Air Terjun Kabut Pelangi, Perpaduan Keindahan Pelangi Dan Air Terjun Di Dasar Lembah

Air Terjun Kabut Pelangi, Perpaduan Keindahan Pelangi Dan Air Terjun Di Dasar Lembah


Kecamatan Pronojiwo adalah kecamatan yang dikelilingi oleh pegunungan, serta dilintasi oleh sungai – sungai besar dengan sumber mata air berasal Dari Gunung Semeru.

Bukan hanya itu saja, di Kecamatan Pronojiwo tepatnya di Desa Pronojiwo terdapat juga sebuah lembah, dimana di lembah tersebut terdapat sebuah air terjun yang sangat gagah, nan elok.

Nama air terjun tersebut adalah Air Terjun Kabut Pelangi. Keindahannya begitu memikat mata yang memandang, Hanya saja untuk sampai ke lokasi utama belum cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.

Air Terjun Kabut Pelangi
Air Terjun Kabut Pelangi. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Trekking Atau Akses Jalan Menuju Lokasi Air Terjun Kabut Pelangi

Lokasi Air Terjun Kabut Pelangi terletak di kawasan alam yang masih asri. Sehingga perlu tenaga ekstra untuk mencapai lokasi utamanya. Jarak dari area parkir sekitar 1,5 kilometer.

Selain itu, Air Terjun Kabut Pelangi merupakan lokasi wisata yang masih statusnya masih dalam tahap pengembangan. Sehingga fasilitas penunjangnya belum memadai, termasuk jalur trekkingnya.

Catatan penting bagi traveler yang ingin berkunjung, pastikan kondisi badan dalam keadaan prima, memakai alas kaki yang tepat saat berjalan di tanah dan bebatuan, serta hindari kunjungan di musim hujan.

Dan di sepanjang jalur tidak terdapat warung penjaja makan, maupun minuman. Oleh karena itu, traveler harus membawa perbekalan sendiri ya.

1. Trekking Tahap Pertama

Trekking pertama saja sudah ada tulisan peringatan bahwa trekkingnya licin, sehingga memerlukan konsentrasi saat menapaki jalurnya. Apalagi di samping kiri berupa jurang yang sangat tinggi.

Dari area parkir, sampai ke lokasi utama Air Terjun Kabut Pelangi, jalurnya didominasi lapisan tanah dan bebatuan. Serta di turunan belum terdapat anak tangga, dan di sepanjang jalur belum terdapat pagar pembatas.

Kondisi Trekking Pertama
Kondisi Trekking Pertama. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Meskipun penuh tantangan, namun view selama trekking sangat mempesona. Panorama pegunungan, perkebunan warga, serta udara yang sejuk adalah sajian pembuka sebelum sampai di lokasi Air Terjun Kabut Pelangi.

2. Trekking Tahap Ke Dua

Trekking tahap dua, adalah saat sampai di titik ketinggian. Dan mata anda melihat air yang mengalir dari sungai yang ada di bawah. Terkadang di seberang jurang, anda akan melihat truck yang mengangkut pasir atau batu.

View Alam Saat Di Trekking Ke Dua
View Alam Saat Di Trekking Ke Dua. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Trekking ke dua lebih didominasi oeh turunan. Namun seperti yang dijelaskan di awal, traveler harus berhati-hati, karena belum terdapat anak tangga. Dan pijakan kaki masih berupa bebatuan, dan tanah.

Trekking ke dua ini berakhir saat anda sampai di sungai dengan kondisi air yang sangat jernih. sungai tersebut tidak dalam, airnya hanya sedikit di atas mata kaki orang dewasa.

3. Trekking Tahap Akhir

Trekking terakhir didominasi jalur yang berada di samping aliran sungai kecil. Airnya sangat jernih, dingin, serta banyak sekali bebatuan di beberapa titik aliran air.

Trekking Terakhir
Trekking Terakhir. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Terdapat satu lokasi, dimana anda akan menyangka jalurnya buntu karena terhalang oleh bebatuan besar. Tetap tenang, anda sudah berada di jalur yang benar.

Terdapat tangga yang terbuat dari bambu untuk memanjat batu besar tersebut. Dan spot tersebut menjadi sebuah pertanda bahwa lokasi Air Terjun Kabut Pelangi sudah tidak jauh lagi.

Tangga Bambu Di Atas Batu Besar
Tangga Bambu Di Atas Batu Besar. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Trekking dari sana hanya tinggal berjalan di samping sungai. Tidak lama kemudian, mata anda akan terpana oleh view air terjun yang sangat gagah diantara tebing batu yang menjulang tinggi. Itulah Air Terjun Kabut Pelangi.

Pesona Keindahan Air Terjun Kabut Pelangi

Meskipun belum ada ukuran yang pasti, namun Air Terjun Kabut Pelangi diperkirakan mempunyai ketinggian sekitar 100 meter dari permukaan kolam.

Ketinggian tersebut menjadikan Air Terjun Kabut Pelangi sebagai air terjun yang tergolong tinggi. Dan dengan ketinggian 100 meter menjadikan arus air yang turun ke kolam menjadi sangat deras.

Pesona Keindahan Air Terjun Kabut Pelangi
Pesona Keindahan Air Terjun Kabut Pelangi. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Dengan demikian, para pengunjung dapat bermain air hanya di sekitar tepian kolam. Meskipun begitu, ternyata tidak mengurangi pesona keindahan Air Terjun Kabut Pelangi.

Pesona keindahan selanjutnya adalah tebing batu yang menjulang tinggi ke atas, serta sangat lebar. dan terdapat batu besar yang ditumbuhi oleh rerumputan tepat di hadapan Air Terjun Kabut Pelangi, menjadi spot favorit pengunjung untuk menikmati keindahan alam sekitar, dan spot selfie favorit.

Pesona keindahan alam sekitarpun sangat eksotis. Selain air terjun, view di lembah tersebut didominasi oleh panorama tebing batu yang sangat lebar, aliran air yang sangat jernih, serta jika beruntung anda akan melihat pesona keindahan pelangi di kolam utama.

Pesona Alam Sekitar Air Terjun Kabut Pelangi
Pesona Alam Sekitar Air Terjun Kabut Pelangi. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Dengan keindahan yang tersaji di lokasi utama Air Terjun Kabut Pelangi seharusnya ditopang oleh fasilitas penunjang yang komprehensif. Sehingga setiap orang mampu menikmati, serta meyaksikan sendiri keindahan Air Terjun Kabut Pelangi.

Semoga saja di tahun – tahun berikutnya penataan fasilitas, terutama jalur trekking bisa secepatnya terealisasi.

Sejarah Penamaan Air Terjun Kabut Pelangi

Sejarah penamaan Air Terjun Kabut Pelangi diambil dari fenomena alam yang menjadi sebuah keindahan. Yaitu kehadiran pelangi di atas kolam.

Fenomena pelangi tersebut diakibatkan oleh pembiasan air, serta cahaya matahari. Sehingga terciptalah view pelangi.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Kabut Pelangi

Lokasi dan alamat Air Terjun Kabut Pelangi berada di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Rute Atau Jalan Menuju Air Terjun Kabut Pelangi

Rute untuk sampai di lokasi Air Terjun Kabut Pelangi dari Malang bisa melalui Jalan  Kpanjen – Gondanglegi. Selanjutnya menuju Turen, kemudian Dampit, dan Tirtoyudo.

Setelah itu lanjutkan menuju daerah Ampelgading, dan terakhir menuju Pronojiwo.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kabut Pelangi

Harga tiket masuk Air Terjun Kabut Pelangi sebesar Rp. 5.000 per orang

Jam Operasional Air Terjun Kabut Pelangi

Jam operasional Air Terjun Kabut Pelangi buka dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00, dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Air Terjun Kabut Pelangi

Tidak ada penginapan di lokasi wisata Air Terjun Kabut Pelangi. Namun bagi yang ingin menginap bisa juga menyewa di rumah warga sekitar.

Tips Wisata Ke Air Terjun Kabut Pelangi

Bagi yang hendak mengisi liburan di Air Terjun Kabut Pelangi, maka inilah tips wisatanya :

  • Pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan sehat, atau prima
  • Persiapkan perbekalan makanan, dan minuman
  • Jang lupa membawa baju ganti
  • Gunakan alas kaki yang tepat untuk digunakan saat berjalan di lapisan tanah, dan bebatuan
  • Hindari kunjungan di puncak musim hujan
  • Patuhi protokol kesehatan, dan protokol keamanan yang telah ditetapkan
  • Jangan membuang sampah sembarangan, dan jangan merusak lingkungan sekitar

Penutup

Demikian review tentang Air Terjun Kabut Pelangi. Meskipun jalur trekkingnya sangat menantang, namun tidak menyurutkan pengunjung untuk datang ke lokasi Air Terjun Kabut Pelangi.

Secara pribadi, saya mempunyai keyakinan, jika jalur trekkingnya sudah dibangun secara baik, maka dipastikan kunjungan wisatawan akan banyak sekali.

Karena view di sepanjang jalur, hingga sampai di lokasi Air Terjun Kabut Pelangi sangat mempesona. Sebuah keindahan air terjun di dasar lembah. Itulah Air Terjun Kabut Pelangi !.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *