing Coban Nirwana. SUmber : www.dakatour.com

Di Coban Nirwana ini kamu bisa melakukan kegiatan atau bermain air di sekitar kolamnya. Untuk kamu yang akan berenang, harus hati-hati karena kedalaman kolamnya sekitar 3 meter.

2. Spot Foto

Spot foto yang paling sering digunakan ialah dengan duduk duduk manja di atas batu besar sembari menatap ke arah aliran air Coban Nirwana. Atau bisa juga kamu berfoto dengan saat sedang menurunkan kaki mu ke kolam.

Spot Foto Di Coban Nirwana
Spot Foto Di Coban Nirwana. Sumber : www.nolimitadventure.com

Sejarah / Legenda Penamaan Coban Nirwana

Nilai sejarah, legenda, misteri, dan mitos pada satu lokasi wisata adalah pesona tambahan dari sebuah destinasi wisata. Begitupun dengan Coban Nirwana.

Dulunya Coban Nirwana ini bernama Coban Mbok Karimah, karena konon di daerah ini tinggalah sesepuh desa yang bernama Mbok Karimah. Namun, karena banyak yang terpikat dengan keindahan Coban Mbok Karimah ini maka namanya diganti menjadi Coban Nirwana.

Selain itu Curug ini juga pernah diberi nama Curug Gedangan karena letaknya yang berada di Kecamatan Gedangan. Selain disebut Coban Nirwana, curug ini juga biasa disebut Coban Tundo Nirwana.

Sejarah Penamaan Coban Nirwana
Sejarah Penamaan Coban Nirwana. Sumber : armandfrezh.wordpress.com

Lokasi Dan Alamat Coban Nirwana

Lokasi dan alamat Coban Nirwana terletak di Desa Sumberbende, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Kode Pos 65178.

Jam Operasional Coban Nirwana

Jam Operasional Coban Nirwana buka selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari. Jadi kamu bisa datang kapan pun.

Rute Menuju Coban Nirwana

Letak Coban Nirwana berada di area perbatasan antara daerah Gedangan dan Sumber Manjing Wetan. Letaknya tidak jauh dari Pusat Kota Malang dengan membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan saja.

Setelah sampai di Kecamatan Gedangan akan ada papan petunjuk menuju lokasi Cobang Nirwana atau Coban Gedangan ini.

Jalannya masih banyak yang rusak dan naik turun jadi harus hati-hati dan waspada. Setelah memarkirkan kendaraan kamu harus melanjutkannya dengan treking sejauh 200 meter dengan jalanan menurun, berlubang dan licin.

Tiket Masuk Coban Nirwana

Untuk biaya masuk Coban Nirwana belum dikenakan tarif khusus alias masih gratis.

Karena belum tersedianya area parkir maka kendaraan yang kamu bawa harus dititipkan ke rumah warga dengan membayar untuk biaya Parkirnya sekitar Rp. 2.000,- untuk motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil.

Fasilitas Yang Tersedia Di Coban Nirwana

Karena Coban Nirwana masih terbilang baru, maka fasilitas yang tersedianya pun belum terlalu lengkap. Belum tersedianya warung-warung makanan atau minuman, begitu pula dengan tersedianya toilet dan area parkir.

Penginapan

Untuk kamu yang ingin menginap di daerah Malang, ada beberapa referensi penginapan yang dekat dengan Coban Nirwana, diantaranya :

  • Villa Asmara Hills jarak yang ditempuh dari Coban Nirwana yaitu sekitar 14,5 kilometer
  • LG Homestay sejauh 22,7 kilometer dari Coban Nirwana, dengan harga yang ditawarkan Rp. 150.000,- per malamnya.
  • Penginapan Pondok Wisata Berkah Alam sejauh 13,3 kilometer dari Coban Nirwana.
  • Hotel YNO Castle Kepanjen jarak dari Coban Nirwana sejauh 22,6 kilometer dengan kisaran harga Rp. 331.785,- per malamnya.

Kuliner Khas Malang

Untuk kamu yang akan atau sedang berkujung ke Malang, kamu wajib mencicipi beberapa kuliner khas berikut ini :

1. Sego Goreng Mawut

Sego berarti nasi sedangkan Mawut artinya berserakan atau berantakan. Jadi Sego Goreng Mawut merupakan nasi goreng yang berantakan tak berbentuk karena ditambahkan dengan mie goreng. Namun meskipun bentuknya berantakan, rasanya dijamin bikin kamu ketagihan. Jika kamu penasaran, kamu bisa mencarinya di kawasan Alun-Alun Malang.

Sego Goreng Mawut
Sego Goreng Mawut. Sumber : pekanbaru.tribunnews.com

2. Rawon

Rawon sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Rawon merupakan perpaduan antara daging dengan kuah yang berwarna hitam. Daging yang digunakan biasanya daging sapi. kuahnya berwarna hitam dikarenakan menggunakan bumbu kluwek. Sehingga tercipta rasa yang manis, gurih dan legit. Cocok banget untuk dimakan bersama dengan nasi hangat.

Rawon
Rawon. Sumber : www.masakapahariini.com

3. Orem-Orem

Orem-Orem merupakan kuliner khas Malang yang isinya irisan ketupat dicampur dengan daging ayam yang dimasak menggunakan kuah santan yang kental. Kuahnya mirip dengan kuah opor atau lodeh namunkuah Orem-Orem agak lebih kental lagi.

Orem-Orem
Orem-Orem. Sumber : malang.merdeka.com

4. Bakso Malang

Siapa yang tidak mengenal Bakso Malang, hampir di setiap penjuru Indonesia terdapat kedai Bakso Malang. Rasa baksonya yang khas ditambah padu padannya yang berbeda dengan bakso kebanyakan, itulah yang membuatnya banyak digemari bukan hanya oleh orang Malang saja.

Bakso Malang
Bakso Malang. Sumber : sweetrip.id/kuliner

5. Angsle

Angsle merupakan sejenis minuman yang mirip dengan sekoteng. Bedanya jika Angsle ditambah dengan ditambah petulo, putu mayang, tape singkog, bubur mutiara dan ketan putih kukus. Selain itu Angsle menggunakan kuah santan yang direbus dengan daun pandan ditambah dengan jahe. Cocok sekali untuk diminum malam hari ditemani udara sejuk Kota Malang.

Angsle Malang
Angsle Malang. Sumber : malang.merdeka.com

Tips Wisata

  • Menggunakan alas kaki yang nyaman, karena kamu akan melakukan treking yang cukup menantang.
  • Membawa bekal makanan dan minuman yang cukup untuk bekal kamu diperjalanan.
  • Berhati-hati dan selalu waspada saat bermain air.
  • Lebih baik datang disaat cuaca sedang cerah.
  • Jaga selalu kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Penutup

Banyak sekali air terjun yang masih alami di Indonesia, Coban Nirwana salah satunya. Coban ini belum banyak diketahui oleh orang banyak, sehingga keadaannya pun masih terjaga dengan baik.

Alangkah baiknya jika kamu ingin berkunjung ke Coban Nirwana, jaga dan lestarikan keindahannya supaya kita dapat terus menikmatinya sampai kapan pun. Siapkan foto terbaikmu saat mengunjungi Coban Nirwana, ya!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *