Harga Tiket Terbaru, Mitos Dan Legenda Curug Cijalu, Kesejukan Air Terjun Cipancar Subang

Harga Tiket Terbaru, Mitos Dan Legenda Curug Cijalu, Kesejukan Air Terjun Cipancar Subang


Subang secara geografis dibagi menjadi 3 wilayah, yakni wilayah selatan, tengah dan utara. Wilayah selatan terdiri atas dataran tinggi atau pegunungan, wilayah tengah terdiri dari dataran, sedangkan wilayah utara terdiri dari dataran rendah yang mengarah langsung ke Laut Jawa.

Subang
Subang. Sumber: www.tintahijau.com

Subang wilayah selatan sebagian besar berupa perkebunan, baik perkebunan negara maupun perkebunan rakyat, selain itu berupa hutan dan merupakan lokasi pariwisata.

Jika kamu pergi ke Subang jangan lewatkan untuk berekreasi menikmati keindahan alam Subang. Misalnya dengan mengunjungi Curug Cijalu, yang berada di kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang atau tepatnya di Desa Cipancar, Serangpanjang. Lokasinya berada di tapal batas barat-selatan antara Subang dan Purwakarta.

Curug Cijalu
Curug Cijalu. Sumber: www.youtube.com

Curug Cijalu mulai diresmikan dan dibuka untuk umum sejak tanggal 1 September tahun 1984. Sudah lama ternyata ya, simak lebih jauh ulasan mengenai Curug Cijalu berikut ini. Check this out!

Ragam wisata

Untuk menuju lokasi Curug Cijalu kamu harus berjalan kaki sejauh 300 meter dari tempat parkir, dengan trekking yang dibilang mudah meskipun jalannya masih berbatu dan berundak-undak. Meskipun begitu kamu akan disuguhi pemandangan yang luar biasa.

Trekking Curug Cijalu
Trekking Curug Cijalu. Sumber: www.jalanjalan.co

Curug Cijalu berada di kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang, maka tak heran jika udaranya sangat sejuk. Ketinggian Curug Cijalu sekitar 70 meter menjulang tinggi ke atas, dengan debit air yang tidak terlalu deras.

Keindahan Curug Cijalu
Keindahan Curug Cijalu. Sumber: www.aroengbinang.com

Air yang dijatuhkannya pun sangat jernih, segar dan bersih karena berasal dari mata air pegunungan. Di sekitar Curug Jalu terdapat kolam yang lumayan besar, yang bisa kamu gunakan untuk bermain air. Apa lagi ya, yang bisa kamu lakukan saat berada di Curug Cijalu?

Banyak ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di area Curug Cijalu, yakni:

1. Menikmati Curug Putri

Curug Putri terletak tidak jauh dari Curug Jalu, sekitar 100 meter jaraknya dari area parkir. Curug Putri memiliki ketinggian hanya 30 meter saja, dan memiliki aliran air yang tidak terlalu kencang. Di sekitarnya berhamburan bebatuan yang menghiasi kolam kecil Curug Putri.

Air yang dialirkannya sangat jernih dan segar, ditambah dengan disekitarnya terdapat pepohonan yang rindang. Sebagian masyarakat menyebut Curug Putri dengan sebutan Curug Cibuntu.

2. Bermain Air

Bermain air merupakan hal yang wajib kamu lakukan saat berkunjung ke air terjun atau curug. Aktivitas tersebut dapat kamu lakukan di Curug Putri ataupun di Curug Jalu. Keduanya memiliki aliran air yang jernih dan bersih.

Namun para pengunjung lebih memilih untuk bermain air di area Curug Cijalu, hal ini dikarenakan Curug Cijalu mempunyai kolam yang lebih lebar. Kolam Curug Cijalu memiliki kedalaman yang berbeda, semakin mendekati aliran air terjunnya, kedalamannya pun semakin dalam.

Bermain Aliran Air Curug Cijalu
Bermain Aliran Air Curug Cijalu. Sumber: jabar.tribunnews.com

Namun kedalaman kolamnya masih dalam batas aman, paling dalam hanya setinggi dada orang dewasa sedangkan yang paling dangkal setinggi mata kaki saja. Jika kamu membawa anak-anak harap awasi baik-baik, jangan sampai menuju kolam yang dalam.

Pastikan kamu kuat dengan udara dingin, karena keadaan air Curug Cijalu lumayan dingin dan bikin badan kamu menggigil. Namun rasanya segar sekali, menikmati kesejukan air pegunungan.

3. Spot Selfie

Sepanjang jalan setapak menuju Curug Cijalu, kamu akan menikmati rindangnya pepohonan dan hijaunya perkebunan teh. Hal tersebut dapat kamu abadikan menjadi sebuah foto atau video.

Tak lupa juga untuk mengabadikan keindahan Curug Cijalu maupun Curug Putrinya, berselfie dengan berlatarkan keindahan Curug Putri maupun Curug Cijalu merupakan hal yang wajib kamu lakukan.

Berswafoto dengan latar Curug Cijalu
Berswafoto dengan latar Curug Cijalu. Sumber: wisatalengkap.com

4. Camping

Di area Curug Cijalu juga menyediakan tempat untuk camping. Lokasinya yakni tak jauh dari pintu masuk atau sepanjang jalan menuju Curug Cijalu. Namun kamu tidak diperkenankan untuk mendirikan tenda di dekat tebing, karena terlalu berbahaya.

Camping di Area Curug Cijalu
Camping di Area Curug Cijalu. Sumber: ainifirdaus.com

Menikmati keindahan malam dengan hamparan pohon pinus dan pemandangan malam yang indah, diiringi nyanyian serangga dan burung yang silih bersahutan dihiasi udara yang sejuk dan dingin. Jika kamu ingin merasakan itu semua, kamu cukup membayar sebesar Rp. 20.500,- saja.

Mitos dan Legenda Curug Cijalu

Curug Cijalu dulunya bernama Curug Cikondang, namun dengan kedatangan seorang pendekar yang sakti mandraguna dan menetap di sana maka nama curug pun berubah menjadi Curug Cijalu. Curug artinya air terjun, Ci artinya air dan jalu artinya adalah laki-laki.

Di sekitar Curug Cijalu terdapat sebuah air terjun yang memiliki aliran air yang lebih kecil, biasa disebut Curug Putri. Orang-orang menggambarkan bahwa Curug Cijalu dan Curug Putri merupakan sepasang kekasih. Dimana Curug Cijalu sebagai laki-lakinya dan Curug Putri sebagai perempuannya.

Maka muncullah mitos bahwa barang siapa yang mandi disini jika dia belum mempunyai jodoh, maka akan segera bertemu dengan jodohnya. Untuk kamu yang jomblo wajib dicoba nih!

Apa pun cerita yang berkembang dan mitos yang beredar kita harus mengakui satu hal bahwa keindahan alam yang dihadirkan memang sungguh sangat luar biasa, yang layak untuk kita nikmati.

Lokasi Dan Alamat Curug Cijalu

Lokasi dan alamat Curug Cijalu terletak di Desa Cipancar, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, 41282.

Rute Menuju Curug Cijalu

Rute menuju Curug Cijalu jika kamu berangkat dari Subang, kamu akan melakukan perjalanan sejauh 37 kilometer. Untuk kamu yang berangkat dari Bandung kamu akan melakukan perjalanan sejauh 63 kilometer. Sedangkan dari Purwakarta sejauh 40 km, kamu harus melaju kendaraanmu ke arah selatan.

Setelah berada di Subang, kamu akan melewati Situ Wanayasa. Setelah itu di pertigaan jalan belok kiri melewati Alun-alun atau Pasar Wanayasa. Setelah berada di daerah Serangpanjang belok kanan. Sampailah kamu di gapura Curug Cijalu.

Setelah membayar tiket, kamu harus menyusuri jalan desa sejauh 3 km untuk menuju area parkir Curug Cijalu. Begitu mau mendekati Curug Cijalu, kamu akan disuguhi pemandangan pedesaan yang asri dan hamparan perkebunan teh menghijau.

Tiket Masuk Curug Cijalu

Tiket masuk Curug Cijalu dibedakan menjadi tiket orang dan tiket kendaraan, dengan rincian sebagai berikut:

Tiket masuk orang sebesar Rp. 17.500,- per orang

Tiket masuk kendaraan :

  • Untuk mobil Carry/mini                : Rp. 5.000,-
  • Untuk mobil truk/engkel              : Rp. 10.000,-
  • Untuk bus                                     : Rp. 15.000,-
  • Motor dengan 1 orang                 : Rp. 20.000,-
  • Motor dengan 2 orang                 : Rp. 35.000,-

Jam Operasional Curug Cijalu

Jam operasional Curug Cijalu dibuka setiap hari Senin sampai dengan hari Minggu mulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Fasilitas Curug Cijalu

Fasilitas Curug Cijalu sudah lengkap dengan adanya :

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Toko souvenir
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Camping Ground

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang akan mengunjungi Curug Cijalu:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah tidak mendung apalagi turun hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman, karena kamu akan berjalan menapaki jalanan yang berbatu.
  • Jangan lupa membawa baju ganti atau perlengkapan lainnya jika kamu mau bermain air Curug Cijalu.
  • Selalu jaga kebersihan dan keindahan lokasi Curug Cijalu.
  • Selalu awasi anak-anak saat bermain air.
  • Jika kamu mau bercamping di kawasan Curug Cijalu, jangan lupa untuk membawa baju hangat.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap momen yang tercipta.

Penutup

Keindahan air terjun selalu mempunyai daya tarik tersendiri, terlepas dari mitos atau legenda yang ada di lokasi tersebut. Curug Cijalu mempunyai cerita tersendiri tentang keberadaanya, namun keindahan Curug Cijalu mempunyai daya tarik tersendiri dibandingkan Curug yang lainnya.

Kita harus selalu menjaga dan merawat keindahan alam yang sudah Tuhan anugrahkan, dengan begitu kita dapat menikmatinya sampai kapan pun. Selamat menikmati keindahan alam Curug Cijalu. Jangan lupa siapkan foto terbaikmu, ya!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *