Curug Sentral Di Sukabumi, Review Tiket, Trekking Dan Ragam Wisata Lengkap

Curug Sentral Di Sukabumi, Review Tiket, Trekking Dan Ragam Wisata Lengkap


Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Ibukotanya ialah Pelabuhanratu. Dan merupakan Kabupaten terbesar kedua di Pulau Jawa, setelah Banyuwangi.

Sukabumi merupakan tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan weekend. Sukabumi masih memiliki keindahan alam yang sangat alami.

Salah satu tempat wisata yang dapat kamu kunjungi saat berada di Sukabumi ialah dengan mengunjungi Curug Sentral.

Curug Sentral ini terdiri dari 7 curug atau air terjun, serta memiliki keindahan alam yang masih asri dan indah yang sayang untuk kamu lewati.

Berikut ulasan lebih jauh mengenai Curug Sentral, check this out!

Trekking Menuju Curug Sentral

Untuk dapat menikmati Curug Sentral kamu harus melakukan trekking dengan berjalan kaki sejauh 500 meter. Namun jalan yang akan kamu lalui cenderung datar, kamu tidak akan menemukan tanjakan atau turunan yang curam.

Setelah melewati gapura selamat datang, kamu akan disuguhi pemandangan kebun teh yang terhampar luas, karena memang Curug Sentral berada di kawasan perkebunan teh Jayanegara. Selain itu kamu juga akan mendapati beberapa bunga yang warna-warni yang ikut mempercantik pemandangan.

Jalur yang akan kamu lalui masih berupa tanah dan bebatuan, namun masih aman. Beberapa belokan dan turunan pun akan kamu lalui.

Jalur Trekking Menuju Curug Sentral
Jalur Trekking Menuju Curug Sentral. Sumber: osc.medcom.id

Di tengah perjalanan terdapat pancuran air kecil, yang bisa kamu gunakan untuk sekedar membasuh wajah atau mencuci tangan.

Sesekali kamu akan bertemu dengan beberapa monyet liar, waspadalah jika kamu membawa makanan. Karena monyet liar tersebut akan mengambil paksa makanan yang kamu pegang.

Mendekati lokasi Curug Sentral kamu akan menemukan beberapa gazebo dan warung-warung makanan, kemudian tak jauh dari sana kamu harus menyebrangi sebuah jembatan yang terbuat dari bambu.

Setelah melewati jembatan kamu akan melihat papan petunjuk yang memberitahu arah Curug 1 dan Curug 2 yang lokasinya memang tak berjauhan.

Jalur semakin dekat Curug Sentral 1 ditandai dengan kamu harus menaiki beberapa anak tangga yang masih alami kemudian menyusuri sungai yang dipenuhi bebatuan yang besar. Sungai tersebut akan menuntunmu lebih dekat dengan Curug Sentral 1.

Bersama Kita Jaga Keindahan Curug Sentral
Bersama Kita Jaga Keindahan Curug Sentral. Sumber: kabin86.blogspot.com

Jika kamu ingin melanjutkan perjalanan menuju Curug Sentral 2, siapkan fisik kamu karena kamu akan melanjutkan perjalanan sejauh 200 meter dengan medan yang lumayan menantang.

Untuk sampai lokasi Curug Sentral 2 kamu harus menapaki jalan yang menanjak kemudian menurun yang agak sedikit berbeda dari sebelumnya.

Kemudian kamu harus menaiki beberapa anak tangga yang cukup curam dan sempit. Terdapat pegangan disamping untuk membuat kamu lebih seimbang.

Setelahnya kamu harus menapaki jalan setapak yang kecil ditengah rindangnya pepohonan, kemudian sampailah kamu di Curug Sentral 2.

Pesona Keindahan Curug Sentral

Asal mula penamaan Curug Sentral ialah terjadi pada waktu Pemerintahan Belanda yang sempat mendirikan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) di daerah tersebut.

PLTA tersebut sering disebut sentral, sehingga curug yang berada di lokasi ini pun disebut dengan Curug Sentral.

Curug Sentral sebenarnya ada 7 buah, semuanya bernama Curug Sentral yang membedakan adalah penomoran dibelakangnya. Yakni Curug Sentral 1 sampai dengan Curug Sentral 7.

Curug Sentral 1
Curug Sentral 1. Sumber: www.rodapetualang.com

Ketinggian Curug Sentral 1 sekitar 15 meter, sedangkan ketinggian Curug Sentral 2 lebih rendah namun memiliki kolam yang lebih lebar.

Curug Sentral 2
Curug Sentral 2. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Aliran air keduanya cukup deras, dan memiliki air yang sangat jernih serta bersih. Kedua curug tersebut berada di tengah rindangnya pepohonan sehingga menambah sejuknya suasana.

Kamu dapat menghirup oksigen yang lebih bersih, dan ketenangan jiwa pun akan kamu dapatkan. Menghindari sejenak dari rutinitas sehari-hari, dan menikmati alam dengan sempurna.

Ragam wisata Curug Sentral

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di Curug Sentral diantaranya:

1. Berenang

Kegiatan berenang bisa kamu lakukan ketika kamu berada di Curug Sentral 2 karena memiliki kolam yang lebih lebar. Namun kamu harus hati-hati karena debit air yang dicurahkan cukup deras.

Merasakan kesegaran air pegunungan ditambah kamu bisa melihat ke dasar kolam saking jernihnya air yang mengalir.

Menikmati Keindahan Curug Sentral
Menikmati Keindahan Curug Sentral. Sumber: dika-adriani.blogspot.com

2. Bermain Air

Bermain air merupakan kegiatan aman yang dapat kamu lakukan bersama keluarga tercinta. Sembari duduk-duduk diantara aliran sungainya, menikmati sejuknya air yang mengalir.

Bermain air Curug Sentral
Bermain air Curug Sentral. Sumber: pakuanpos.com

3. Berfoto

Ragam wisata yang harus kamu lakukan selanjutnya yakni berfoto bersama keindahan alam yang diberikan Curug Sentral. Keasrian alamnya harus kamu abadikan menjadi sebuah foto atau video.

Berfoto Bersama Keindahan Curug Sentral 1

Berfoto Bersama Keindahan Curug Sentral 1. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Berfoto Bersama Keindahan Curug Sentral 2
Berfoto Bersama Keindahan Curug Sentral 2. Sumber: www.cyber88.co.id

4. Camping

Kamupun dapat melakukan kegiatan camping di area Curug Sentral. Menikmati keindahan alam Curug Sentral di malam hari, dengan diiringi deburan airnya sepanjang malam.

Area Camping
Area Camping. Sumber: osc.medcom.id

Menikmati dinginnya udara sembari mendengarkan suara serangga yang silih bersahutan. Yang akan kamu lihat saat membuka mata di pagi hari ialah hamparan keindahan alam yang akan jarang kamu saksikan.

5. Prawedding

Kamu pun dapat melakukan foto Prawedding di area Curug Sentral, berfoto diantara indahnya hamparan kebun teh atau dengan keindahan Curug Sentral.

Lokasi Dan Alamat Curug Sentral

Lokasi Curug Sentral dekat dengan Cevron Geothermal Salak ltd.

Tepatnya berada di alamat Kampung Jayanegara RT 01 RW 01 Desa Jayanegara Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Sentral

Rute menuju Curug Sentral jika kamu bergerak dari arah Bogor atau Jakarta, kamu bisa melajukan kendaraanmu menuju ke arah Ciawi kemudian lanjutkan menuju arah Sukabumi.

Dari Ciawi kamu arahkan menuju Rancamaya kemudian ke arah Cikereteg lalu menuju Ciherang setelah itu menuju Cimande kemudian Caringin sampailah kamu di Lido. Setelah itu lanjutkan perjalananmu menuju Cigombong menuju Cicurug lalu Parungkuda.

Di Parungkuda belokkan kendaraanmu menuju ke kanan melewati Stasiun Parungkuda kemudian menuju Pakuwon. Kamu akan menemukan sebuah mini market lalu belok ke kiri untuk menuju Bojonggenteng kemudian menuju Kalapanunggal lalu Kabandungan dan sampailah kamu di Desa Jayanegara.

Tiket Masuk Curug Sentral

Tiket menuju Curug Sentral terpampang dalam sebuah papan pengumuman

  • Tiket Masuk                : Rp. 5.000/orang
  • Tiket Parkir Motor      : Rp. 2.000/unitnya
  • Tiket Parkir Mobil       : Rp. 10.000/unitnya
  • Camping                     : Rp. 50.000/tenda
  • Prewedding                : Rp. 250.000

Jam Operasional Curug Sentral

Jam operasional Curug Sentral dibuka setiap hari dari Pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 wib.

Fasilitas Curug Sentral

Fasilitas yang tersedia di Curug Sentral sudah dibilang lengkap, ditandai dengan tersedianya:

  • Area parkir mobil dan motor
  • Mushola
  • Kamar mandi umum
  • Gazebo
  • Warung-warung makanan dan minuman

Tips Wisata

Berikut beberapa tips wisata untuk kamu yang akan mengunjungi Curug Sentral Sukabumi, diantaranya:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi sedang turun hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan kaki.
  • Bawalah makanan dan minuman seperlunya saja.
  • Jangan menunjukkan makanan ketika melihat monyet.
  • Berhati-hatilah saat menapaki bebatuan disekitar Curug Sentral karena banyak ditumbuhi lumut sehingga akan licin.
  • Hindari untuk berada langsung dibawah curahan air Curugnya karena alirannya sangat deras, dan tidak aman jika kamu berada tepat dibawahnya.
  • Selalu jaga kebersihan area Curug Sentral
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap momen yang terjadi di Curug Sentral.

Penutup

Keindahan sebuah air terjun atau curug selalu menjadi daya tarik tersendiri, sekalipun jalur menujunya terkadang tidak mudah.

Curug Sentral yang masih alami dan asri berkolaborasi dengan penataan yang dilakukan oleh pengelola membuat lokasi wisata ini selalu ramai dikunjungi para pengunjung.

Kamu harus mengunjungi Curug Sentral jika sedang berada di Sukabumi, dan nikmatilah berbagai macam air terjun atau curug yang memiliki karakteristik masing-masing.

Jangan lupa untuk menyiapkan foto terbaikmu saat berada di Curug Sentral, ya!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *