Curug Landung Dan Jurang Landung Palutungan Kuningan, Spot Selfie Yang Keren

Curug Landung Dan Jurang Landung Palutungan Kuningan, Spot Selfie Yang Keren

Edisi kali ini masih tentang seputar keindahan yang berada di kaki Gunung Ceremai yang berada di Kabupaten Kuningan.

Jika edisi sebelumnya tentang Curug Peuteuy yang berada di Kabupaten Majalengka, maka sekarang kita akan membahas tentang curug yang sangat indah yang berada di Kabupaten Kuningan.

Nama Curug tersebut adalah Curug Landung yang berada di Palutungan Kuningan. Namun sebelum masuk ke pembahasan inti curug tersebut, saya ingin sedikit membahas tentang Gunung Ceremai.

Curug Landung Palutungan Kuningan
Curug Landung Palutungan Kuningan. Sumber : promoliburan.com

Gunung Ceremai sebagai gunung tertinggi yang ada di Jawa Barat memiliki posisi yang diapit oleh dua kabupaten, yaitu Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan.

Gunung ini sering disebut dengan nama Gunung Ciremai. Dihimpun dari berbagai sumber padahal kata atau nama yang tepat adalah Gunung Ceremai.

Oke, kita langsung saja melihat keindahan Curug Landung Palutungan Kuningan.

Sejarah Nama Curug Landung Palutungan Kuningan

Nama Curug Landung berasal dari bahasa sunda, Curug berasal dari dua suku kata yaitu “Cur” yang berarti cai atau air, dan kata “Rugu” yang artinya ngocor atau mengalir.

Sedangkan kata “Landung” yang berarti panjang atau tinggi. Jadi Curug Landung adalah air yang mengalir dari sebuah ketinggian.

Curug landung memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan menjadi salah-satu curug atau air terjun yang tinggi di Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Sejarah Nama Curug Landung Karena Tingginya Curug Landung
Sejarah Nama Curug Landung Karena Tingginya Curug Landung. Sumber : seringjalan.com

Pesona Keindahan, Dan Ragam Aktivitas Di Curug Landung Palutungan Kuningan

Kebanyakan orang-orang jika ditanya pendapatnya mengenai wisata ke air tejun selalu saja pertanyaan awalnya tentang kondisi jalur menuju lokasi utama.

Jalur menuju Curug Landung Palutungan Kuningan sudah sangat bagus dan letaknya dekat dengan lokasi parkiran, sehingga kalian tidak perlu bersusah payah menuju lokasi utama.

Jalur Menuju Curug Landung
Jalur Menuju Curug Landung. Sumber : www.dakatour.com

Kelebihan dari Curug Landung Palutungan Kuningan ini selain jalurnya yang sudah tertata baik, namun juga dipenuhi dengan spot foto yang sangat menarik, unik, dan Instagrammable.

Jalur Yang Dipenuhi Spot Menarik
Jalur Yang Dipenuhi Spot Menarik. Sumber : www.youtube.com

Dan lokasi spot tersebut bernama Jurang Landung, yang lokasinya berada dekat dengan lokasi curug dan masih dalam satu kawasan.

Kalian harus tetap berhati-hati ya saat hunting foto, jangan sampai terpeleset. Dan inilah beberapa spot menarik yang ada di lokasi wisata Curug Landung Palutungan Kuningan:

1. Permadani

Spot foto yang pertama adalah permadani. Sensasi berfose di spot ini adalah melayang di udara dengan menaiki sebuah permadani layaknya film Aladdin.

Spot Permadani
Spot Permadani. Sumber : travelspromo.com

2. Sepeda Terbang

Wahana sepeda terbang adalah wahana favorit para pengunjung. Dimana para pengunjung akan naik sebuah roda tunggal raksasa yang melekat di rel, dan kemudinya berada di tengah roda tersebut.

Untuk naik wahana ini para pengunjung dikenakan biaya lanjutan sebesar Rp. 25.000. Saat roda tersebut berjalan, maka adrenalin mulai terpacu, dan sepeda terbang mulai menyusuri rel di sekitar kawasan curug.

Spot Sepeda Terbang Atau Spy Bike
Spot Sepeda Terbang Atau Spy Bike. Sumber : www.wisataoke.com

3. Balon Udara

Spot selanjutnya yang sangat menarik perhatian para pengunjung adalah Balon Udara. Dan spot ini merupakan salah-satu ciri dari Curug Landung.

Rasakan sensasinya…. Dan nikmati pemandangannya.

Spot Balon Udara
Spot Balon Udara. Sumber : www.kompasiana.com

Sebetulnya masih banyak spot lain yang bisa dinikmati oleh para pengunjung, seperti :

  • Ayunan Terbang
  • Gardu Pandang
  • Sarang Burung
  • Tower Bambu
  • Rumah Hobbit

Gagasan besar dari objek wisata Curug Landung adalah kolaborasi keindahan alam yang masih asri yang berpadu dengan ragam wisata yang bersifat kekinian.

Curug Dan Jurang Landung Menyajikan Wisata Kekinian
Curug Dan Jurang Landung Menyajikan Wisata Kekinian. Sumber : twitter.com

Secara keseluruhan area wisata ini dipenuhi dengan warna – warni yang sangat memanjakan mata pengunjung. Salah-satunya jembatan warna yang dekat dengan lokasi curug.

Curug Landung memiliki telaga dan sungai yang tenang, dengan kondisi air dan udara yang sangat sejuk. Keberadaan tebing, serta hijaunya pepohonan kian memberikan kesempurnaan keindahan alam.

Jurang Landung

Bagi yang masih bingung antara Curug Landung dengan Jurang Landung, maka inilah penjelsan singkatnya.

Kedua lokasi tersebut masih dalam satu kawasan yang sangat berdekatan, hanya saja lokasi Jurang landung menonjolkan spot foto serta wahana kekinian yang bisa dinikmati oleh parawisatawan, seperti wahana yang telah disebutkan di atas.

Jurang Landung pada awalnya bernama Gardu Action, kemudian menjadi Jurang Landung. Sebuah area tebing di pinggiran Curug Landung, dengan pemandangan alam yang sangat mempesona.

Spot Menarik Di Curug Dan Jurang Landung
Spot Menarik Di Curug Dan Jurang Landung. Sumber : kuningandistrict.blogspot.com

Mitos, Misteri, Dan Cerita Di Curug Landung Palutungan Kuningan

Curug Landung Palutungan Kuningan merupakan lokasi pemandian dua sejoli Putri Hollan William Sie yang menikah dengan kekasihnya.

Lokasi dimandikannya dua sejoli tersebut di Curug Landung dimaksudkan supaya pernikahannya langgeng, dilancarkan rezekinya, serta diberikan sebuah kedudukan yang tinggi dan terhormat.

Berdasarkan cerita tersebut, lokasi Curug Landung Palutungan Kuningan selain menjadi destinasi wisata, namun juga dijadikan tujuan mencari keberkahan serta melanggengkan pernikahan dengan cara mandi di lokasi Curug Landung.

Air dari Curug Landung juga dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, termasuk gangguan kejiwaan.

Cerita Dua Sejoli Yang Melegenda Di Curug Landung
Cerita Dua Sejoli Yang Melegenda Di Curug Landung. Sumber : www.dakatour.com

Fasilitas Di Curug Landung Palutungan Kuningan

Fasilitas di Fasilitas Di Curug Landung Palutungan Kuningan sudah cukup memadai serta memenuhi kebutuhan dasar para pengunjung, diantaranya :

  • Area parkir
  • Mushola
  • WC
  • Warung atau Kantin
  • Gazebo

Lokasi Dan Alamat Curug Landung Palutungan Kuningan

Lokasi dan alamat Curug Landung berada di Jalan Pejambon – Sagara Hiang, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

Rute Atau Jalan Menuju Curug Landung Palutungan Kuningan

Rute atau jalan menuju Curug Landung melalui Kabupaten Kuningan dapat ditempuh sekitar  30 menit perjalanan, karena jarak dari Kuningan menuju lokasi wisata Curug Landung sekitar 9 kilometer.

Rute atau jalan menuju lokasi Curug Landung jika dari terminal Kuningan – Gunungkeling adalah sebagai berikut :

  • Ambil arah selatan menuju Jalan Desa Gunung Keling
  • Kemudian belok kiri ke Jalan Desa Gunung Keling
  • Belok kanan ke Jalan Cirendang – Cigugur untuk menuju Jalan Raya Cigugur
  • Dari sana anda akan lurus terus masuk ke Jalan Cigugur – Plutungan, Jalan Raya Cisantana, Dan Jalan Pejambon – Sagara Hiang
  • Hingga tujuan akhir anda berada di daerah Cisantana

Harga Tiket Masuk Curug Landung Palutungan Kuningan

Harga tiket masuk lokasi wisata Curug Landung adalah sebagai berikut :

  • Tiket masuk dewasa                           : Rp. 10.000 per orang
  • Tiket masuk anak-anak                       : Rp. 5.000 per orang
  • Tiket Masuk Jurang Landung             : Rp. 15.000 per orang
  • Parkir motor                                        : Rp. 2000 per unit
  • Parkir mobil                                        : Rp. 3.000 per unit

Jam Operasional Curug Landung Palutungan Kuningan

Jam operasional Curug Landung buka dari jam 08.00 sampai dengan pukul 17.00. dari hari Senin sampai dengan hari Minggu. Kecuali hari Jumat.

Penginapan Di Sekitar Wisata Curug Landung Palutungan Kuningan

Penginapan di sekitar Curug Landung Palutungan bisa kalian dapatkan di lokasi yang jaraknya tidak jauh dari lokasi wisata curug.

Kurang dari 5 kilometer saja, kalian sudah bisa memilih jenis penginapan seperti apa yang cocok untuk anda dan keluarga, serta jenis fasilitas dan harganya. Harga yang ditawarkan rata-rata di bawah Rp. 250.000.

Penutup

Itulah ulasan tentang objek wisata Curug Landung Palutungan Kuningan serta Jurang Landung yang kaya dengan wahana serta ragam spot foto yang sangat menarik.

Jadilah pengunjung yang bijak dengan cara membuang sampah pada tempatnya, tidak merusak lingkungan. Serta selalu berpegang kepada protokol keamanan dan kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan pihak pengelola.

Selamat berlibur….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *