Curug Bayan, Review Tiket Terbaru Dan Villa Curug Bayan Baturraden

Curug Bayan, Review Tiket Terbaru Dan Villa Curug Bayan Baturraden


Baturraden memiliki udara yang sejuk serta disertai hamparan pemandangan yang indah dan cantik. Karena Baturraden terletak di lereng Gunung Slamet. Maka tak heran jika Baturraden sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Baturraden merupakan kawasan lokawisata dimana banyak sekali tempat wisata yang berada di Baturraden ini. Dan kawasan ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan jika weekend atau hari libur tiba, maka tak heran jika banyak terdapat hotel atau villa disekitar kawasan ini.

Salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi ialah Curug bayan, karena akses untuk menuju Curug Bayan sangatlah mudah dan cepat.

Simak lebih jauh ulasan mengenai Curug Bayan berikut, check this out!

Trekking Curug Bayan

Trekking menuju Curug Bayan tidak terlalu sulit, hal ini dikarenakan Curug Bayan berada tidak jauh dari jalan raya. Sehingga setelah memarkirkan kendaraanmu, kamu hanya akan berjalan beberapa meter saja untuk sampai mendekati area Curug Bayan tersebut.

Berada Tak Jauh Dari Jalan Raya
Berada Tak Jauh Dari Jalan Raya. Sumber: www.kompasiana.com

Meskipun begitu trekking ketika akan mendekati area Curug Bayan lumayan susah, karena kamu harus berjalan diantara bebatuan yang cukup besar-besar.

Setelah melewati bebatuan tersebut tibalah kamu di area Curug Bayan, dan dapat menikmati kesegaran airnya secara langsung serta mendengarkan deburan aliran airnya lebih dekat.

Pesona Keindahan Curug Bayan

Curug Bayan mengalirkan airnya dari ketinggian sekitar 7 meter, dengan luas kolam penampungannya 200-300 meter persegi serta memiliki kedalaman kolam sekitar 2-5 meter.

Curug Bayan
Curug Bayan. Sumber: brisik.id

Air yang dialirkan melalui Curug Bayan sangat jernih dan bersih, sehingga kita dapat melihat dasar kolam dengan jelasnya. Karena airnya berasal dari mata air Gunung Slamet melalui Sungai Banjaran.

Berada di lereng Gunung Slamet membuat udara di sekitar Curug Bayan sejuk, ditemani rindangnya pepohonan. Jernih dan derasnya air yang mengalir seakan menjadi alunan musik yang dapat menenangkan jiwa.

Keindahan Curug Bayan
Keindahan Curug Bayan. Sumber: gloob-online.com

Selain menikmati keindahan alam kamu juga dapat melihat beberapa peninggalan bersejarah yang ada di sekitar Curug Bayan, diantaranya kamu akan melihat sebuah pondasi jembatan buatan Jepang yang pernah menopang rel Lori PLTA Ketenger di sebelah sisi kiri Curug Bayan, namun kini sudah tidak digunakan lagi.

Selain itu ada sebuah Surge Tank yang terletak di atas tebing, di sebelah kiri Penderasan. Dimana Surge Tank tersebut pernah menjadi bagian konstruksi Power House PLTA Ketenger yang dibangun oleh Belanda pada Tahun 1939 dan sekarang masih difungsikan.

Ragam wisata Curug Bayan

1. Bermain Air

Curug Bayan mempunyai kedalaman yang berbeda-beda dan dalam, sehingga para pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang di kolam alami tempat jatuhnya air Curug Bayan ini.

Selain itu debit airnya pun cukup deras sehingga menimbulkan arus yang cukup kuat. Namun meskipun begitu kamu masih dapat menikmati kesegaran airnya dengan duduk cantik di bebatuan yang tersebar di area kolam Curug Bayan.

Jernihnya Air Curug Bayan
Jernihnya Air Curug Bayan. Sumber: www.maszaladventure.com

Merasakan kesegaran air dari mata air pegunungan dan menikmati keindahan alam yang menakjubkan sungguh pengalaman yang luar biasa sekali.

2. Berfoto

Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan alam Curug Bayan ini dalam bentuk foto maupun video.

Berfoto Bersama Keindahan Curug Bayan
Berfoto Bersama Keindahan Curug Bayan. Sumber: explorewisata.com

Keindahan alam selalu menjadi panorama yang menarik untuk diabadikan.

Lokasi Dan Alamat Curug Bayan

Lokasi Curug Bayan berada di Banyumas, Jawa Tengah.

Alamat lengkapnya terletak di Dusun Kalipugu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah 53151.

Rute Menuju Curug Bayan

Rute menuju Curug Bayan jika dari lokawisata Baturraden berjarak sekitar 2,7 km. Sedangkan jika kamu bergerak dari arah Purwekerto kamu akan memakan waktu pejalanan selama 30 menit dengan jarak yang ditempuh sekitar 13,6 km.

Dari gerbang Mandala Wisata Baturaden kamu terus lurus hingga akhirnya sampai dipertigaan ketenger lalu belok kiri. Kamu akan menemukan jalan yang mulai menyempit dan berbelok belok.

Setelah itu kamu akan kembali menemukan pertigaan lalu belok kanan dan kamu akan memasuki area jalan raya kembali.

Tidak lama setelah itu kamu akan berada dipertigaan lagi ambillah arah ke kiri. Dan kamu sudah memasuki Desa Ketenger. Dan kamu pun mulai melalui jalan yang menanjak, menurun dan bebelok-belok namun jangan khawatir karena jalannya sudah beraspal dan mulus.

Mulai memasuki wilayah Curug Bayan sudah mulai jarang ditemukan rumah-ruah warga, digantikan dengan rindangnya pepohonan. Setelah itu kamu akan melewati jembatan, maka sampailah kamu di kawasan Curug Bayan.

Tiket Masuk dan Parkir Curug Bayan

Untuk tiket masuk dan parkir menuju Curug Bayan sebagai berikut:

  • Tiket masuk                        : Rp. 7.000,- per orang
  • Parkir motor                       : Rp. 2.000,- per unit
  • Parkir mobil                        : Rp. 5.000,- per unit

Jam Operasional Curug Bayan

Jam operasional Curug Bayan dibuka setiap hari dimulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 17.30 wib.

Fasilitas Curug Bayan

Fasilitas yang tersedia di Curug Bayan ada toliet, mushola berserta warung kecil yang menjajakan mendoan khas Banyumas.

Villa Curug Bayan

Tak jauh dari lokasi Curug Bayan, tepatnya berada di area bawah Curug terdapat sebuah villa yang bernama Wisma Curug Bayan. Harga yang ditawarkan yaitu sekitar Rp. 450.000/malamnya.

Villa Curug Bayan
Villa Curug Bayan. Sumber: tagsdock.com

Di sekitra villa terdapat kolam alami yang sangat besar memanjang dengan kedalaman yang berbeda-beda. Kolam tersebut merupakan aliran lansung dari Curug Bayan.

Menikmati Segarnya Air Curug Bayan
Menikmati Segarnya Air Curug Bayan. Sumber: curugpurwokerto.blogspot.com

Di kolam ini kamu dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang dan melompat dari atas batu. Meraskaan kesejukan dan kejernihan air yang berasal dari Gunung Slamet tersebut,

Landscape Villa Curug bayan
Landscape Villa Curug Bayan: Sumber: travelspromo.com

 

Untuk kamu yang membawa anak-anak ngga perlu khawatir karena ada juga kolam yang aman untuk anak-anak.

Bermalam di area sekitar Curug Bayan merupakan pilihan yang terbaik untuk menikmati alam lebih lama lagi. Kesejukan udara ditambahnya jernihnya air yang mengalir dapat menggantikan jiwa yang layu menjadi semangat kembali.

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang berencana mengunjungi tempat wisata Curug Bayan ini, yakni:

  • Lebih baik datang mengunjungi Curug Bayan ketika musim kemarau tiba.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman, karena kamu akan berjalan di bebatuan.
  • Bawalah ganti baju atau perlengkapan lainnya, jika kamu mau menikmati kesegaran air Curug Bayan.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman yang kamu perlukan.
  • Selalu waspada dan hati-hati saat berada di lokasi Curug Bayan.
  • Jagalah selalu kebersihan area Curug Bayan, dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam Curug Bayan.

Penutup

Wilayah Baturraden sudah digolongkan menjadi salah satu kawasan wisata yang ada di Jawa Tengah, hal ini dikarenakan banyak sekali tempat wisata yang ada di Kecamatan Baturraden.

Maka tak salah jika saat berada di Baturraden kamu mengunjungi Curug Bayan ini, disamping lokasinya yang tidak jauh dari jalan raya, curug ini juga akan memberikan kamu ketenangan jiwa dengan keindahan alam yang diberikan.

Jadi, jika kamu sedang berada atau akan menuju Baturraden jangan lupa untuk mengunjungi Curug Bayan, dan siapkan foto terbaikmu saat berada di Curug Bayan, ya!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *