Curug Leuwi Bumi, Trekking Menegangkan Dengan Hamparan Keindahan Alam Pandeglang

Curug Leuwi Bumi, Trekking Menegangkan Dengan Hamparan Keindahan Alam Pandeglang


Di pelosok perbatasan antara Kabupaten Pandeglang dengan Serang terdapat sebuah tempat wisata yang saat sedang hits dan ramai dikunjungi para wisatawan.

Tempat wisata ini baru dibuka pada Bulan Januari tahun 2018 lalu, jadi baru berjalan sekitar 2 tahun lamanya. Sejak bulan pertengahan bulan Maret 2020, tempat wisata ini ditutuo sementara akibat pandemi Corona Virus 19 yang melanda Indonesia.

Dulunya tempat wisata ini berupa hutan yang sangat lebat dengan banyaknya pohon-pohon raksasa yang menutupi aliran sungai.

Namun dengan hasil swadaya masyarakat, akhirnya tempat ini dapat berubah menjadi lokasi wisata dengan beragam kegiatan wisata yang dapat dilakukan.

Objek wisata ini bernama Turalak Leuwi Bumi atau Curug Leuwi Bumi. Berikut ulasan lebih jauh mengenai Curug Leuwi Bumi, check this out!

Trekking Menuju Leuwi Bumi

Untuk dapat menikmati Leuwi Bumi kamu harus melakukan perjalanan yang cukup menantang dan sangat tidak mudah.

Diawali dengan jalur kendaraan yang sangat tidak baik-baik saja, hehehe. Jalan menuju Curug Leuwi Hejo masih berupa bebatuan dan tanah liat, dipastikan jika musim hujan tiba betapa licinnya jalur tersebut.

Selain itu kamu akan dibawa melewati tanjakan yang curam ditambah terjalnya medan, pastikan kondisi kendaraan mu sangat baik.

Banyak pengunjung yang memarkirkan kendaraannya lebih awal di rumah-rumah warga dikarenakan medannya yang membuat nyali menciut,

Jika kamu masih tangguh dan bernyali untuk melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotormu, kamu akan melewati jalan setapak yang menyusuri sawah.

Jalannya sangat kecil dan licin serta berkelok-kelok, namun pemandangan yang disajikan sangat memanjakan mata.

Papan Pengumuman Kawasan Wisata Curug Leuwi Bumi
Papan Pengumuman Kawasan Wisata Curug Leuwi Bumi. Sumber: faktabanten.co.id

Pesona Keindahan Curug Leuwi Bumi

Curug Leuwi Bumi mengusung konsep Agro Ekowisata, dimana bukan hanya keindahan Curugnya saja yang ditonjolkan, namun perkebunan swadaya masyarakat pun dihadirkan.

Air terjun Curug Leuwi Bumi sendiri memiliki tinggi sekitar 2-3 meter, tidak terlalu tinggi memang, namun aliran airnya yang menyebar dibeberapa aliran sungai dengan memiliki beberapa kolam sungguh sangat cantik dan indah.

Landscape Curug Leuwi Bumi
Landscape Curug Leuwi Bumi. Sumber: wisato.id

Air yang dialirkan Curug Leuwi Bumi ini sangat jernih dan bersih, sangat menyegarkan. Melihat aliran air yang mengalir dari satu kolam menuju kolam lainnya.

Ditemani dengan asrinya pemandangan sekitar serta sujuknya udara, kamu duduk-duduk memandangi keindahan alam sekitar dengan menikmati kelapa muda.

Keindahan Alam Curug Leuwi Bumi
Keindahan Alam Curug Leuwi Bumi. Sumber: bantenhits.com

Kepenatan saat perjalanan menuju lokasi terbayar sudah dengan keindahan yang tersaji. Hamparan alamnya mampu meruntuhkan rasa lelah di perjalanan.

Ragam wisata Curug Leuwi Bumi

Saat kamu mengunjungi Curug Leuwi Bumi ini, kamu akan dapat menikmati beberapa ragam wisata yang seru dan menyenangkan, diantaranya:

1. Berenang

Salah satu cara menikmati air yang paling dinanti ialah dengan berenang menikmati segarnya air Curug Leuwi Hejo. Meskipun kamu jago berenang, alangkah baiknya jika tetap menggunakan pelampung, supaya lebih savety karena kedalaman kolamnya ada yang mencapai 15 meter.

Curug Leuwi Bumi
Curug Leuwi Bumi. Sumber: bingar.id

Namun ada juga kolam yang kedalamannya hanya sepinggang sampai sedada orang dewasa. Pas banget untuk kamu yang belum mahir berenang.

Menikmati Kesegaran Curug Leuwi Bumi
Menikmati Kesegaran Curug Leuwi Bumi. Sumber: www.raddien.com

2. Bermain Air

Bermain-main di air memang merupakan kegiatan yang sangat menarik dan menyenangkan. Jika kamu ngga bisa berenang kamu masih tetap bisa menikmati kesegaran air Curug Leuwi Bumi dengan duduk di sebuah batu sambil merendam kakimu ke aliran sungainya.

Bermain Air di Aliran Air Sungai
Bermain Air di Aliran Air Sungai. Sumber: faktabanten.co.id

Merasakan kesegaran airnya membasuh kakimu, yang telah lelah menyusuri jalan untuk sampai menuju Curug Leuwi Bumi ini.

3. Melompat dari Ketinggian

Kegiatan lain yang dapat kamu lakukan ialah mencoba melompat dari ketinggian, bisa dari sebuah tebing batu yang berada disamping kolam.

Melompat dari Ketinggian
Melompat dari Ketinggian. Sumber: bantenraya.com

Jika kamu inginkan lompatan yang lebih menantang, kamu dapat menaiki sebuah jembatan bambu yang terletak didepan kolam. Sungguh tinggi dan menegangkan, jika kamu takut lebih baik urungkan niatmu.

4. Outbound

Outbound merupakan kegiatan fisik yang akan mengasah ketangkasan serta kemandirian kamu. Kegiatan tersebut dapat kamu lakukan saat berada di Curug Leuwi Bumi.

5. Menyusuri Sungai

Curug Leuwi Bumi memiliki aliran air sungai yang panjang untuk kamu jelajahi, kamu dapat meyusuri keindahan dan kejernihan air sungainya.

Menyusuri Sungai Curug Leuwi Bumi
Menyusuri Sungai Curug Leuwi Bumi. Sumber: seringjalan.com

6. Spot Foto

Banyak sekali spot menarik untuk berfoto saat berada di Curug Leuwi Bumi ini, hamparan keindahan alamnya pantas untuk kamu abadikan.

Lokasi Dan Alamat Curug Leuwi Bumi

Lokasi Curug Leuwi Bumi berada di kawasan Gunung Jengjin, Pandeglang.

Alamat lengkapnya ialah terletak di Kampung Turalak, Desa Ramea, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Rute Menuju Curug Leuwi Bumi

Untuk menuju Curug Leuwi Bumi ini, saya sarankan dengan menggunakan sepeda motor. Karena medan yang akan kamu lalui tidak cocok untuk kendaraan roda empat.

Bisa saja dilewati kendaraan mobil, namun sayang mobilnya hehehe,,,,,

Rute yang harus kamu tempuh jika dari Jl. Raya Kecamatan Mandalawangi, Pandeglang, untuk menuju lokasi Curug Leuwi Bumi dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dengan menggunakan roda dua.

Dari Mandalawangi kamu harus melajukan kendaraanmu mengarah ke SPN setelah itu menuju Curug Lemo kemudian tiba di Desa Cikumbueun melanjutkan perjalanan menuju Desa Ramea kemudian Kampung Turalak.

Tiket Curug Leuwi Bumi

  • Untuk tiket masuk kamu hanya cukup membayar sebesar Rp. 10.000,- per orangnya.
  • Sedangkan untuk tiket parkir dengan membayar Rp. 3.000,- per unitnya
  • Untuk penyewaan ban dan pelampung sebesar Rp. 5.000,- ¬†per satuannya
  • Untuk tiket mengadakan kegiatan camping kamu harus membayar Rp. 20.000,- per orangnya
  • Sedangkan untuk yang ingin menyewa tendanya sebesar Rp. 50.000,- per malam

Jam Operasional Curug Leuwi Bumi

Kamu dapat menikmati kesegaran air Curug Leuwi Hejo ini setiap hari dan akan dibuka selama 24 jam nonstop.

Namun, mengingat kondisi jalan yang tidak begitu mulus, waktu yang tepat untuk berkunjung disana ialah ketika matahari masih bersinar dan menerangi jalan.

Fasilitas Curug Leuwi Bumi

Untuk fasilitas yang tersedia di area Curug Leuwi Bumi ini kamu jangan khawatir karena sudah lengkap, yakni dengan adanya:

  • Kamar mandi
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Area parkir
  • Kebun-kebun warga
  • Tempat penyewaan ban dan pelampung

Penginapan Curug Leuwi Bumi

Untuk kamu yang ingin menikmati lebih lama keindahan alam yang masih sangat alami di Curug Bumi ini, jangan khawatir karena di sekitar area Curug Leuwi Bumi terdapat beberapa saung yang digunakan sebagai penginapan.

Harga yang ditawarkannya pun sangat murah, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp. 75.000,-/orang per malamnya. Kamu akan menikmati malam dengan ditemani suara deburan air, selain itu kamu juga akan ditemani dengan suara serangga sepanjang malam.

Tips Wisata

Ada beberapa tips wisata yang ingin saya sampaikan untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Leuwi Bumi, yakni:

  • Pastikan keadaan cuaca bagus ya, tidak mendung apalagi sedang hujan.
  • Berkunjung ke Curug Leuwi Bumi penuh dengan petualangan, maka kurang pas jika membawa serta anak-anak.
  • Kondisi kendaraanmu harus benar-benar prima.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan aman.
  • Selalu waspada dan hati-hati saat mengeksplor Curug Leuwi Bumi.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Leuwi Bumi.
  • Hindarilah hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan dan momen yang tercipta di area Curug Leuwi Bumi.

Penutup

Curug Leuwi Bumi menawarkan kamu berbagai aktivitas yang dapat menguji adrenalin, para pencinta travelling pasti akan sangat menikmatinya.

Menikmati keindahan Curug Leuwi Bumi yang sangat luar biasa, ditambah dengan banyaknya ragam wisata yang dapat dilakukan merupakan hal yang sangat seru untuk dilakukan.

Datang dan rasakan sendiri sensasi yang dapat kamu nikmati di Curug Leuwi Bumi. Jangan lupa siapkan foto terbaikmu saat berada di Curug Leuwi Bumi, ya!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *