Coban Glotak Malang, Jelajah Keindaham Alam Gunung Kawi

Coban Glotak Malang, Jelajah Keindaham Alam Gunung Kawi


Kabupaten Malang layaknya “Tanah 1001 Coban”. Tentu saja hal ini dikarenakan banyaknya coban atau air terjun dengan ragam keindahan yang berbeda – beda.

Seperti coban atau air terjun yang satu ini yang terletak di lereng Gunung Kawi, namanya Coban Glotak. Sebuah coban yang menyajikan nuansa alami dengan panorama alam Gunung Kawi.

Coban Glotak Malang
Coban Glotak Malang. Sumber : malang.merdeka.com

Langsung saja kita simak ulasan lengkapnya !

Sejarah Penamaan Coban Glotak

Sejarah penamaan Coban Glotak berawal dari bunyi bebatuan yang jatuh bersama air terjun. Bebatuan yang jatuh tersebut berbunyi “klotak-klotak”, pada akhirnya coban ini diberi nama Coban Glotak.

Tracking Atau Jalur Menuju Lokasi Coban Glotak

Tracking atau jalur menuju lokasi utama Coban Glotak dari parkiran cukup menantang. Jadi para pengunjung diwajibkan untuk selalu berhati-hati.

Pemandangan Coban Glotak Dari Jauh
Pemandangan Coban Glotak Dari Jauh. Sumber : tripisia.id

Perjalanan diawali menuju sebuah turunan dengan kondisi jalan yang masih sangat leluasa diwati oleh para traveler. Perjalanan awal melewati warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman.

Tracking Awal Menuju Coban Glotak
Tracking Awal Menuju Coban Glotak. Sumber : blog.ub.ac.id

Perjalanan selanjutnya masih belum terlalu menurun, hanya saja di sebelah kiri belum ada pagar pembatas atau pagar keamanan. Jadi tetap hati-hati ya…

Tracking Menuju Coban Glotak
Tracking Menuju Coban Glotak. Sumber : www.kompasiana.com

Jalurnya masih berbentuk tanah. Dan di perjalanan awal, para pengunjung akan melewati sebuah tumpukan batu yang sangat artistik. Masyarakat sekitar sering menyebutnya sebagai situs “Watu Tumpuk”.

Setelah itu dimulai jalur yang cukup menantang. Sebuah turunan yang harus dilalui, cukup miring, dan licin karena ada tetesan air yang menuju jalur tersebut.

Untuk mempermudah perjalanan, pihak pengelola sudah memasang tali di sebelah kanan, dan pagar pembatas di sebelah kiri.

Setelah itu, kalian akan turun menuju sebuah sungai dengan air yang tidak terlalu dalam. Air sungai tersebut berasal dari Coban Glotak.

Jalur Sungai Sebelum Coban Glotak
Jalur Sungai Sebelum Coban Glotak. Sumber : tripisia.id

Hati-hati saat menapaki bebatuan sungai, jangan sampai anda terpeleset. Lalu lihatlah di sebelah kanan kalian, terdapat sebuah coban atau air terjun.

Seketika rasa lelah kalian ditebus dengan pesona keindahan Coban Glotak.

Pesona Keindahan Di Coban Glotak

Coban Glotak memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan air yang turun cukup deras. Airnya sangat jernih, namun dingin, serta udaranya sangat sejuk.

Sebagai bagian dari Gunung Kawi, maka atmosfir yang disajikan di Coban Glotak berupa nuansa alam yang masih natural.

Nuansa Alami Di Coban Glotak
Nuansa Alami Di Coban Glotak. Sumber : amazingmalang.id

Pepohonan besar, rerumputan hijau, bebatuan, gemercik air, suara burung, adalah lantunan alam yang dapat dinikmati oleh para pengunjung saat berada di Coban Glotak.

Sekali lagi, selalu berhati-hati, karena pernah terjadi sebuah peristiwa memilukan. 2 orang pengunjung yang meninggal tertimpa pohon. Semoga mereka mendapatkan tempat terindah di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin.

Ragam Aktivitas Di Coban Glotak

Terdapat beberapa ragam aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung saat berada di lokasi Coban Glotak Malang, diantaranya :

1. Mandi Atau Bermain Air

Aktivitas yang pertama tentu saja merasakan basah – basahan di Coban Glotak. Di lokasi ini, kalian bisa mandi, atau sekedar bermain air.

Airnya dingin, tetapi jernih, sehingga sebuah kesegaran akan terasa saat mandi di lokasi air terjun ini. Di lokasi sungai di depan air terjun, kalian juga bisa bermain air.

Mandi Di Coban Glotak
Mandi Di Coban Glotak. Sumber : justenote.wordpress.com

2. Hunting Foto

Yang kedua adalah hunting foto. Hamparan pesona alam, serta tingginya Coban Glotak bisa menjadi latar keindahan dari jepretan kamera anda.

Sebagai catatan tambahan, jangan sampai hanya untuk hunting foto tetapi mengabaikan aspek kemanan dan kenyamanan dalam berwisata.

Nikati keindahan alam yang tersaji tanpa melanggar batas kewajaran, serta jangan merusak keasrian lingkungan sekitar.

Hunting Foto
Hunting Foto. Sumber : blog.joshuafavian.com

Lokasi Dan Alamat Coban Glotak Malang

Lokasi dan alamat Coban Glotak berada di Jalan Raya Coban Glotak, Desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur – Indonesia.

Coban Glotak Malang terletak di kawasan hutan atau lereng Gunung Kawi, sehingga kondisinya masih terbilang natural.

Rute Atau Jalan Menuju Coban Glotak Malang

Rute atau jalan menuju Coban Glotak Malang menempuh jarak sekitar 16,4 kilometer dari Kabupaten Malang, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Tetapi waktu tempuh bisa lebih dari 1 jam perjalanan, jika sepanjang jalan banyak rumah “sang mantan” yang ingin kalian dikunjungi. Hehehe…

Rute dari Malang yang pertama adalah menuju ke arah pertigaan Pabrik Gula Kebon Agung. Kalau kalian masih bingung dengan lokasi pabriknya, bisa chat mantan kalian, mungkin tahu. Hahaha… modus lama.

Next, belok kiri sampai di Desa Bedaisodo. Selama menuju Desa Balisodo sudah banyak papan penunjuk arah menuju Coban Glotak Malang.

Sesampainya di lokasi Parkiran, kalian harus melanjutkan perjalanan menuju jalur yang hanya bisa dilewati dengan cara berjalan kaki.

Waktu tempuh untuk menuju lokasi air terjun dari area parkiran sekitar 30 menit. Namun kalian harus selalu berhati-hati, karena jalurnya licin dan sebagian besar belum terdapat pagar pembatas.

Harga Tiket Masuk Coban Glotak Malang 2020

Harga tiket masuk Coban Glotak Malang tahun 2020 adalah :

  • Rp. 3.000 per orang
  • Rp. 2.000 untuk biaya parkir

Sangat murah sekali, dan nggak bakalan nyesel. Dibandingkan dengan biaya mentraktir pacar belanja di mall, yang akhirnya nikah sama orang lain. Hixhixhix..

Jam Operasional Coban Glotak Malang

Jam operasional Coban Glotak Malang buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Coban Glotak Malang

Tidak ada penginapan di lokasi Coban Glotak Malang. Namun kurang dari 10 kilometer sebelum lokasi coban, banyak sekali penginapan yang bisa kaian dapatkan dengan harga sangat bersahabat sekali.

Apalgi jika kalian sahabatan sama pemilik penginapannya, pasti lebih murah. Hehehe… rata-rata harga yang ditawarkan di bawah Rp. 200.000. tergantung jenis fasilitas, jenis penginapan, dan tergantung kalian kenal atau tidak sama pemiliknya.

Tips Wisata Menuju Coban Glotak Malang

Bagi kalian yang mempunyai rencana menghabiskan waktu liburan di Coban Glotak Malang, maka inilah tips wisatanya :

  • Yang pertama, dilarang membawa sang mantan ke lokasi ini, apalagi mantannya sudah menikah dengan orang lain, dosa!
  • Ke dua, pastikan kunjungan wisata ke Coban Glotak Malang pada saat cuaca cerah. Jangan sampai di musim hujan, karena jalurnya akan licin, serta debit airnya lumayan tinggi.
  • Berhati-hatilah selama di perjalanan dan selama di lokasi.
  • Gunakan alas kaki yang tepat, jangan sampai menggunakan alas kaki yang licin saat menyusuri jalur menuju lokasi.
  • Bawalah baju ganti, dan perlengkapan mandi. Tetapi jangan juga sampai dibawa juga bak mandi, bathtub, dan piva PDAM nya.
  • Selalu patuhi aspek keamanan, dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan pihak pengelola.
  • Jangan merusak lingkungan sekitar, karena alam di sana masih asri
  • Buanglah mantan pada tempatnya, eh salah.. buanglah sampah pada tempatnya

Penutup

Kehadiran alam sejatinya mampu menghadirkan sebuah sistem keseimbangan dalam kehidupan manusia. Maka alangkah bodohnya jika kita merusak alam.

Berwisata ke Coban Glotak Malang, sesungguhnya menjadi sebuah perjalanan wisata kesadaran bahwa manusia hidup berdampingan dengan alam.

Sayangi dan hormati alam sekitar kita, karena alam tidak akan berkhianat seperti hal nya sang pacar yang berkhianat kemudian menikah dengan orang lain. Hixhixhix

Selamat berlibur Mas bos…



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *