Curug Cikawah Di Pamijahan, Keunikan Curug Dan Kawah Yang Saling Berdampingan

Curug Cikawah Di Pamijahan, Keunikan Curug Dan Kawah Yang Saling Berdampingan


Bogor selalu menjadi tempat wisata favorit untuk warga jakarta dan sekitarnya, selain karena jaraknya yang tidak terlalu jauh Bogor memiliki keindahan alam yang luar biasa dan udara yang sangat sejuk.

Banyak sekali tempat wisata yang dapat kamu kunjungi untuk menghilangkan rasa penat setelah 5 hari bekerja. Selain kota hujan, Bogor juga memiliki julukan kota dengan 1000 air terjun atau curug.

Hal itu bukanlah tanpa alasan, karena memang di Bogor kamu dapat menemukan banyak wisata air yang berupa air terjun atau curug. Dan kesemuanya memiliki ciri khas yang berbeda-beda.

Salah satunya ialah Curug Cikawah, curug ini memiliki keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik para pengunjung.

Seperti apa daya tarik yang dimiliki oleh Curug Cikawah? Check this out!

Trekking Menuju Curug Cikawah

Untuk menuju Curug Cikawah, kamu harus melakukan perjalanan atau trekking yang tidak mudah. Karena memang lokasi Curug Cikawah berada di kaki Gunung Salak dan sangat terpencil sekali.

Kamu akan mengawali trekking dengan berjalan diantara hamparan pesawahan milik warga, menapaki jalan setapak demi setapak diantara pematang sawah.

Trekking Menuju Curug Cikawah
Trekking Menuju Curug Cikawah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah itu kamu akan memasuki kawasan hutan yang masih sangat asri, hal itu ditandai dengan masih rindangnya pepohonan yang ada. Jalan setapak didalam hutan jauh lebih sulit, medan yang akan kamu lalui sangat kecil dan bisa saja licin jika basah.

Setelah menyusuri jalan setapak tersebut, kamu akan menemukan sebuah air terjun yang tak terlalu tinggi. Namun air terjun tersebut memiliki dua aliran air yang berbeda, yang satu alirannya lebih lebar dan deras sedangkan yang satunya kecil.

Curug Gleweran
Curug Gleweran. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Namun air yang mengalir sangat jernih dan bersih, curug tersebut bernama Curug Gleweran. Yang memiliki ketinggian sekitar 6 meter, dengan kedalaman kolamnya 1 sampai 2 meter. Kamu bisa beristirahat sejenak disini sebelum melanjutkan perjalanan menuju Curug Cikawah.

Aliran air yang mengalir di Curug Gleweran ini berasal dari Curug Cikawah yang berada di atasnya. Untuk melanjutkan perjalanan menuju Curug Cikawah, kamu harus menaiki sebuah tangga yang terbuat dari kayu yang berada di samping Curug Gleweran.

Dari sini kamu harus memulai perjalanan dengan menyusuri sebuah sungai yang terdapat banyak sekali bebatuan yang cukup besar. Arah sungai ini akan membawamu semakin dekat menuju Curug Cikawah.

Kamu harus sangat berhati-hati saat menapaki bebatuan, karena bisa saja licin. Menyebrangi aliran sungai selama beberapa kali akan kamu lakukan, kemudian berjalam diantara bebatuan yang cukup besar.

Namun aliran airnya sangat jernih dan bersih, keindahan alami hutannya pun begitu terasa. Sejuknya udara yang bebas dari polusi, deburan air sungai yang mengiringi perjalanan membuat kamu semakin bersemangat.

Tak lama kemudian kamu akan melihat beberapa kepulan asap dari kejauhan, itu artinya lokasi Curug Cikawah sudah semakin dekat.

Pesona Keindahan Curug Cikawah

Air terjun atau curug ini diberi nama Curug Cikawah karena disekitar lokasi aliran air curugnya terdapat beberapa kawah kecil yang mengeluarkan air panas dan mengandung belerang.

Jadi kamu akan menikmati kesegaran air Curug Cikawah yang menyejukkan serta aliran air panas alami. Menikmati air terjun yang menyegarkan sekaligus menikmati air panas alami dalam satu lokasi merupakan hal yang tidak akan kamu temukan dimanapun.

Itulah yang menjadi daya tarik curug yang memiliki ketinggian sekitar 45 meter ini. Kedalaman kolam penampungan air terjunnya sekitar 2 meter.

Selain itu, bentuk aliran air curugnya pun sangat menarik. Dari atas terlihat aliran airnya seperti meliuk-liuk dibagian atasnya.

Curug Cikawah
Curug Cikawah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Debit air yang dicurahkan cukup deras sehingga kamu tidak disarankan untuk berada tepat dibawah aliran airnya secara langsung.

Airnya mengalir diantara lebatnya pepohonan yang sangat rindang, serta banyaknya asap atau uap yang berasal dari kawah disekitar curug merupakan pemandangan yang sangat jarang kamu saksikan.

Kepulan Asap Di Sekitar Curug Cikawah
Kepulan Asap Di Sekitar Curug Cikawah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ragam wisata di Curug Cikawah

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di Curug Cikawah yakni:

1. Bermain Air

Menikmati kejernihan air yang mengalir dapat kamu lakukan disekitar aliran sungainya. Merasakan jernihnya air yang mengalir sembari duduk-duduk diatas bebatuannya. Dapat menghilangkan rasa penat dan kepayahan dalam perjalanan.

Jernihnya Aliran Air Curug Cikawah
Jernihnya Aliran Air Curug Cikawah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kamu tak dapat melakukan aktivitas berenang disini, karena udaranya sangat dingin selain itu aliran air terjunnya pun cukup deras.

2. Menikmati Hamparan Keindahan Alamnya

Hamparan keindahan yang tersaji disekitar Curug Cikawah sungguh sangat luar biasa. Udara yang sangat segar dan menyegarkan, pepohonan yang masih tertata dengan alami dan asri. Kepulan asap yang ada disetiap titik menambah takjub akan keindahan alam yang tersaji.

Menikmati Alam Curug Cikawah
Menikmati Alam Curug Cikawah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

3. Berfoto Selfie

Mengabadikan keindahan alam Curug Cikawah harus kamu lakukan, baik itu dalam bentuk foto maupun video. Banyak spot foto yang dapat kamu cari ketika berada di area Curug Cikawah ini.

Berfoto Diantara Tebing
Berfoto Diantara Tebing. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com
Berfoto Berama Keindahan Curug Cikawah
Berfoto Bersama Keindahan Curug Cikawah.GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Curug Cikawah

Lokasi dan Alamat Curug Cikawah berada di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Cikawah

Rute Menuju Curug Cikawah kamu dapat mengarahkan kendaraanmu menuju Cibubur kemudian melaju terus sampai di Cileungsi lalu Citeureup kemudian menuju Sirkuit Sentul.

Dari Sirkuit Sentul arahkan menuju Jl.Raya Bogor kemudian menuju Yasmin/Bubulak lalu tibalah di IPB Darmaga kamu akan menemukan Pertigaan Cibatok lalu sampai di Pertigaan Cemplang. Setelah itu kamu akan sampai di Desa Cibitung lalu kemudian sampailah kamu di Desa Ciasmara.

Tiket Masuk Curug Cikawah

Tiket masuk Curug Cikawah cukup murah yakni kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 10.000,- per orangnya.

Jam Operasional Curug Cikawah

Jam operasional Curug Cikawah dibuka selama 7 hari dalam seminggu dan 24 jam sehari. Namun, mengingat trekkingnya yang sangat membutuhkan cahaya yang cukup maka lebih baik datanglah sewaktu matahari masih bersinar dengan terang.

Fasilitas Curug Cikawah

Fasilitas yang ada disekitar Curug Cikawah tidak ada fasilitas apa-apa. Semua fasilitas yang seperti toilet, warung-warung makanan, dan mushola keberadaannya tak jauh dari area parkir.

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk jadi bahan referensi kamu saat hendak berkunjung ke Curug Cikawah, diantaranya yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak sedang mendung apalagi turun hujan.
  • Gunakanlah alas kaki yang nyaman untuk trekking diarea hutan dan sungai.
  • Lebih baik berangkat pagi hari untuk menikmati udara yang lebih segar.
  • Bawalah perlengkapan makanan dan minuman secukupnya, untuk bekal diperjalanan.
  • Berhati-hatilah saat melintasi aliran sungai.
  • Curug Cikawah tidak cocok untuk membawa serta anak-anak.
  • Tidak dianjurkan berenang dikolam penampungan Curug Cikawah.
  • Lokasi dekat aliran Curug Cikawah bau belerangnya sungguh menyengat, lebih baik gunakan masker.
  • Bawalah jaket atau baju hangat lainnya.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Cikawah.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan dan keajaiban alam Curug Cikawah.

Penutup

Tuhan memang selalu punya cara untuk menunjukkan kuasa-Nya. Salah satu kuasa Tuhan yaitu dihadirkan melalui Curug Cikawah, dimana aliran air terjun yang dingin dapat berdampingan dengan kawah air panas.

Keindahan alamnya harus kamu rasakan sendiri, dan nikmatilah dengan hati lupakan trekking yang menghanyutkan semangatmu ingatlah keindahan yang akan kamu dapati.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu saat berada di Curug Cikawah, ya!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *