Air Terjun Jagir, Misteri Dan Anugrah Tuhan Menjadi Satu

Air Terjun Jagir, Misteri Dan Anugrah Tuhan Menjadi Satu


Banyuwangi merupakan Kabupaten terbesar di Provinsi Jawa Timur, dan mempunyai julukan “The Sunrise of Java”. Saat ini Banyuwangi menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Jawa Timur.

Kawah Ijen Banyuwangi
Kawah Ijen Banyuwangi. Sumber: fajar.co.id

Tempat wisata yang paling terkenal adalah Kawah Ijen, dimana pada tahun 2016 telah ditetapkan sebagai kawasan cagar biosfer oleh UNESCO. Kawah Ijen sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dekat dengan lokasi Kawah Ijen terdapat Air Terjun yang sangat cantik dan beragam, yakni Air Terjun Jagir yang terletak di Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Glagah.

Lokasi Air Terjun Jagir hanya sekitar 20 kilometer dari Kawah Ijen. Dan merupakan tempat yang wajib kamu datangi setelah mengunjungi Kawah Ijen. Simak lebih jauh ulasan tentang Air Terjun Jagir ini, check this out!

Trekking Menuju Air Terjun Jagir

Trekking menuju Air Terjun Jagir tidaklah sulit seperti halnya menuju air terjun pada umumnya. Letaknya yang berada di pinggir jalan, serta lokasi yang strategis memudahkan para wisatawan mencapai Air Terjun Jagir.

Lokasi parkir yang berada di pinggir jalan memudahkan kamu untuk memarkirkan kendaraan, tak jauh dari lokasi parkir kamu dapat langsung menuju loket tiket masuk.

Di belakang tiket masuk, kamu akan memulai menuruni tangga yang cukup curam namun sudah tertata dengan baik. Di pinggiran tangga terdapat pegangan yang terbuat dari besi, selain itu dihiasi dengan pepohonan yang asri dan berwarna warni.

Jika kamu membawa serta anak kecil, harap jaga baik-baik karena kondisi tangga yang cukup curam dan bisa licin jika basah.

Trekking Air Terjun Jagir
Trekking Air Terjun Jagir. Sumber: www.banyuwangibagus.com

Kamu akan menuruni ratusan tangga untuk sampai menuju area Air Terjun Jagir. Kurang lebih jaraknya sejauh 30 meter. Namun pemandangan yang dihadirkan dapat mengurangi rasa lelah kamu.

Jembatan Jagir
Jembatan Jagir. Sumber: seringjalan.com

Sesampainya di bawah, kamu akan menyebrangi sebuah jembatan yang berwarna merah, yang biasa disebut dengan “Jembatan Jagir”. Jembatan tersebut akan membawamu lebih dekat dengan area air terjun.

Ragam Wisata Air Terjun Jagir

Banyak ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di area Air Terjun Jagir, diantaranya:

1. Menikmati Keindahan Air Terjun Jagir

Di lokasi ini kamu akan menikmati 3 Air Terjun, yakni :

Penamaan Air Terjun Jagir sendiri dikarenakan airnya keluar dari akar Pohon Jagir yang konon katanya dikeramatkan oleh warga setempat, karena hanya tumbuh di Dusun Kampung Anyar saja.

Air Terjun Jagir
Air Terjun Jagir. Sumber: id.pinterest.com

Air Terjun Jagir sumber airnya berasal dari Sumber air Jagir dan memiliki air yang jernih serta deras. Dan memiliki ketinggian kira-kira 10 meter.

Air Terjun Buyut Ijah sumber airnya berasal dari Buyut Ijah, dan memiliki ketinggian yang sama dengan Air Terjun Jagir yakni sekitar 10 meter.

Air Terjun Buyut Ijah
Air Terjun Buyut Ijah. Sumber: www.gotravelly.com

Air Terjun Buyut Ijah lebih lebar aliran airnya jika dibandingkan dengan Air Terjun Jagir. Dan dibawah aliran airnya terdapat kolam alami yang suka digunakan para wisatawan untuk bermain air.

Air Terjun Ketegan merupakan air terjun tertinggi jika dibandingkan dengan Air Terjun Jagir dan Air Terjun Buyut Ijah, karena tingginya sekitar 30 meter.

Untuk mencapai Air Terjun Ketegan kamu harus melakukan trekking kembali selama 15-20 menit melewati jalan yang masih berbatu dan tersembunyi.

Air Terjun Ketegan aliran airnya berasal dari Sumber Pawon dan sudah dikelola oleh PDAM Banyuwangi untuk dimanfaatkan sebagai kebutuhan air bagi masyarakat Banyuwangi.

Air Terjun Jagir ini mempunyai banyak julukan diantaranya:

  • Air Terjun Three In One
  • Air Terjun Kembar
  • Air Terjun Bersaudara

Sampai ada yang menyebutnya Air Terjun Bidadari, karena airnya yang sangat jernih.

Landscape Air Terjun Jagir
Landscape Air Terjun Jagir. Sumber: www.mcfmbwi.com

2. Bermain Air

Airnya berasal dari sumber mata air Sumber Linu yang berasal dari Gunung Ijen. Di kawasan Gunung Ijen terdapat Kawah Ijen yang mengandung Sulfur, sehingga diyakini aliran air yang terdapat di area Air Terjun Jagir dapat mengobati berbagai penyakit.

Kamu dapat menikmati kejernihan dan kesejukan airnya dengan bermain air di kolam alami Air Terjun Jagir tanpa rasa khawatir, karena kedalaman kolamnya tidak terlalu dalam hanya sekitar 1 meter saja.

Menikmati Kesejukan Air Terjun Jagir
Menikmati Kesejukan Air Terjun Jagir. Sumber: travel.detik.com

Sehingga anak-anak pun dapat ikut merasakan kesejukan Air Terjun Jagir ini, namun tentunya harus selalu dalam pengawasan orang tua.

3. Piknik Bersama Keluarga

Kawasan Air Terjun Jagir memang tidak terlalu luas, namun nyaman untuk berkumpul bersama keluarga sembari menikmati suasana alam yang sangat indah.

Selepas menikmati kesejukan Air Terjun Jagir, alangkah nikmatnya jika dilanjutkan dengan menikmati santapan bersama keluarga. Entah itu yang sudah kamu bawa dari rumah, maupun yang dibeli di area Air Terjun Jagir.

Piknik Bersama Keluarga
Piknik Bersama Keluarga. Sumber: kumparan.com

Momen berkumpul dan bercengkrama bersama keluarga sembari menikmati keindahan alam, merupakan momen yang luar biasa yang mungkin akan sulit untuk diulang kembali.

Misteri Air Terjun Jagir

Selain memiliki keunikan jumlah air terjunnya, lokasi Air Terjun Jagir juga ternyata menyimpan misteri diluar nalar manusia.

Banyak sekali hal-hal yang tak kasat mata yang ada di area Air Terjun Jagir, diantaranya:

  • Air Terjun Buyut Ijah konon katanya dijaga oleh dua orang putri yang cantik jelita.
  • Terdapat ular raksasa yang tingginya melebihi pohon kelapa yang bisa terbang selalu mengitari area Air Terjun Jagir.
  • Tertangkapnya penampakan sosok hitam dan seperti anak kecil di area Air Terjun Jagir.
  • Terdapatnya kerajaan gaib yang letaknya berada di area tebing sekitar Air Terjun gaib. Dimana warga sekitar sering mendengar sesuatu hal yang ramai di tebing tersebut.

Apapun misteri yang ada dibalik keindahan Air Terjun Jagir, kita memang harus menghormati tempat yang kita datangi dan menjaga tata kesopanan kita saat berada di lokasi tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Jagir

Lokasi Air Terjun Jagir berada di Jawa Timur, tepatnya di alamat Dusun Krajan, Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Jam Operasional Air Terjun Jagir

Jam operasional Air Terjun Jagir dibuka mulai pukul 07.30 sampai pukul 16.30 wib, dimulai dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Fasilitas Air Terjun Jagir

Fasilitas yang ada di Air Terjun Jagir sudah lengkap, dimulai dari tersedianya:

  • Tempat untuk berganti pakaian
  • Kamar mandi umum
  • Warung-warung makanan dan oleh-oleh
  • Mushola
  • Gazebo

Rute Menuju Air Terjun Jagir

Rute menuju Air Terjun Jagir jika kamu berangkat dari pusat Kota Banyuwangi, kamu akan melakukan perjalanan sejauh kurang lebih 10 kilometer atau memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Dengan mengambil arah menuju Desa Kemiren atau pada saat dipertigaan Barong kamu harus lurus terus sampai di di Kampung Anyar. Setelah berada di Kampung Anyar kamu tinggal mencari petunjuk lokasi yang menandakan Air Terjun Jagir.

Jika kamu bergerak dari Kawah Ijen, kamu harus mengambil arah menuju perkebunan Kalibendo, terus lurus sampai tiba di balai desa Kampung Anyar, sesampainya disana kamu tinggal lurus sedikit lagi sampai ada banner yag bertuliskan “selamat datang di Air Terjun Jagir”.

Tiket Masuk dan Parkir Air Terjun Jagir

Tiket masuk Air Terjun Jagir terdiri dari :

  • Tiket masuk                            : Rp. 5.000,- per orangnya
  • Tiket parkir roda dua              : Rp. 2.000,- per unitnya
  • Tiket parkir roda empat          : Rp. 5.000,- per unitnya

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang berencana mengunjungi Air Terjun Jagir, yakni:

  • Selalu lihat cuaca terkini, supaya kamu dapat menikmati keindahan alam dengan sempurna.
  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti dan perlengkapan lainnya.
  • Untuk kamu yang membawa anak-anak, selalu jaga dan awasi mereka.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri, seperti berbuat senonoh atau berperilaku tidak baik saat berada di area Air Terjun Jagir.
  • Berhati-hatilah saat menuruni tangga, gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Jagalah selalu kebersihan area Air Terjun Jagir.

Penutup

Dimanapun tempatnya memang selalu menyimpan sejarah dan mitos tersendiri. Terlepas dari itu semua, kita wajib bersyukur atas keindahan alam yang sudah Tuhan anugrahkan.

Berlimpahnya sumber air yang dianugrahkan Tuhan untuk Kampung Anyar merupakan hal yang patut kita jaga dan syukuri. Kehadiran Air Terjun Jagir semoga dapat terus dirasakan manfaatnya sampai kapan pun.

Jika kamu sedang berada atau akan berkunjung ke daerah Banyuwangi, Air Terjun Jagir ini harus masuk kedalam list wisata kamu. Siapkan foto terbaikmu saat berada di Air Terjun Jagir, ya!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *