Air Terjun Bantimurung, Permandian Eksotis Di Taman Nasional Bantimurung

Air Terjun Bantimurung, Permandian Eksotis Di Taman Nasional Bantimurung


Edisi kali ini, kita akan terbang menuju Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya menuju lokasi Taman Nasional Bantimurung, sebuah objek wisata berkelas internasional.

Di lokasi Taman Nasional Bantimurung, terdapat sebuah permandian, atau air terjun yang sangat indah, dan airnya tidak pernah surut.

Taman Nasional Bantimurung
Taman Nasional Bantimurung. Sumber : www.emaronie.com

Nama air terjun tersebut adalah Air Terjun Bantimurung. Sebuah destinasi wisata alam yang terkelola secara baik, bahkan menjadi tujuan wisatawan mancanegara.

Air Terjun Bantimurung
Air Terjun Bantimurung. Sumber : sumbar.antaranews.com 

Dan inilah deskripsi tentang Air Terjun Bantimurung yang wajib kalian ketahui.

Sejarah Nama Air Terjun Bantimurung

Sejarah nama Bantimurung konon diberikan oleh penguasa Kerajaan Simbang yang berdiri pada awal tahun 1700, yang bernama Karaeng Simbang. Luar biasa, berarti sampai sekarang Air Terjun Bantimurung sudah berumur sekitar 320 tahun.

Bantimurung mempunyai arti suara gemuruh air. dan Kerajaan Simbang adalah kerajaan yang tergabung dalam persatuan adat lima kerajaan, atau disebut Toddo Limayya Ri Marusu, yang menjadi cikal baka terbentuknya kabupaten Maros.

Tracking Atau Akses Jalan Menuju Air Terjun Bantimurung

Tracking atau akses jalan menuju Air Terjun Bantimurung tidaklah sulit, jangan membayangkan seperti tracking menuju lokasi air terjun kebanyakan.

Lokasi Air Terjun Bantimurung terletak di kawasan Taman Nasional Bantimurung. Dan lokasi Taman Nasional Bantimurung tersebut terletak di Kecamatan Bantimurung dengan luas sekitar 43.750 Ha.

Karena lokasi Air Terjun Bantimurung berada di kawasan nasional yang begitu luas, maka akses jalan menuju lokasi utama air terjun menjadi sangat mudah.

Hal tersebut dikarenakan, area Taman Nasional tersebut sudah dikelola secara baik dan optimal. Termasuk di dalamnya penataan area Air Terjun Bantimurung.

Dengan demikian, pembahasan terkait Air Terjun Bantimurung tidak bisa dipisahkan dengan keberadaan Taman Nasional Bantimurung.

Akses masuk pertama kendaraan anda ditandai dengan sajian pemandangan berupa lambang kupu-kupu raksasa yang ada di atas gapura utama, dan tidak lama kemudian pemandangan patung kera raksasa.

Gerbang Utama Menuju Air Terjun Bantimurung
Gerbang Utama Menuju Air Terjun Bantimurung. Sumber : nurmaidahmamingblog.wordpress.com

Lambang kupu-kupu tersebut tentu saja mempunyai makna dan nilai histori. The Kongdom Of Butterfly adalah nama lain dari Taman Nasional Bantimurung.

Setelah melewati patung tersebut, anda akan tiba di area parkir, kemudian berjalan sedikit ke loket pembayaran. Setelah dari loket pembayaran, lokasi Air Terjun Bantimurung sudah bisa terlihat dengan jelas.

Hanya tinggal melanjutkan perjalanan beberapa menit saja, maka anda sudah bisa sampai di lokasi utama air terjun. Mudah bukan?

Pemandangan Saat Masuk Lokasi Wisata Air Terjun Bantimurung
Pemandangan Saat Masuk Lokasi Wisata Air Terjun Bantimurung. Sumber : cabinbag.wordpress.com

Dan saat kalian berjalan menuju lokasi utama, yang tersaji semuanya merupakan keindahan alam yang berpadu dengan polesan karya tangan anak manusia.

Pesona Keindahan Air Terjun Bantimurung

Daya tarik Air Terjun Bantimurung sudah tersaji dari sejak masuk di gapura pertama, apalagi saat masuk ke lokasi wisata Taman Nasional tersebut.

Oh iya, bagi kalian yang belum tahu tentang deskripsi Taman Nasional Bantimurung beserta keindahannya, kalian bisa baca di nativeindonesia edisi 13 Juli 2019. https://www.nativeindonesia.com/taman-nasional-bantimurung/

Ok kita lanjut! Inilah pesona keindahan Air Terjun Bantimurung! Air Terjun Bantimurung mempunyai ketinggian 15 meter, dan lebar sekitar 20 meter. Airnya deras, dan jernih, mengalir menuju lapisan bebatuan.

Pesona Keindahan Air Terjun Bantimurung
Pesona Keindahan Air Terjun Bantimurung. Sumber : www.kompasiana.com

Air Terjun Bantimurung berbeda dengan air terjun lainnya, karena tidak memiliki palung utama. Maka wajar saja jika lokasi utama air terjun cocok menjadi destinasi wisata keluarga.

Aliran airnya langsung mengalir ke sungai kecil yang ada di depannya. Spot tersebut menjadi wahana keseruan untuk melakukan tubing.

Tubing Di Air Terjun Bantimurung
Tubing Di Air Terjun Bantimurung. Sumber : bukamatanews.id

Kondisi Air Terjun Bantimurung tidak pernah surut meskipun sudah ratusan tahun. Serta di samping kiri air terjun terdapat sebuah tangga, sebagai spot untuk menikmati keindahan pemandangan sekitar dari atas air terjun.

Rupanya pembangunan kawasan wisata alam ini sudah memperhitungkan setiap detail keindahan yang tersaji. Tak heran jika banyak pengunjung mancanegara yang datang ke lokasi wisata tersebut.

Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Bantimurung

Ragam wisata yang ada di kawasan Air Terjun Bantimurung sangat banyak sekali, dan semuanya mengandung nilai edukasi.

Jadi berkunjung ke Taman Nasional Bantimurung bukan hanya sekedar destinasi wisata alam, dan wisata keluarga saja, namun mampu menjadi wisata edukasi.

Dan inilah ragam wahana dan ragam aktivitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung :

1. River Tubing

Aktivitas yang pertama adalah menikmati keseruan river tubing di jalur air yang mengalir dari Air Terjun Bantimurung, kemudian menuju sungai yang ada di depannya.

Kondisinya tidak terlalu dalam, serta air terjun tersebut tidak memiliki palung utama, maka aris air bisa langsung mendorong ban yang dinaiki oleh pengunjung.

Di samping air terjun sudah disediakan tempat penyewaan ban. Yang penting tetap hati-hati, jangan sampai terpeleset jatuhm atau membentur kepala anda. Tetap aman dan nyaman.

Spot Tubing
Spot Tubing. Sumber : sonjamomuat.wordpress.com

2. Goa

Di awal sudah disinggung bahwa terdapat tangga di samping air terjun dengan tinggi sekitar 10 meter. tangga tersebut selain menjadi spot untuk menikmati keindahan alam sekitar dari atas, namun menjadi akses masuk menuju 2 goa yang berada tidak jauh dari lokasi air terjun.

Goa tersebut adalah Goa Batu dan Goa Mimpi, dengan panjang lorong sekitar 1500 meter yang dihiasi dengan stalaktit dan stalagmit.

Goa Batu
Goa Batu. Sumber : www.indonesiakaya.com

3. Spot Selfie

Penataan lokasi wisata yang sudah optimal menyajikan banyak sekali spot foto yang sangat instagramable. Spot foto favorit pengunjung diantaranya :

  • Patung Kupu-Kupu Raksasa
  • Patung Kera Raksasa
  • Kursi Taman
  • Gazebo
  • Air Terjun
  • Goa

Detail keindahan sudah diperhitungkan secara matang, termasuk dalam mewarnai setiap spot atau wahana yang ada di lokasi wisata tersebut.

Hunting Foto
Hunting Foto. Sumber : www.sulselsatu.com

So, jangan lupakan kamera anda ya.. dan abadikan momen kebahagiaan anda bersama keluarga di sana.

Sejarah Kindom Of Butterfly

Taman Nasional Bantimurung sudah ada sejak rausan tahun yang lalu, dan dikenal sebagai kawasan bagi habitat kupu-kupu langka. maka nama lain untuk Taman Nasional tersebut adalah Kingdom of Butterfly.

Pada tahun 1856 sampai tahun 1857, Alfred Rassel Wallase seorang naturalis berkebangsaan Inggris pernah tinggal dan sengaja meneliti terhadap 150 spesies kupu-kupu langka di kawasan ini.

Dan di lokasi Taman Nasional Bantimurung terdapat Museum Kupu-kupu, yang berfungsi sebagai spot edukasi bagi para pengunjung.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Bantimurung

Lokasi Air Terjun Bantimurung terletak di Taman Nasional Bantimurung. Adapun alamat Air Terjun Bantimurung berada di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Baros, Provinsi Sulawesi Selatan.

Rute Atau Akses Jalan Menu Air Terjun Bantimurung

Rute untuk sampai di lokasi Air Terjun Bantimurung bisa menggunakan transportasi umum yang disebut dengan pete-pete.

  • Dari Makasar, rute pertama menuju Terminal Daya
  • Selanjutnya naik pete-pete lagi menuju Pangkaljene, dan turun di Maros
  • Setelah itu, naik pete-pete menuju Bantimurung

Harga Tiket Masuk Air Terjun Bantimurung

Harga tiket masuk Air Terjun Bantimurung atau Taman Nasional Bantimurung adalah Rp. 30.000 per orang.

Jam Operasional Air Terjun Bantimurung

Jam operasional Air Terjun Bantimurung buka selama 24 jam dari hari Senin sampai dengan hari Minggu

Penginapan Di Sekitar Air Terjun Bantimurung

Banyak sekali penginapan di sekitar lokasi Air Terjun Bantimurung atau Taman Nasional Bantimurung. Harga yang ditawarkan beragam, tergantung jenis penginpan yang anda pilih.

Penutup

Itulah deskripsi lengkap tentang Air Terjun Bantimurung dan Taman Nasional Bantimurung, semoga semakin menambah wawasan wisata, serta kebanggan kita terhadap tanah air Indonesia.

Selamat berlibur, patuhi protokol kesehatan, dan keamanan ya…



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *