Curug Jodo, Pemandian Air Panas Di Ciater Subang

Curug Jodo, Pemandian Air Panas Di Ciater Subang


Di Subang Jawa Barat terdapat sebuah Kecamatan yang bernama Kecamatan Ciater, dimana pusat pemerintahannya ialah Desa Ciater. Kecamatan Ciater merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Jalan Cagak.

Di Ciater terdapat sebuah Pemandian Air Panas yang menjadi tempat pemandian air panas terbesar di Jawa Barat, yang bernama Pemandian Air Panas Sari Ater.

Pemandian Air Panas Sari Ater
Pemandian Air Panas Sari Ater. Sumber: iklantravel.com

Di area Pemandian Air Panas Sari Ater terdapat sebuah curug yang bernama Curug Jodo. Curug tersebut bentuk air terjunnya berundak-undak, dan air yang dialirkannya hangat karena berasal dari Gunung Tangkuban Perahu.

Curug Jodo
Curug Jodo. Sumber: twitter.com

Berikut ulasan lebih jauh tentang Curug Jodo, check this out!

Ragam wisata Curug Jodo

Di Curug Jodo sendiri kamu hanya dapat melakukan kegiatan bermain air curugnya dengan cara berendam di kolamnya yang dangkal. Kolamnya hanya setinggi betis orang dewasa.

Menikmati Curug Jodo
Menikmati Curug Jodo. Sumber : sonjamomuat.wordpress.com

Aliran air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun berundak-undak cantik sekali. Yang membedakan Curug Jodo dengan air terjun pada umumnya ialah airnya yang hangat karena berasal dari Gunung Tangkuban Perahu.

Airnya mengandung belerang sehingga banyak warga yang mempercayai dapat menyembuhkan penyakit kulit. Maka tak heran jika Curug Jodo selalu penuh. Disekitar kolam Curug Jodo terdapat pancuran-pancuran kecil, juga terdapat air terjun kecil di sudut sebelah kirinya.

Curug Jodo Selalu Dipenuhi Para Pengunjung
Curug Jodo Selalu Dipenuhi Para Pengunjung. Sumber: www.wartakini.co

Karena Curug Jodo berada di kawasan Pemandian Air Panas Ciater, maka banyak ragam wisata lainnya yang dapat kamu nikmati yakni:

  • Bermain Flying Fox
  • Berendam di area yang berbeda
Menikmati Air Panas Alami
Menikmati Air Panas Alami. Sumber: travelspromo.com
  • Berenang di kolam air panas
Berenang Di Kolam Air Panas Alami
Berenang Di Kolam Air Panas Alami. Sumber: adnanlopa.wagomu.id
  • Bermain di Waterpark
  • Wahana Permainan Anak
Ragam Wisata Sari Ater
Ragam Wisata Sari Ater. Sumber: javawisata.com

Sejarah / legenda

Kali ini saya akan membahas legenda atau mitos dari Curug Jodo dan asal muasal air panas Sari Ater Subang.

  • Asal Muasal Air Panas Sari Ater Subang

Pada zaman dahulu kala, kawasan ini banyak sekali ditumbuhi Pohon Ater. Suatu hari salah seorang warga kemudian menebang Pohon Ater, secara tiba-tiba mucullah mata air panas alami dari batang pohonnya yang sudah tumbang.

Mata air panas ini mengalir dengan derasnya dan menjadi berkah tersendiri bagi kehidupan masyarakat sekitar yang pada saat itu sedang dilanda kekeringan.

Masyarakat Subang sangat meyakini bahwa air panas tersebut memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, khususnya penyakit kulit. Hal tersebut bahkan telah diteliti oleh seorang ilmuwan asal Belanda yang bernama Hack Bessel.

Sekitar tahun 1960 kawasan hutan tempat air panas ini muncul, dibuka menjadi sebuah perkampungan oleh orang sakti mandraguna yang bernama Mbah Ebos. Yang kemudian disebut sebagai Desa Ciater.

Sejak saat itu kawasan ini mulai dikenal oleh orang banyak. Dan sejak tahun 1968, Pemerintah Subang memanfaatkan kawasan ini sebagai potensi wisata alam.

Menurut cerita yang berkembang, konon katanya Curug Jodo merupakan tempat mandinya Dayang Sumbi, seorang wanita yang cantik jelita.

Di tempat inilah Sangkuriang bertemu pertama kalinya dengan Dayang Sumbi dan jatuh cinta akan kecantikan yang dipancarkan oleh Dayang Sumbi.

Dari sinilah awal legenda Tangkuban Perahu dimulai, Sangkuriang melamar Dayang Sumbi, namun karena mengetahui bahwa Sangkuriang adalah anaknya Dayang Sumbi mulai mencari cara untuk menolaknya.

Sampai beliau meminta untuk dibuatkan perahu dalam satu malam. Sangkuriang marah karena usahanya tidak berjalan lancar kemudian ditendanglah perahu tersebut sampai tertelungkup. Terbentuklah Gunung Tangkuban Perahu.

Dari kisah tersebut, maka tersebarlah mitos barangsiapa yang mandi atau berendam di Curug Jodo akan segera bertemu dengan jodohnya. Maka dari itu curug ini diberi nama Curug Jodo.

Selain itu, curug ini dipercaya sebagai tempat untuk membersihkan diri dari sifat negatif yang ada dalam diri manusia. Dan selalu ramai dikunjungi warga khususnya mau menginjak bulan Ramadhan sebagai salah satu ritual “Keramasan”.

Lokasi Dan Alamat Curug Jodo

Lokasi Curug Jodo berada di kawasan Pemandian Air Panas Ciater dengan alamat Jl. Raya Ciater Nagrak, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Jodo

Rute menuju Curug Jodo dari arah Bandung hanya memakan waktu sekitar 45 menit saja, itu jika arus lalu lintasnya lancar. Kamu akan melakukan perjalanan sejauh 32 kilometer melalui Subang kemudian menuju Ledeng lalu sampailah kamu di Ciater.

Sedangkan dari Tangkuban Perahu hanya berjarak 10 kilometer saja.

Jika kamu berasal dari Jakarta kamu akan memakan waktu tempuh perjalanan selama 3-5 jam, dengan jarak yang dilalui kurang lebih sejauh 146 km.

Kawasan Lembang akan sangat padat jika akhir minggu, untuk menghindari kemacetan baiknya kamu menggunakan jalur Tol Cipali lalu menuju Tol Cikampek.

Tiket Masuk Curug Jodo

Karena Curug Jodo berada di kawasan Pemandian Air Panas Ciater maka tiket masuknya pun meliputi seluruh rangkaian fasilitas yang disediakan. Yakni :

Ada tersedia tiket park, dimana kamu akan mendapatkan fasilitas berendam di area Curug Jodo, Pancuran Tujuh, Aliran Sungai Air Panas Alami, serta memasuki kawasan Waterpark, Pulosari, dan Leuwisari.

Selain itu ada juga tiket pool dengan fasilitas berendam di area Curug Jodo, Pancuran Tujuh, Aliran Sungai Air Panas Alami, serta memasuki kawasan Waterpark, Pulosari, dan Leuwisari, berendam di Mayangsari, Wangsadipa, dan berendam santai secara pribadi di kamar rendam.

Adapun besaran tiketnya:

  • Untuk weekday (Senin-Jumat)           :  Tiket Park sebesar Rp. 40.000,-

Tiket Pool sebesar Rp. 60.000,-

  • Untuk weekend (Sabtu dan Minggu) :  Tiket Park sebesar Rp. 45.000,-

Tiket Pool sebesar Rp. 70.000,-

Namun, jika kamu menginap di Hotel Sari Ater kamu dapat masuk ke Pemandian Air Panas Ciater tanpa membayar tiket alias gratis.

Pemandian Air Panas Sari Ater (1)
Pemandian Air Panas Sari Ater (1). Sumber: www.jalajahnusae.com

Jam operasional Curug Jodo

Jam operasional Curug Jodo dibuka setiap hari, untuk hari Senin sampai Jumat dibuka mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 21.30 wib. sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu dibuka mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 24.00 wib.

Fasilitas Curug Jodo

Area Pemandian Air Panas sangat luas dan selalu ramai dikunjungi para para wisatawan, maka fasilitas yang tersedia pun sudah sangat memadai. Ditandai dengan adanya:

  • Kamar mandi
  • Toilet
  • Tempat ganti pakaian
  • Mushola
  • Warung-warung makanan
  • Tempat untuk kamu beristirahat

Penginapan

Di Kawasan Pemandian Air Panas Ciater terdapat sebuah hotel yang bernama Sari Ater Hot Spring Resort. Kawasan Pemandian air panas ini merupakan kawasan pemandian air panas terbesar yang ada di Jawa Barat.

Sari Ater Hot Spring Resort menyediakan fasilitas penunjang wisata lainnya selain pemandian air panas seperti ATV, paint ball, panahan, penyewaan kuda, jeff offroad, hingga putch & put golf. Disamping itu terdapat restoran 24 jam yang menyediakan berbagai menu makanan khas Jawa Barat.

Tips Wisata

Bebrapa tips wisata berikut mungkin dapat membantu untuk kamu yang berencana mengunjungi Curug Jodo:

  • Jika ingin suasana yang tidak terlalu ramai, lebih baik datang pada hari-hari biasa.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak saat bermain air.
  • Jagalah selalu kebersihan lokasi Pemandian Air Panas Ciater.
  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti atau peralatan lainnya.
  • Jika kondisi cuaca hujan lebih baik diurungkan untuk menghindari udara yang lebih dingin.

Penutup

Apapun cerita atau legenda yang ada dibalik terjadinya sebuah tempat, itu merupakan hal yang harus kita ambil hikmah atasnya.

Aliran air panas yang mengalir melalui Curug Jodo semoga selalu dapat kita rasakan manfaatnya, maka dari itu sudah sewajarnya jika kita menjaga dan merawatnya dengan baik.

Area Pemandian Air panas Ciater ini wajib untuk kamu kunjungi jika berkunjung ke Ciater Subang, dan jangan lupa siapkan foto terbaikmu, ya!





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *