Curug Ngumpet, Mengenal Lebih Dalam, Misteri, Akses Jalan, Tiket Masuk, Dan Ragam Wisata

Curug Ngumpet, Mengenal Lebih Dalam, Misteri, Akses Jalan, Tiket Masuk, Dan Ragam Wisata


Taman Nasional Gunung Halimun Salak merupakan kawasan konservasi seluas 113.357 hektar dengan lingkup wilayah yang bergunung-gunung.

Gapura Selamat Datang TNGHS
Gapura Selamat Datang TNGHS. Sumber: highlandcamp.co.id

Ternyata di kawasan tersebut bukan hanya terdapat flora dan fauna saja, tetapi terdapat juga destinasi wisata alam yang sangat layak untuk dikunjungi. Salah-satunya Curug Ngumpet.

Curug Ngumpet terdapat di dua lokasi namun masih dalam satu kawasan yang sama. Orang – orang sering menyebutnya dengan Curug Ngumpet 1, dan Curug Ngumpet 2. Dan Curug Ngumpet 2 disebut juga dengan Curug Kondang.

Untuk lebih lengkapnya, kita simak ulasan berikut ini!

Tracking Menuju Curug Ngumpet

Akses jalan menuju Curug Ngumpet dari Desa Gunungsari bisa dilalui oleh kendaraan jenis roda dua ataupun roda empat. Kondisi jalanya sudah bagus, disertai dengan pemandangan alam pesawahan dan pegunungan.

Setelah memasuki pintu gerbang utama Taman Nasional Gunung Halimun Salak, para pengunjung akan disajikan panorama alam yang begitu indah berupa hutan rindang, serta deretan pohon pinus.

Kondisi jalannya sudah bagus, dengan lapisan aspal, dan jalanya sedikit berkelok. Serta selama di perjalanan, kesejukan udara khas pegunungan menjadi sajian alam selanjutnya.

Curug Ngumpet 1, dan Curug Ngumpet 2, memiliki lokasi parkir yang sudah memadai serta dengan petugas keamanan yang siap menjaga kemanan kendaraan para wisatawan.

Baik di Curug Ngumpet 1, dan Curug Ngumpet 2 trackingnya hampir sama. Setelah sampai di lokasi parkiran, para pengunjung harus menyusuri jalur yang hanya bisa dilalui dengan cara berjalan kaki, dan lokasi air terjunnya tidak jauh dari lokasi parkiran.

Tracking Curug Ngumpet
Tracking Curug Ngumpet. Sumber: id.wikipedia.org

Trackingnya berupa susunan batu yang rapih, terdapat tangga untuk mempermudah perjalanan saat menanjak, serta terdapat pagar besi pembatas di sepanjang jalur.

Trackingnya sangat leluasa, serta aman untuk dilalui selama tidak melanggar protokol kemanan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola.

Pesona Keindahan Curug Ngumpet

Asal mula penamaan atau sejarah penamaan Curug Ngumpet dikarenakan posisi air terjunnya yang “ngumpet” berada di balik tebig-tebing pegunungan.

Curug Ngumpet memiliki air yang jernih, namun memiliki arus jatuh pada palung yang kuat. Sehingga pusaran air di palung atau kolam tepat air terjun jatuh, menjadi lokasi yang dilarang untuk melakukan aktivitas berenang.

Curug Ngumpet memiliki ketinggian sekitar 45 meter, serta di ke dua sisinya berupa tanaman hutan, serta pepohonan yang menjadikan lokasi curug menjadi lembab.

Curug Ngumpet 1
Curug Ngumpet 1. Sumber: info.pikiran-rakyat.com

Perbedaan Curug Ngumpet 1 dengan Curug Ngumpet 2 terletak di sisi kedalamannya saja. Curug Ngumpet 2 memiliki kedalaman sekitar 4-6 meter.

Curug Ngumpet 2
Curug Ngumpet 2. Sumber: id.wikipedia.org

Di Curug Ngumpet terdapat tali yang membentang di atas kolam sebagai bentuk penegasan bahwa batas tersebut tidak boleh dilewati oleh para wisatawan.

Ragam Aktivitas Di Curug Ngumpet

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung saat berada di lokasi wisata Curug Ngumpet, yaitu :

1. Bermain air

Tak lengkap rasanya mengunjungi sebuah lokasi air terjun tanpa bermain air. di Curug Ngumpet, para traveler bisa bermain air, namun tetap tidak melewati batas yang sudah ditetapkan.

Menikmati Air Curug Ngumpet
Menikmati Air Curug Ngumpet. Sumber: www.youtube.com

2. Camping

Terdapat area camping ground dekat dengan lokasi curug. Namun bagi yang hendak melakukan aktivitas ini, jangan lupa untuk membawa jaket. Karena udara malam menuju pagi sangat dingin sekali.

Camping Ground Curug Ngumpet
Camping Ground Curug Ngumpet. Sumber: travelspromo.com

3. Outbound

Lokasi wisata Curug Ngumpet merupakan lokasi wisata yang cocok sebagai destinasi wisata alam, wisata edukasi dan wisata keluarga. Apalagi di lokasi tersebut terdapat area outbound, sudah pasti keseruannya semakin bertambah.

4. Hunting Foto

Mencari lokasi atau spot foto dengan latar pemandangan alam yang sangat indah? Maka Curug Ngumpet menjadi lokasi yang sangat recommended untuk dikunjungi.

Berfoto Dengan Latar Curug Ngumpet
Berfoto Dengan Latar Curug Ngumpet. Sumber: www.yukpiknik.com

Misteri Curug Ngumpet

Di balik keindahan Curug Ngumpet, ternyata terdapat sebuah misteri atau kisah mistis. Misteri tersebut tepatnya berada di Curug Kondang atau Curug Ngumpet 2.

Menurut sesepuh setempat, serta dari pihak pengelola bahwa pernah ada pengunjung wanita yang berasal dari Bandung yang datang ke lokasi Curug Ngumpet 2.

Namun setelah sampai di lokasi, apa yang  terlihat di mata perempuan tersebut bukannya sebuah curug, namun yang terlihat hanyalah sebuah keraton dan kujang.

Bukan hanya itu saja, ternyata beberapa pengunjung lainnya pernah melihat sosok wanita berada di lokasi curug dengan menggunakan pakaian pengantin.

Dan menurut beberapa sumber, lokasi curug memang dijaga oleh sosok wanita cantik, namun bentuk badannya menyerupai ular.

Lokasi Dan Alamat Curug Ngumpet

Alamat Curug Ngumpet berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Adapun lokasi Curug Ngumpet berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor.

Rute Atau Akses Jalan Menuju Curug Ngumpet

Cara atau akses jalan menuju Curug Ngumpet dapat dilalui melalui jalur :

  • Akses Jalan Pertama, dari Cibungbulang – Pamijahan – Salak Endah
  • Akses Jalan Ke Dua, dari Cikampak – Salak Endah
  • Akses Jalan Ke Tiga, dari Cibatok – Salak Endah
  • Akses Jalan Ke Empat, dari Taman Sari – Gunung Bunder – Salak Endah

Jika dari terminal Baranangsiang menuju lokasi Curug Ngumpet berjarak sekitar 54 kilometer. Adapun waktu tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Curug Ngumpet

Harga tiket masuk Curug Ngumpet adalah :

  • Harga tiket masuk gerbang utama            : Rp. 15.000 per orang
  • Harga tiket masuk Curug Ngumpet 1       : Rp. 10.000 per orang
  • Harga tiket masuk Curug Ngumpet 2       : Rp. 10.000per orang

Jam Operasional Curug Ngumpet

Jam operasional Curug Ngumpet buka dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 16.00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Sekitar Curug Ngumpet

Terdapat penginapan di sekitar lokasi Curug Ngumpet dengan sajian view alam yang sangat indah. Harga yang ditawarkan beragam, tergantung jenis penginapan serta fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Tips Wisata

Bagi kalian yang berencana menghabiskan waktu liburan di kawasan Curug Ngumpet, maka inilah tips wisatanya :

  • Berwisatalah saat kondisi cuaca mendukung. Karena jika di musim hujan, tentu saja sulit menikmati seluruh spot yang tersaji di sana.
  • Bawalah baju ganti, karena di sana kalian akan tergoda untuk bermain air.
  • Jangan melanggar batas keamanan yang sudah ditentukan, baik di Curug Ngumpet 1, dan Curug Ngumpet 2. Terutama dilarang berenang mendekati palung tepat air terjun jatuh ke dasar kolam.
  • Segera naik dari kolam jika hujan lebat atau jika ada petir.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, dan jangan merusak ekosistem, serta fasilitas yang sudah ada di sana.
  • Selalu patuhi protokol keamanan dan kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola dan pihak pemerintah.
  • Dilarang berbuat asusila

Penutup

Pernah terjadi kasus meninggalnya seorang pengunjung yang datang ke lokasi Curug Ngumpet. Korban meninggal karena tersedot oleh pusaran air tepat di air terjun jatuh ke dasar kolam.

Berdasarkan hal tersebut, semoga para pengunjung bisa mengambil hikmah untuk selalu menjaga keamanan dan kenyamanan dalam berwisata.

Meskipun demikian, keindahan Curug Ngumpet tetap memikat hati para wisatawan untuk berkunjung ke sana. Ingatlah, alam mempunyai karakter dan kekuatan yang sulit diterka.

Selamat berlibur….



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *