Coban Wilis, Pesona Benteng Alam Di Tanah Blitar Pasca Erupsi Gunung Kelud 2014

Coban Wilis, Pesona Benteng Alam Di Tanah Blitar Pasca Erupsi Gunung Kelud 2014


Saat itu waktu hampir jam 11 malam, terdengar suara letusan dahsyat dari Gunung Kelud. Ternyata pada hari itu, Kamis 13 Februari 2014 Gunung Kelud Erupsi.

Membongkar gundukan kubah lava, sehingga hancur berkeping – keping. Kemudian didilontarkan ke ketinggian 17 kilometer ke udara, sehingga menghancurkan beberapa kawasan. Termasuk kawasan wisata Coban Wilis.

Erupsi Gunung Kelud 2014
Erupsi Gunung Kelud 2014. Sumber : www.panduaji.net

Setelah kejadian itu, Coban Wilis memang tidak hancur. Namun tracking menuju coban tersebut rusak berat, sehingga tracking saat ini harus melalui aliran sungai.

Meskipun demikian, ternyata pasca erupsi Gunung Kelud tracking menuju Coban Wilis menghadirkan keseruan tersendiri, khususnya bagi mereka yang suka dunia penjelajahan.

Coban Wilis Blitar
Coban Wilis Blitar. Sumber : travellersblitar.com

Maka inilah ulasan lengkap tentang pesona keindahan Coban Wilis pasca erupsi Gunung Kelud 2014.

Tracking Atau Akses Jalan Menuju Coban Wilis

Kita awali tracking menuju Coban Wilis dari Blumbang Gede Soso. Perjalanan awal menyusuri jalur truk pasir menuju Dam Kali Semut.

Jalurnya memang lebar, namun hamparan pijakan kaki berupa pasir. Di lokasi Dam Kali Semut bisa juga dijadikan tempat penitipan kendaraan.

Tracking Awal Menuju Coban Wilis
Tracking Awal Menuju Coban Wilis. Sumber : travellersblitar.com

Setelah sampai di lokasi tersebut, lanjutkan kembali perjalanan dengan berjalan kaki menuju tempat penambangan pasir yang terakhir. Jika beruntung, kalian bisa menumpang truck yang kebetulan lewat menuju penambangan terakhir.

Setelah sampai di tempat penambangan pasir yang terakhir, barulah tantangan tracking dimulai. Trackingnya berupa susur Kali Semut.

Sebagai sebuah catatan penting. Coban Wilis merupakan coban yang masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan, meskipun sudah banyak yang tahu tentang keberadaan coban ini.

Yang perlu diingat adalah jangan sampai melakukan tracking di saat musim penghujan tiba. Karena trackingnya rawan dengan banjir lahar dingin.

Apalagi sisi kiri dan kanannya merupakan tebing yang sangat tinggi. Sehingga bisa dibayangkan saat banjir lahar dingin tiba, sulit sekali menghindar karena lokasi kita berada di tengah aliran tersebut.

Santai mas bos, nggak perlu berkerut dulu. Karena kita belum membahas tentang keindahan Coban Wilisnya. Silahkan ambil dulu kopi, lalu lanjutkan membacanya, biar kalem dan nggak panik.

Mari kita lanjutkan perjalanan dari pusat penambangan pasir yang terakhir. Perjalanan menuju lokasi Coban Wilis sekitar 3 jam perjalanan yang bisa ditempuh dengan cara berjalan kaki.

Trackingnya melalui susur Kali Semut. Airnya jernih namun segikit dangkal. Sehingga perjalanan akan banyak melalui bebatuan besar, dan kerikil.

Susur kali Semut
Susur kali Semut. Sumber : travellersblitar.com

Tracking pertama, kita akan disajikan pemandangan sebuah tandon atau embung yang cukup besar namun tidak dalam. Airnya cukup bersih, dan lokasi ini dibuat khusus oleh warga sekitar.

Perjalanan menuju Coban Wilis, para pengujung akan melewati dua air terjun yang terletak di samping kiri dari jalur perjalanan.

Selain bebatuan besar, kerikil, serta air sungai Kali Semut, namun pemandangan tebing gagah yang menjulang ke atas yang ada di sisi jalur semakin menambah ketakjuban akan pesona alam.

Perjalanan berakhir ketika jalur susur sungai Kali Semut menemui titik buntu. Ditandai dengan menjulangnya tebing batu yang tinggi yang ada di depan perjalanan.

Dan lihatlah, sebuah coban yang sangat gagah berada di tengah tebing tersebut. itulah lokasi utama yang anda cari. Coban Wilis, coban legendaris dari tanah Blitar Jawa Timur.

Ujung Tracking Menuju Coban Wilis
Ujung Tracking Menuju Coban Wilis. Sumber : tempatwisataindonesia.id

Pesona Keindahan Coban Wilis

Pesona keindahan Coban Wilis terletak di antara benteng alam yang menjulang tinggi ke atas. Berupa tebing bebatuan yang berada di samping kiri, kanan, serta di depan tepat air terjun tersebut mengalir.

Coban Wilis adalah hulu dari Kali Semut serta bagian dari keindahan Gunung Wilis yang terkenal. Coban Wilis mempunyai ketinggian sekitar 100 meter, namun airnya tidak deras, serta kolamnya yang tidak dalam.

Sebelum erupsi Gunung Kelud di tahun 2014, benteng alam atau tebing bebatuan tersebut dipenuhi lumut – umut hijau. Namun kini, yang tampak adalah kokohnya bebatuan tebing.

Pesona Keindahan Coban Wilis
Pesona Keindahan Coban Wilis. Sumber: www.tempatwisata.pro

Coban Wilis memiliki karakter aliran air yang langsung menukik lurus ke bawah, mengalir dari atas tebing batu yang kokoh.

Berbeda dengan air terjun yang sebelumnya, atau air terjun yang ke dua memiliki karakter coban yang berundak. Meskipun demikian, ke dua – duanya memiliki keindahan yang luar biasa.

Ragam Aktivitas Wisata Di Coban Wilis

Tidak banyak ragam wisata yang tersaji di lokasi Coban Wilis, namun tracking hingga lokasi utama Coban Wilis merupakan surga bagi para petualang dan pecinta alam.

Ragam wisata yang bisa kalian lakukan di Coban Wilis adalah sebagai berikut :

1. Bermain Air

Tak lengkap rasanya berwisata ke coban tanpa bermain air atau mandi. Begitupun saat nerada di lokasi Coban Wilis.

Silahkan anda mandi setelah lelahnya melakukan susur Kali Semut, membasuh semua keringat dengan kesejukan dan kejernihan air dari Coban Wilis.

2. Hunting Foto

Kebanyakan orang yang melihat, dan yang pasti yang belum pernah berkunjung ke Coban Wilis akan terpesona dengan hasil jepretan kamera saat berada di kawasan Coban Wilis.

Tebing yang menjulang tinggi bisa menjadi latar jepretan kamera anda, apalagi dengan latar Coban Wilis itu sendiri.

Hunting Foto Di Coban Wilis
Hunting Foto Di Coban Wilis. Sumber : travellersblitar.com

Namun sekali lagi, hindari kunjungan saat di musim hujan, serta gunakanlah alas kaki yang tepat untuk berpijak di atas bebatuan, kerikil, dan sungan yang sedikit dangkal.

Persiapkan juga perbekalan, karena di sana tidak terdapat warung yang menajajakan makanan dan minuman. Karena lokasi ini masih terbilang “perawan”, sehingga fasilitasnya belum memadai.

Selamat menikmati keindahan benteng alam dan pesona legendaris, Coban Wilis di tanah Blitar Jawa Timur. Tetap aman dan nyaman ya…

Lokasi Dan Alamat Coban Wilis

Lokasi Coban Wilis terletak di hulu Kali Semut. Adapun alamat Coban Wilis berada di Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.

Rute Atau Jalan Menuju Coban Wilis

Rute atau jalan menuju Coban Wilis adalah sebagai berikut :

  • Jika perjalanan anda dari Blitar, maka ryte pertama adalah menuju Wlingi
  • Kemudian belok kiri di pertigaan pertama setelah Masjid raya Wlingi
  • Lanjutkan perjalanan hingga sampai di perempatan Perumahan Bening, lalu ambil jalur kanan
  • Setelah sampai di perempatan ke dua, belok kiri menuju arah Pasar Semen.
  • Sesampainya di Pasar Semen, ambli jalur kiri menuju Jalan Nanas, atau rute menuju Kawasan Wisata Ekologi
  • Terakhir lanjutkan perjalanan menuju Patokwesi / Donomulyo.
  • Jarak dari Blitar menuju Desa Semen sekitar 27 kilometer, dengan total waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.
Desa Semen
Desa Semen. Sumber : desasemen.com

Harga Tiket Masuk Coban Wilis

Harga tiket masuk Coban Wilis sampai saat ini belum ada keputusan resmi terkait harga yang ditetapkan. Karena lokasinya masih belum dikelola secara optimal oleh pemerintah maupun swasta.

Penginapan Di Coban Wilis

Tidak ada penginapan di lokasi Coban Wilis

Penutup

Demikian review keindahan Coban Wilis pasca erupsi Gunung Kelud 2014. Tentu saja akan tampak berbeda bagi mereka yang pernah berkunjung sebelum kejadian erupsi.

Dan sebagai tips wisata ke sana pastikan tubuh anda dalam kondisi prima, serta patuhi protokol keamanan dan kesehatan ya…

Selamat bertualang!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *