Air Terjun Toroan, Lokasi Wisata Air Terjun Di Tepi Pantai Nepa

Air Terjun Toroan, Lokasi Wisata Air Terjun Di Tepi Pantai Nepa


Bukan hanya sate saja, ternyata Madura mempunyai destinasi wisata alam yang sangat spesial, berbeda dengan yang lainnya.

Yang menjadi spesial adalah terdapat sebuah air terjun yang lokasinya berada di tepi pantai. Nama air terjun tersebut adalah Air Terjun Toroan yang berada di tepi Pantai Nepa Madura.

Bagi kalian yang belum tahu, maka inilah ulasan lengkap Air Terjun Toroan dari mulai tracking, jalur, pesona keindahan, sejarah, sampai harga tiket masuknya.

Air Terjun Toroan Berada Di Tepi Pantai
Air Terjun Toroan Berada Di Tepi Pantai. Sumber : wartawisata.id

Tracking Atau Jalur Perjalanan Menuju Air Terjun Toroan

Seperti yang telah dikemukakan di paragraf sebelumnya, bahwa lokasi Air Terjun Toroan berbeda dengan air terjun lainya.

Lokasinya yang terletak di tepi Pantai Nepa Madura menjadikan sangat mudah diakses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pantai Nepa Madura
Pantai Nepa Madura. Sumber :www.tempatwisata.pro

Lokasi parkirannya berada di samping jalan utama, serta tracking menuju Air Terjun Toroan tidak perlu bersusah payah seperti susahnya tracking ke air terjun yang berada di pegunungan.

Akses dari Kabupaten Sampang menuju area Air Terjun Toroan sudah sangat baik, dan selama di perjalanan panorama pemandangan alam adalah sajian “pemanasan” untuk mata para pengunjung.

Sebelum area parkiran, anda akan melihat tulisan “Wisata Air Terjun Toroan” yang terukir dalam tembok tepat berada di samping kiri jalan raya.

Wisata Air Terjun Toroan
Wisata Air Terjun Toroan. Sumber : ironizm.blogspot.com

Saat memasuki area parkiran, para pengunjung akan terkesima dengan panorama pemandangan pantai serta spot selfie yang unik dan menarik.

Gazebo yang artistik, tembok yang berwarna – warni, spot selfie dengan latar pemandangan alam sekitar, serta cafe adalah sajian pembuka sebelum menuju Air Terjun Toroan.

Salah-Satu Gazebo Di Area Air Terjun Toroan
Salah-Satu Gazebo Di Area Air Terjun Toroan. Sumber : mytrip.co.id

Mari lanjutkan perjalanan menuju lokasi Air Terjun Toroan. Dari lokasi parkiran, kita akan menapaki tangga turun yang ada di sebelah kiri.

Di samping jalur dihiasi dengan tembok yang terbuat dari batu yang dihias berwarna – warni. Jalurnya tidak miring, dan tidak sempit.

Teruskan perjalanan, sampai kita melihat sebuah jembatan eksotis yang melengkung ke bibir pantai. Maka itulah tanda Air Terjun Toroan sudah di depan mata.

Lokasi jembatan tersebut tepat berada di samping kiri Air Terjun Toroan.

Jembatan Di Samping Air Terjun Toroan
Jembatan Di Samping Air Terjun Toroan. Sumber : m.medcom.id

Pesona Keindahan Air Terjun Toroan

Air Terjun Toroan memiliki ketinggian sekitar 20 meter, sangat deras dan aliran airnya langsung menuju Pantai Nepa Madura.

Pesona keindahannya terletak karena posisinya yang berada di tepian pantai. Jarang sekali sebuah lokasi air terjun lokasinya berdampingan dengan lokasi pantai.

Pesona Keindahan Air Terjun Toroan Di Sisi Pantai Nepa
Pesona Keindahan Air Terjun Toroan Di Sisi Pantai Nepa. Sumber : merahputih.com

Jika kalian berdiri di atas jembatan elok tadi, maka di depan mata adalah pesona keindahan Air Terjun Toroan, dan di sebelah kanan adalah pesona keindahan Pantai Nepa.

Karena airnya sangat deras, maka pengunjung dilarang untuk berenang di palung kolam Air Terjun Toroan. Dan jika berdiri di bebatuan yang ada di depan air terjun tetaplah berhati-hati, jangan sampai terpeleset ya…

Keindahan Air Terjun Toroan
Keindahan Air Terjun Toroan. Sumber : explorewisata.com

Ragam Aktivitas Di Lokasi Air Terjun Toroan

Banyak sekali ragam aktivitas yang bisa dilakukan oleh para wisatawan saat berada di lokasi Air Terjun Toroan, diantaranya :

1. Hunting Foto

Banyaknya spot selfie dengan bentuk kreasi yang unik dan menarik, menjadikan lokasi wisata Air Terjun Toroan sangat instagramable.

Terdapat gazebo yang elok dengan latar pemandangan Pantai Nepa, serta taman bunga yang indah dan menarik.

Jika kalian melakukan hunting foto di dekat Air Terjun Toroan diharapkan berhati-hati, jangan sampai terpeleset, karena arusnya sangat kuat.

Hunting Foto Di Air Terjun Toroan
Hunting Foto Di Air Terjun Toroan. Sumber : wartawisata.id

2. Menikmati Indahnya Sunset

Sunset di pantai memang sudah biasa, tetapi menikmati sunset di lokasi air terjun dan pantai dalam waktu yang sama, maka Air Terjun Toroan adalah lokasi yang tepat untuk dikunjungi.

Sunset Di Air Terjun Toroan
Sunset Di Air Terjun Toroan. Sumber : student.umm.ac.id

3. Kuliner

Terdapat cafe di area wisata Air Terjun Toroan. Setelah lelah beraktivitas, silahkan mencicipi kuliner yang ada di cafe tersebut sambil menikmati keindahan pemandangan alam sekitar.

Legenda Di Air Terjun Toroan

Air Terjun Toroan merupakan lokasi yang dikeramtkan oleh masyarakat setempat. Hal tersebut terkait sejarah atau legenda yang ada di Air Terjun Toroan.

Dikisahkan terdapat sepasang suami – istri yang bernama Sayyid Abdurrahman atau Birenggono, serta istrinya bernama Siti Fatimah.

Suatu saat Birenggono mencurigai istrinya Fatimah berselingkuh, begitu juga Fatimah mencurigai Birenggono berselingkuh.

Akhirnya Fatimah bersumpah, bahwa jika dia berselingkuh maka kuburannya akan hanyut terbawa air sungai. Dan Birenggono juga bersumpah, jika ia meninggal dan tidak bersalah, maka kuburannya akan mudah digali.

Dan akhirnya setelah mereka berdua meninggal, terbukti ke duanya tidak pernah melakukan selingkuh atau tidak bersalah.

Makam siti Fatimah bisa pengunjung saksikan di tengah aliran air menuju Air Terjun Toroan yang membelah dua aliran airnya.

Sejarah Di Air Terjun Toroan
Sejarah Di Air Terjun Toroan. Sumber : www.dakatour.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Toroan

Lokasi dan alamat Air Terjun Toroan berada di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura, Provinsi Jawa Timur – Indonesia.

Rute Atau Jalan Menuju Air Terjun Toroan

Rute atau jalan menuju Air Terjun Toroan dari Kabupaten Sampang adalah sebagai berikut :

  • Jarak dari Kabupaten Sampang Madura menuju Air Terjun Toroan sekitar 26.2 kilometer
  • Waktu tempuh dari Kabupaten Sampang Madura menuju Air Terjun Toroan sekitar 1 jam perjalanan.
  • Rute pertama menuju Air Terjun Toroan menuju daerah Sendang sejauh 4,8 kilometer.
  • Setelah itu, belok kiri ke Jl. Raya Sawah Tengah sejauh 2,6 kilometer
  • Rute selanjutnya belok kanan menuju Jalan Raya Ketapang sejauh 3,4 kilometer
  • Dan perjalanan terakhir, masuk ke Jalan Raya Toroan
  • Dari lokasi parkir, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Air Terjun Toroan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Toroan

Harga tiket masuk Air Terjun Toroan adalah sebagai berikut :

  • Harga Tiket Masuk     : Rp. 5.000 per orang
  • Parkir Motor               : Rp. 5.000 per unit
  • Parkir Mobil                : Rp. 10.000 per unit

Jam Operasional Air Terjun Toroan

Jam operasional Air Terjun Toroan buka dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 18.00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan

Bagi anda yang hendak menginap baiknya mencari penginapan di daerang Sampang. Karena terdapat banyak sekali pilihan tipe penginapan, serta harga yang beragam. Bahkan ada juga yang di bawah Rp. 100.000.

Perbedaan harga sangat ditentukan oleh jenis penginapan dan fasilitas yang disajikan.

Tips Wisata Menuju Air Terjun Toroan

Jika akhir pekan ini anda berencana untuk berwisata ke Air Terjun Toroan, maka inilah tiips wisatanya:

  • Yang pertma patuhi protokol kesehatan dan protokkol keamanan yang telah ditetapkan oleh pihak pemerintah dan pihak pengelola.
  • Terdapat larangan berenang di palung atau kolam Air Terjun Toroan. Maka pengunjung wajib mentaatinya demi keselamatan wisata.
  • Banyak spot foto di lokasi wisata Air Terjun Toroan. Maka jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen kebahagiaan anda di sana.
  • Jangan merusak lingkungan sekitar, apalagi membuat coretan – coteran di dinding.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, terutama sampah plastik.

Penutup

Jarang sekali lokasi wisata air terjun yang berdampingan dengan lokasi wisata bertemakan pantai. Maka kunjungan ke Air Terjun Toroan menjadi wisata yang sangat spesial.

Meskipun pernah terjadi peristiwa memilukan di lokasi Air Terjun Toroan, tenggelamnya seorang anak di palung atau kolam air terjun, namun tak menjadikan berhentinya kunjungan ke lokasi wisata ini.

Selalu berpegang kepada prinsip keamanan dan kenyamanan dalam berwisata, itu kuncinya. Selamat berlibur, dan tetaplah bersyukur…



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *