Curug Cikondang, Little Niagara Di Tatar Pasundan

Curug Cikondang, Little Niagara Di Tatar Pasundan


Tidak kurang dari 17 lokasi wisata air terjun yang dimiliki oleh Kabupaten Cianjur. Semuanya memiliki pesona alam yang sangat eksotis, dan jaraknya tidak begitu jauh dari kota besar seperti Bandung dan Jakarta.

Terdapat satu curug yang sangat recommended sebagai destinasi wisata alam dan wisata keluarga, nama air terjun tersebut adalah Curug Cikondang.

Landscape Curug Cikondang
Landscape Curug Cikondang. Sumber: travelspromo.com

Keindahannya sering juga disebut sebagai “Little Niagara”. Penasaran? Yuk kita intip pesona keindahan Curug Cikondang tersebut!

Asal-Usul Atau Sejarah Penamaan Curug Cikondang

Kata “kondang” memang mempunyai arti “terkenal”. Namun Curug Cikondang, bukan berarti air terjun yang terkenal, meskipun memang terkenal saat ini.

Sejarah nama Curug Cikondang diambil dari sebuah pohon yang biasa tumbuh di hutan-hutan Asia Tenggara, dengan ketinggian bisa mencapai 40 meter, dan diameter 1,75 meter.

Pohon kondang adalah sejenis pohon loa yang mempunyai nama latin Ficus Subracemosa Blume. Jadi sejarah atau asal-usul nama Curug Cikondang merujuk pada pohon kondang.

Tracking Atau Akses Jalan Menuju Curug Cikondang

Curug Cikondang Cianjur merupakan destinasi wisata alam yang cocok juga sebagai tujuan wisata bagi keluarga di saat liburan tiba.

Lokasi Curug Cikondang terletak di kawasan perkebunan teh PTPN VIII Panyairan. Sehingga selama perjalanan, para pengunjung akan disajikan pemandangan hijaunya bukit-bukit kecil, beserta hamparan kebun teh.

Hamparan bukit kecil, serta kebun teh sering juga dijadikan spot selfie bagi para pengunjung yang melewatinya. Udaranya juga sangat sejuk jauh berbeda dengan udara kota.

Jalur Menuju Curug Cikondang
Jalur Menuju Curug Cikondang. Sumber: www.f3ri.net

Dan sebagai tambahan, bagi kalian yang melewati rute Warung Kondang – Lampengan, maka perjalanan kalian menuju Curug Cikondang akan melewati situs yang legendaris, yaitu Situ Gunung Padang.

Situs Megalitikum Gunung Padang
Situs Megalitikum Gunung Padang. Sumber: www.merdeka.com

Jadi, sekali medayung dua pulau terlewati. Sekali ke Curug Cikondang, dua destinasi wisata dapat ternikmati. Oleh karena itu jalur wisata ini recommended untuk dijajal.

Mari kita lanjutkan perjalanan! Sesampainya di lokasi parkiran Curug Cikondang, para pengunjung harus berjalan kaki menuju lokasi utama.

Area parkirnya bisa masuk kendaraan roda empat, dan roda dua. Serta lokasinya berada di samping jalur utama, sehingga akses jalan menuju lokasi wisata ini sangat mudah.

Setelah dari lokasi parkiran, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jembatan kuning yang terbuat dari bambu. Jangan khawatir, jembatan tersebut kuat untuk dilewati manusia.

Setelah melewati jembatan, tracking selanjutnya menyusuri jalur dengan pijakan kaki berbentuk bebatuan yang sudah tersusun rapih.

Di samping kanan jalur tracking sudah dipasangi pagar pembatas, serta view nya sangat memanjakan mata yang melihat.

Di samping kanan, berupa aliran air yang jernih. Saluran air tersebut hanya memiliki lebar sekitar 1 meter, tidak deras, serta tidak dalam.

Selama tracking di jalur tersebut, para pengunjung akan melewati spot selfie dengan latar pemandangan alam berupa pegunungan.

Di jalur tracking menuju lokasi Curug Cikondang, banyak sekali warung yang menjajakan makanan dan minuman. Sangat enak suasananya, karena berada di kawasan perkebunan teh.

Tidak lama setelah melewati spot selfie, kalian akan melihat pemandangan Curug Cikondang yang berada di samping kiri kalian, namun bukan berarti itu akhir dari trackingnya.

Setahap lagi tracking menuju lokasi utama, yaitu menapaki sebuah turunan dengan dasar pijakan belum berupa tangga, serta belum ada pegangan di samping kiri dan kanannya.

Meskipun tidak terlalu miring, namun tetap harus berhati-hati. Maka pakailah alas kaki yang cocok digunakan menyusuri tracking berupa bebatuan dan tanah.

Setelah selesai menapaki turunan, maka anda akan sampai di lokasi Curug Cikondang yang bentuknya mirip dengan air terjun Niagara.

Pesona Keindahan Curug Cikondang

Meskipun air yang ada di Curug Cikondang bukan berasal dari sumber mata air, namun dari tumpahan aliran sungai, tetapi pesona keindahan air terjunnya sangat memikat mata pengunjung.

Wajar saja jika banyak yang menyebut Curug Cikondang sebagai Little Niagara, karena bentuk air terjunnya berupa bebatuan yang berundak dan sangat lebar.

Pesona Keindahan Curug Cikondang
Pesona Keindahan Curug Cikondang. Sumber: picnicincianjur.blogspot.com

Kondisi airnya deras, namun jernih. Letak Curug Cikondang dikelilingi pemandangan alam pegunungan, dan perkebunan, serta memiliki udara yang sangat sejuk.

Curug Cikondang memiliki ketinggian sekitar 50 meter. bebatuan besar yang membentuk undakan, sehingga air terjun ini layak disebut sebagai Litle Niagara Di Tatar Pasundan.

Ragam Aktivitas Wisata Di Curug Cikondang

Sebagaimana telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, bahwa lokasi wisata Curug Cikondang merupakan destinasi wisata alam yang sangat cocok menjadi destinasi wisata keluarga.

Terdapat beberapa ragam aktivitas wisata yang bisa dilakukan oleh para wisatawan saat berada di Curug Cikondang. Diantaranya:

1. Bermain Air

Sudah pasti yang pertama adalah bermain air. berbeda dengan lokasi air terjun lainnya, palung kolamnya tidak begitu berbahaya, namun bukan berarti tidak waspada.

Menikmati kesegaran Curug Cikondang
Menikmati kesegaran Curug Cikondang. Sumber: dolanyok.com

Kolamnya tidak dalam, sehingga anak – anak anda bisa bermain air sepuasnya di lokasi Curug Cikondang. Airnya sangat dingin, jadi sediakan air minum yang hangat ya…

2. Hunting Foto

Hamparan pemandangan alam pegunungan, hijaunya perkebunan teh, serta eloknya Curug Cikondang, merupakan latar favorit bagi para pengunjung untuk melakukan aktivitas selfie atau ngevlog.

Spot Selfie Terbaik
Spot Selfie Terbaik. Sumber: www.mbois.co

3. Berkunjung Ke Objek Wisata Terdekat

Aktivitas wisata selanjutnya adalah berbentuk destinasi wisata alam dan edukasi. Setelah puas bermain, dan melepas penat di Curug Cikondang, maka kunjungilah objek wisata terdekat yaitu Situs Gunung Padang.

Situ Gunung Padang
Situ Gunung Padang. Sumber: mediaindonesia.com

Situs Gunung Padang diproyeksikan sebagai salah – satu situs yang akan merubah alur sejarah bukan hanya di tingkat nasional, bahkan sejarah dunia.

Khususnya terkait dengan asal mula pembangunan piramida di dunia dunia. So, kita tunggu saja hasil risetnya.

Lokasi Dan Alamat Curug Cikondang

Lokasi dan alamat Curug Cikondang berada di Desa Wangunjaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Rute Atau Jalan Menuju Curug Cikondang

Rute atau jalan menuju lokasi wisata Curug Cikondang adalah sebagai berikut :

  • Alternatif Pertama adalah : Jalan Cianjur – Sukabumi, kemudian belok kiri menuju daerah Cibeber. Lanjutkan menuju Jalan Cilaku.
  • Alternatif ke dua adalah : Menuju jalur Warung Kondang – Lampengan. Rute ini adalah rute untuk melalui Situs Gunung Padang
  • Jarak dari Cibeber Kabupaten Cianjur menuju lokasi wisata Curug Cikondang sekitar 19 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk Curug Cikondang

Harga tiket masuk Curug Cikondang sebesar Rp. 5.000 per orangnya.

Jam Operasional Curug Cikondang

Jam operasional Curug Cikondang buka dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan

Terdapat penginapan di sekitar lokasi wisata Curug Cikondang Cianjur. Sehingga pengunjung tidak perlu jauh – jauh mencari penginapan.

Tips Wisata Menuju Curug Cikondang

Inilah tips wisata bagi kalian yang mempunyai rencana mengisi waktu liburan di lokasi Curug Cikondang Cianjur :

  • Berkunjunglah di saat cuaca sedang mendukung, alias tidak hujan. Selain jalur trackingnya sedikit licin, supaya kalian juga bisa menikmati seluruh spot yang tersaji di sana.
  • Bawalah baju ganti, sekalipun tidak bermain air, namun percikan airnya bisa membasahi pakaian anda.
  • Patuhi protokol kesehatan dan protokolkeamanan yang sudah ditetapkan oeh pemerintah dan pihak pengelola.
  • Selalu saja sampah masalahnya, oleh karena itu kepada pengunjung jangan membuang sampah sembarangan, terutama sampah plastik.

Penutup

Demikian review tentang Curug Cikondang, semoga bisa menjadi referensi awal bagi kalian yang sedang bingung harus ke mana liburan di minggu ini.

Selalu berpijak pada prinsip keamanan dan kenyamanan wisata ya…



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *