Air Terjun Aek Martua, Lokasi Keindahan Alam Di Rokan Hulu Incaran Milenial

Air Terjun Aek Martua, Lokasi Keindahan Alam Di Rokan Hulu Incaran Milenial


Air Terjun Aek Martua, sebuah air terjun elok yang terdapat di Kabupaten Rokan Hulu adalah satu dari sekian banyak lokasi keindahan yang diburu oleh kaum milenial.

Air Terjun Aek Martua
Air Terjun Aek Martua. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Bagi kaum milenial, perjalanan menuju Air Terjun Aek Martua merupakan perjalanan yang dipenuhi dengan keseruan. Karena lokasi Air Terjun Aek Martua terletak di sebuah lembah yang mengharuskan para pengunjung untuk memiliki tenaga ekstra untuk sampai di lokasi utamanya.

Dan sebuah fakta yang patut diapresiasi oleh semua pihak, bahwa beberapa tahun ini banyal lokasi wisata yang terkenal akibat budaya kekinian di kalangan milenial, yaitu budaya selfie dan vlog.

Keindahan alam yang tersembunyi mulai banyak dikenal masyarakat baik lokal maupun sampai ke tingkat mancanegara, sebagai bentuk dari dampak positif media sosial.

Begitupun dengan Air Terjun Aek Martua, keindahannya semakin banyak dikenal orang secara luas. Dan inilah deskripsi lengkap tentang Air Terjun Aek Martua yang wajib anda ketahui.

Trekking Atau Akses Jalan Menuju Air Terjun Aek Martua

Tantangan terbesar untuk sampai di lokasi Air Terjun Aek Martua berada di jalur trekkingnya. Maka saya akan mencoba membagi level atau tahapan trekking menuju Air Terjun Aek Martua.

Untuk sampai di level pertama, semua jenis kendaraan bisa masuk hingga di lokasi parkiran. Namun selanjutnya harus menggunakan sepeda motor, atau berjalan kaki.

Dan inilah deskripsinya :

1. Level Pertama

Level pertama adalah jalur yang masih bisa dilewati oleh kendaraan roda dua sampai ke jalur yang kondisinya masih bagus dari area registrasi dan pembayaran tiket.

Tantangan di level ini adalah kendaran roda dua harus menyebrangi sebuah jembatan gantung yang ter;etak di atas sebuah sungai yang cukup besar.

Jembatan Di Level Pertama
Jembatan Di Level Pertama. Sumber : www.17sekians.com

Para pengunjung harus pandai menjaga keseimbangan motor, dan jika berboncengan baiknya penumpang turun terlebih dahulu, supaya driver lebih mudah menjaga keseimbangan.

Jika banyak kendaraan yang sedang melaju di atas jembatan, ada baiknya anda antri saja menunggu giliran melaju. Karena jembatan tersebut memiliki lebar yang hanya cukup untuk dilewati oleh satu motor saja.

Setelah melewati jembatan, maka jalur yang akan dilewati masih dalam kondisi yang cukup bagus, dan melaju diaantara rindngnya pepohonan.

2. Level Ke Dua

Perjalanan level ke dua adalah saat kendaraan roda dua mulai masuk ke jalur yang kondisinya masih berupa tanah dan bebetuan. Jalurnya cukup lebar, namun karena kondisinya menanjak, maka cukup sulit dilalui oleh kendaraan anda.

Trekking Level Dua
Trekking Level Dua. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Bahkan beberapa motor ada yang harus didorong untuk melewati jalur tersebut. Sebetulnya tidak terlalu miring, hanya saja tanjakannya cukup panjang dan kondisi jalur yang berupa tanah dan bebatuan tadi.

Perjalanan di level dua mulai memasuki kawsan hutan lindung, serta bukit – bukit kecil. Sebagai tips wisata, pastikan kondisi kendaraan anda dalam kondisi baik, terutama kondisi ban dan rem.

3. Level Ke Tiga

Level ke tiga adalah akir dari perjalanan kendaraan bermotor anda. Tetapi bukan berarti sudah sampai di lokasi Air Terjun Aek Martua.

Perjalanan selanjutnya harus dengan cara berjalan kaki. Secara pribadi, saya menilai trekking ke Air Terjun Aek Martua sangat seru dan dinamis.

Level pertama kondisi jalannya bagus, level ke dua kondisi jalannya masih belum optimal, kondisi di level tiga bagus lagi. Sehingga bagi orang yang pernah mengunjungi Air Terjun Aek Martua akan sepkat tentang sensasi kenikmatan perjalanan yang sulit digambarkan.

Perjalanan di level tiga adalah menyusuri ratusan anak tangga yang cukup menukik ke bawah. Anak tangga tersebut berada di kawasan hutan lindung, sehingga keteduhan selama diperjalanan dapat dirasakan oleh para pengunjung.

Ratusan Anak Tangga Menuju Lokasi Utama
Ratusan Anak Tangga Menuju Lokasi Utama. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Anak tangga tersebut sudah dipasangi pagar pembatas di setiap pinggirannya. Karena keindahannya trekking di jalur tersebut sering juga dijadikan spot selfie para pengunjung.

Trekking menyusuri anak tangga tidak sampai ke lokasi utama. Namun berakhir sebelum sampai di sebuah lokasi air terjun yang kecil. Air terjun tersebut bukanlah lokasi utama Air Terjun Aek Martua, namun menjadi bagian tidak terpisahkan.

Selanjutnya, trekking menuju lokasi utama akan melewati air terjun lainnya dengan kondisi jalur masih berupa tanah dan bebatuan.

Pesona Keindahan Air Terjun Aek Martua

Lokasi Air Terjun Aek Martua terletak sebagai bagian dari salah-satu mata air sungai yang bersumber dari Bukit Simalombu. Dan Bukit Simalombu adalah bagian dari Bukit barisan yang ada di Pulau Sumatera.

Pesona Keindahan Air Terjun Aek Martua
Pesona Keindahan Air Terjun Aek Martua. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Aek Martua memiliki 3  air terjun dengan ketinggiaan, dan karaakter yang berbeda-beda. Ketinggian Air Terjun Aek Martua berkisar dari 15 meter sampai dengan 40 meter.

Kondis kolam air terjun pertama memiliki hamparan kolam dan bebatuan, sedangkan air terjun yang ke dua kolamnya seluas 250 meter.

Kondisi airnya sangat jernih, namun arus air yang turun berbeda-bedaa karena faktor ketinggiannya. Apalagi air terjun yang ke tiga ketinggiannya mencapai 40 meter.

Pesona Keindahan Air Terjun Lainnya
Pesona Keindahan Air Terjun Lainnya. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Keindahan Air Terjun Aek Martua berpadu dengan pesona keindahan alam sekitar menjadikan sensasi kenikmatan bagi mata yang memandang.

Perpaduan air terjun, hijaunya pepohonan, serta kesejukan udara menjadi satu dalam satu lokasi. Namun sisakan tenaga, karena anda harus pulang lagi menyusuri jalur di setiap level tadi.

View Alam Sekitar
View Alam Sekitar. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Oh iya, bawa perbekalan sendiri ya. Karena di lokasi tersebut belum terdapat penjual makanan dan minuman. Dan air minum juga sisakaan untuk bekla nanti pulang.

Sejarah Penamaan Air Terjun Aek Martua

Sejarah penamaan Air Terjun Aek Martua diambil dari sebuah bahasa lokal dari Suku Batak Mandailing, yang berada di Riau.

Lokasi Air Terjun Aek Martua letaknya berdekatan dengan masyarakat yang berasal dari Suku Batak Mandailing. Maka wajar saja jika nama air terjun tersebut berasal dari suku mayoritas setempat. Makna nama Air Terjun Aek Martua yang berarti air bertuah.

Sejarah Nama Air Terjun Aek Martua
Sejarah Nama Air Terjun Aek Martua. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Aek Martua

Lokasi Air Terjun Aek Martua berada di alamat Dusun Huta Padang, Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

Rute Menuju Air Terjun Aek Martua

Rute untuk menuju lokasi Air Terjun Aek Martua dapat menggunakan angkutan umum jenis L300 jurusan Pekanbaru – Pengaraian. Selanjutnya turun di Simpang Tangun.

Perjalanan selanjutnya menuju Tangun dengan menggunakan oplet atau omprengan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Aek Martua

Harga tiket masuk Air Terjun Aek Martua tahun 2020 adalah:

  • Rp. 25.000 untuk karcis sepeda motor AMW ( Aek Martua Wisata )
  • Rp. 5.000 biaya masuk
  • Rp. 5.000 biaya kebersihan

Jam Operasional Air Terjun Aek Martua

Jam operasional Air Terjun Aek Martua buka selama 24 jam, dari hari Senin sampai dengan hari Minggu tetap buka. Namun rata-rata pengunjung akan pulang saat menjelang sore.

Penutup

Itulah review tentang Air Terjun Aek Martua, salah satu air terjun elok yang ada di Riau. Bagi yang hendak berwisata ke sana, ada baiknya kunjungan tidak dilakukan saat puncak musim hujan.

Selalu patui protokol kesehatan, dan protokol keamanan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dan pihak pengelola.

Tetap aman, dan nyaman ya !



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *