Air Terjun Bayang Sani, Sejarah Para Noni Dan Mener Belanda Yang Mandi Di Air Terjun

Air Terjun Bayang Sani, Sejarah Para Noni Dan Mener Belanda Yang Mandi Di Air Terjun


Lamanya Belanda menjajah daerah-daerah yang ada di Nusantara, menyisakan banyak sekali cerita serta sejarah yang berbalut destinasi wisata saat ini.

Begitupun dengan lokasi wisata Air Terjun Bayang Sani berbalut sejarah di jaman penjajahan Belanda. Sehingga bukan hanya sekedar tentang pesona keindahan saja, tetapi para pengunjung dapat merasakan nilai historinya.

Air Terjun Bayang Sani Pesisir Selatan
Air Terjun Bayang Sani Pesisir Selatan. Sumber : rentalmobilpadang.co.id

Dan inilah deskripsi lengkap tentang Air Terjun Bayang Sani Pesisir Selatan Sumatera Barat.

Trekking Atau Akses Jalan Menuju Air Terjun Bayang Sani

Kabupaten Pesisir Selatan terkenal dengan sebutan Negeri Sejuta Pesona. Benar saja, sepanjang mata memandang menuju lokasi wisata Air Terjun Bayang Sani dipenuhi dengan view alam yang sangat indah.

Kabupaten Pesisir Selatan
Kabupaten Pesisir Selatan. Sumber : berita.pesisirselatankab.go.id

Bangunan indah, akses jalan yang bagus, view area pesawahan, perkebunan, adalah ragam pesona sat di perjalanan. Apalagi view saat melewati gapura utama objek wisata Air Terjun Bayang Sani langsung disuguhkan pemandangan pegunungan yang asri.

Kendaraan para traveler bisa langsung sampai di area parkiran yang lokasinya sangat dekat dengan Air Terjun Bayang Sani tingkatan terbawah.

View Air Terjun Pertama Dari Area Parkir
View Air Terjun Pertama Dari Area Parkir. Sumber : ksmtour.com

Bagi kalian yang belum tahu, bahwa Air Terjun Bayang Sani memiliki air terjun sebanyak 7 tingkatan dengan lokasi yang berbeda.

Namun air terjun yang bisa dikunjungi hanya sampai tingkatan ke tiga saja, karena belum tersedia akses jalan menuju tingkat ke empat sampai ke tingkat ke tujuh.

Saat sampai di air terjun paling bawah, ada baiknya jangan dulu puas di situ. Mari kita lanjutkan terlebih dahulu ke air terjun tingkat ke dua, dan ke tiga.

Jarak menuju air terjun selanjutnya hanya sekitar 10 sampai 15 menit saja. Trekking awal melalui jalanan yang cukup lebar, namun selanjutnya masuk ke jalur trekking yang masih tertutupi rerumputan.

Setelah itu, akan melewati area perkebunan dan tidak lama kemudian akan tiba di sebuah persimpangan jalur. Arah ke sebelah kanan merupakan arah menuju air terjun tingkat ke dua, dan arah kiri menuju air terjun tingkat ke tiga.

Untuk sampai di Air Terjun Bayang Sani tingkat ke tiga, trekkingnya harus menapaki bebatuan besar yang berada di jalur sungai. Oleh karena itu gunakan alas kaki yang tepat dan tidak licin saat digunakan di bebatuan.

Di sampingnya terdapat piva air yang cukup besar, dan di sisi kanan berupa view pepohonan yang memberikan keteduhan, dan nilai asri lokasi tersebut.

Tidak lama kemudian, anda akan sampai di Air Terjun Bayang Sani tingkat ke tiga, sebuah air terjun yang cukup tinggi, dengan kondisi air yang sangat jernih.

Air Terjun Bayang Sani Tingkat 3
Air Terjun Bayang Sani Tingkat 3. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Bayang Sani tingkat ke dua, uniknya saat traveler menuju lokasi utama langsung berada di atas air terjunnya. Dan traveler harus berhati-hati jangan sampai terpeleset jatuh dari bebatuan.

Untuk sampai di lokasi utama Air Terjun Bayang Sani tingkat ke dua, dari persimpangan jalan tadi harus menyebrangi sungai. Jadi saat debit air sangat deras, maka sulit sekali untuk menyebrang.

View Puncak Air Terjun Bayang Sani Tingkat 2
View Puncak Air Terjun Bayang Sani Tingkat 2. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Pesona Keindahan Air Terjun Bayang Sani

Pesona keindahan Air Terjun Bayang Sani karena memiliki 7 tingkatan air terjun. Selain itu mayoritas air terjunnya mengalir melalui bebatuan yang sangat besar.

Air Terjun Bayang Sani tingkat pertama memiliki lebar 50 meter, dan ketinggian sekitar 80 meter. Air Terjun Bayang Sani tingkat ke dua memiliki ketinggian sekitaar 25 meter.

Air Terjun Bayang Sani Tingkat 1
Air Terjun Bayang Sani Tingkat 1. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Bayang Sani tingkat pertama dengan tingkat ke dua hampir sama, yang membedakan adalah Air Terjun Bayang Sani tingkat pertama lebih lebar. sehingga Air Terjun Bayang Sani disebut sebagai air terjun terbesar yang ada di Sumatera Barat.

Sementara Air Terjun Bayang Sani tingkat ke tiga aliran airnya langsung turun ke kolam dari ketinggian. Dari ke tiganya memiliki kesamaan, yaitu kondisi airnya yang jernih, kolamnya bisa dijadikan spot berenang maupun bermain air, serta dikelilingi bebatuan besar.

Pesona Air Terjun Bayang Sani Tingkat 3
Pesona Air Terjun Bayang Sani Tingkat 3. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Bayang Sani

Ragam aktivitas wisata yang bisa dilakukan oleh para pengunjung saat berada di lokasi Air Terjun Bayang Sani adalah :

1. Bermain Air Dan Berenang

Kondisi kolamnya memang sangat cantik, sehingga tak kuasa bagi para pengunjung untuk menahan hasrat untuk bermain air atau berenang.

Bagi yang tidak bisa berenang, di lokasi wisata Air Terjun Bayang Sani sudah disediakan fasilitas penyewaaan ban. Saat arus air sedang tinggi, hindari berenang di pusaran air, terutama di Air Terjun Bayang Sani tingkat ke tiga.

Bermain Air Dan Berenang
Bermain Air Dan Berenang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Dan jika traveler ingin bermain air di Air Terjun Bayang Sani tingkat ke dua, berhati-hatilah saat menyebrangi sungainya. Karena kalian sedang berjalan di atas air terjun.

2. Hunting Foto

Karena pemandanganya sangat eksotis, maka lokasi wisata Air Terjun Bayang Sani dipenuhi sudut foto yang sangat instagramable.

Hunting Foto
Hunting Foto. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Sejarah Air Terjun Bayang Sani

Selain pesona keindahan, ternyata Air Terjun Bayang Sani memiliki nilai sejarah saat penjajahan Belanda di bumi Nusantara.

Disebutkan bahwa lokasi Air Terjun Bayang Sani tempat mandinya para noni, dan para mener Belanda. Noni adalah panggilan bagi perempuan yang belum menikah untuk keturunan Belanda, atau Indo.

Pada awalnya nama Air Terjun Bayang Sani bernama Welcome, karena langsung disambut oleh keindahan alam sekitar.

Namun bagi masyarakat sekitar sering disebut dengan nama Walikum. Dan sampai tahun 80 an Air Terjun Bayang Sani disebut juga Sarasah Ikua Kudo, atau Air Terjun Ekor Kuda. Hal tersebut dikarenakan aliran Air Terjun Bayang Sani mirip seperti ekor kuda.

Pada akhirnya dari tahun 1980 sampai sekarang, nama air terjun tersebut menjadi Air Terjun Bayang Sani sesuai dengan lokasi keberadaannya.

Sejarah Air Terjun Bayang Sani
Sejarah Air Terjun Bayang Sani. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Bayang Sani

Lokasi dan alamat Air Terjun Bayang Sani berada di Nagari Kotobaru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Rute Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Bayang Sani

Rute atau akses jalan menuju Air Terjun Bayang Sani dari Padang hanya berjarak 60 kilometer. Adapun akses jalannya bisa melalui Jalan Raya Padang – Painan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Bayang Sani

Harga tiket masuk Air Terjun Bayang Sani adalah :

  • Rp. 5.000 tiket masuk per orang
  • Rp. 10.000 biaya parkir bus
  • Rp. 8.000 biaya parkir mobil
  • Rp. 3.000 biaaya parkir motor

Jam Operasional Air Terjun Bayang Sani

Jam operasional Air Terjun Bayang Sani buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00 dari hari Senin sampai dengan hari minggu.

Penutup

Itulah review lengkap tentang Air Terjun Bayang Sani, sebuah objek wisata yang berbalut nilai sejarah. Sebagai catatan tambahan, kalian harus membawa makanan saat menuju okasi Air Terjun Bayang Sani tingkat dua, dan tiga. karena tidak ada warung yang menjual makanan.

Patuhi protokol kesehatan, dan patui juga protokol keamaanan yang sudah ditetapkan. Dan ingat “sampahmu, adalah dosamu”.

Selamat berlibur!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *